HUT TNI ke-74, Jokowi: Harus Bisa Sinergi dengan Polri

by

Geosiar.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). Upacara HUT ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mengambil tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’, Jokowi pun meminta kepada seluruh prajurit TNI agar bisa bersinergi dengan kementerian dan lembaga lain seperti Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga seperti Polri, BNPT, BNPB, dan Bakamla,” tutur Jokowi selaku inspektur upacara dalam HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10/2019).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap seluruh prajurit untuk terus menjaga kemanunggalan bersama rakyat melalui Operasi Bhakti dan program Tentara Manunggal Membangun Desa. Ia pun mengimbau agar seluruh prajurit TNI melek teknologi baru.

“Serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri,” pinta Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi juga menuturkan perihal peningkatan anggaran pertahanan pada 2020 menjadi Rp131 triliun dari yang sebelumnya sebesar Rp121 triliun. Peningkatan anggaran ini disebutnya sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI.

“Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp131 triliun di tahun 2020,” lanjutnya.

Selain presiden, upacara HUT TNI itu juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istrinya, Mufida Kalla. Lalu, tampak pula Wakil Presiden Terpilih 2019-2024 Ma’ruf Amin dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Sejumlah menteri Kabinet Kerja pun juga terlihat hadir dalam upacara itu.