Rindu Memimpin, Karo Bersatu Usung 10 Nama Balon Pilwalkot Medan

by

Geosiar.com, Medan – Jelang Pilwalkot Medan 2020, sejumlah tokoh dan organisasi mulai berdiskusi mengenai calon yang akan diusung menjadi orang nomor satu di Kota Medan, termasuk Ikatan Cendikiawan Karo Indonesia (ICKI) Sumatera Utara.

Ketua ICKI Budi D Sinulingga mengklaim sudah waktunya bagi tokoh Karo untuk memimpin Kota Medan. Menurut Budi, orang-orang berdarah Karo cocok menjadi seorang pemimpin sebab pekerja keras, rajin, dan berani mengambil keputusan.

“Selain itu, masyarakat Karo juga rindu memimpin di kampungnya sendiri, yaitu Kota Medan, yang notabennya didirikan orang Karo yaitu Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada 1590 silam,” tutur Budi dalam pertemuan di Wong Solo, Jalan Gajah Mada, Senin (7/10/2019).

Oleh karen itu, ICKI telah menetapkan 10 nama bakal calon (balon) yang akan diusung dalam Pilwalkot Kota Medan 2020. Nama-nama ini nantinya pada hari H akan mengerucut kepada satu nama yang diputuskan dalam satu kesepakatan bulat Karo Bersatu untuk Kota Medan.

Adapun kesepuluh nama Balon yang meramaikan bursa Pilwalkot Medan 2020 adalah Arya Mahendra Sinulingga, Arjuna Sembiring, Baskami Ginting, Burhanuddin Sitepu, Budiman Ginting, Mbelin Brahmana, Rusdi Sinuraya, Robi Barus, Syaad Afifuddin Sembiring, dan Sidartha Pelawi.

“Mereka berasal dari kalangan akademisi, cendikiawan, politisi maupun pengusaha yang sudah menjalani seleksi ketat dari tokoh Karo. Track record, kredibilitas, loyalitas para Balon kita rasa cukup kompeten maka kita sepakati ke 10 nama tersebut,” pungkasnya.