Dalam Sepekan, Menteri Susi Tenggelamkan 21 Kapal Asing di Kalbar

by

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memimpin proses penenggelaman Kapal Perikanan Asing (KIA) di perairan Kalimantan Barat, pada Minggu (6/10/2019). Pekan ini, Menteri Susi sudah menenggelamkan 21 KIA di perairan Kalbar.

Sebanyak 18 buah kapal ditenggelamkan di Perairan Tanjung Datok, Kabupaten Mempawah. Kapal asing itu didominasi milik Vietman yaitu sebanyak 16 kapal dan 2 kapal milik Malaysia. Penenggelaman dilakukan dengan cara mengisi kapal dengan air laut dan melubangi lambungnya. Sementara 3 buah kapal lainnya ditenggelamkan pada 4 Oktober lalu, di Perairan Paloh, Kabupaten Sambas, dengan cara menghancurkan mesinnya.

Adapun eksekusi 21 kapal ini merupakan bagian dari rangkaian rencana pemusnahan 42 kapal ikan ilegal yang telah dinyatakan dalam putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap (inkracht).

Sisanya akan di musnahkan secara serentak hari ini, 7 Oktober 2019, yaitu Belawan 6 kapal, Batam 6 kapal, dan Natuna 7 kapal.

“ini adalah penenggelaman kapal terakhir. Besok (Senin) kita akan tenggelamkan sembilan kapal di Natuna dan enam di Batam,” ujar Menteri Susi, Minggu (6/10).

Untuk diketahui, sejak bulan Oktober 2014, Menteri Susi sudah menenggelamkan menjadi 556 kapal. Jumlah tersebut terdiri dari 321 kapal berbendera Vietnam, 91 kapal Filipina, 87 kapal Malaysia, 24 kapal Thailand, Papua Nugini 2 kapal, RRT 3 kapal, Nigeria 1 kapal, Belize 1 kapal, dan Indonesia 26 kapal.