Connect with us

Nasional

Dilantik Jadi Kardinal, Ignatius Suharyo: Bukan Cita-Cita Saya

Published

on

Mgr. Ignatius Suharyo.

Geosiar.com, Jakarta – Uskup Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo ditunjuk sebagai kardinal baru oleh Paus Fransiskus usai memimpin doa Angelus di Plaza Santo Peter di Vatikan, Italia. Ignatius bersama 12 kardinal dari negara lain akan menjalani pelantikan dalam Sidang Kardinal (Consistorium) yang dilaksanakan hari ini, Sabtu (5/9/2019) waktu setempat.

Sebelumnya, pria berusia 69 tahun ini mengaku sangat terkejut atas penunjukan dirinya sebagai kardinal baru pada awal September lalu. Bahkan, ia sempat mengalami kenaikan tekanan darah karena memikirkan kabar tersebut.

“Saya pusing. Pertama-tama saya berpikir rasanya tidak mungkin saya terpilih karena di Indonesia masih ada kardinal lain, senior saya dulu yang saya gantikan di sini (Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja),” ujar Mgr. Ignatius Suharyo, seperti dilansir dari Tempo, Selasa (24/9/2019).

Ignatius juga mengaku bahwa dirinya sempat ragu, tapi penunjukan langsung oleh Paus tidak dapat ditolak lantaran diumumkan secara publik, sehingga siap tidak siap dan mau tidak mau, Ignatius tak dapat menolak. Alasan Uskup Agung Semarang pada 1997 silam ini selalu enggan setiap kali mendapatkan penunjukan adalah karena menduduki jabatan tinggi seperti kardinal bukanlah cita-citanya.

“Cita-cita saya kan jadi pastor paroki. Artinya melayani umat secara langsung,” lanjutnya. Suharyo.

Kemudian, ia mengatakan bahwa kedudukan tinggi seperti itu tentunya memiliki tanggung jawab yang juga besar. Hal seperti itulah yang membuatnya sempat tidak siap mengemban posisi sebagai kardinal.

“Ini kedudukan yang tidak main-main. Saya memikirkan tanggung jawab moralnya.” pungkasnya.

Nasional

Wapres Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Published

on

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah), saat sampai di makam Sunan Gunung Jati Cirebon pada Jumat (22/11/2019) (Antara)

Geosiar.com, Jakarta -Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin berziarah ke makam Sunan Gunung Jati saat kunjungan kerja ke Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat (22/11/2019).

Wapres Ma’ruf datang ke makam Sunan Gunung Jati sekira pukul 10.05 WIB dan disambut langsung oleh Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan beberapa pejabat lainnya.

Wapres sendiri langsung masuk ke makam Sunan Gunung Jati untuk berziarah dan berdoa di sana.

Wapres Ma’ruf juga dijadwalkan bakal membuka Festival Tajug 2019 yang diadakan di halaman Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon.

Festival Tajug ini digelar untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya pada acara pertama juga dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin yang saat itu masih sebagai Cawapres.

Festival Tajug 2019 rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 22-24 November 2019 dan juga merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Santri Nasional.

Wapres Ma’ruf sendiri dijadwalkan akan membuka acara Festival Tajug 2019 usai melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Komplek Keraton Kasepuhan.

Continue Reading

Nasional

Kejagung Tolak Peserta CPNS LGBT

Published

on

Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: dokumen JPNN.Com)

Geosiar.com, Jakarta – Kejaksaan Agung mencantumkan syarat khusus bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang ingin berkarier menjadi penegak hukum.

Dikutip dari laman rekrutmen.kejaksaan.go.id, tertulis pelamar tidak buta warna, baik parsial maupun total; tidak cacat fisik; dan tidak cacat mental, termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender) atau LGBT.

Terkait persyaratan itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Mukri menjelaskan bahwa pihaknya tidak ingin berurusan dengan pelamar LGBT.

“Artinya kita kan pengen yang normal-normal lah, wajar-wajar saja,” ujar Mukri di Gedung Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Mukri menilai LGBT merupakan fenomena yang masih menjadi polemik di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Kejaksaan Agung memilih untuk membatasi dari fenomena yang dinilai kontroversial seperti itu.

“Kita tidak mau yang aneh-aneh, supaya mengarahkan, supaya tidak ada yang ya gitu lah,” lanjutnya.

Dia pun tidak mau ambil pusing dengan kritikan berbagai pihak yang menyebut syarat tersebut bentuk dari diskriminatif terhadap warga negara.

“Saya no comment lah untuk itu ya,” tukas Mukri.

Kritikan terhadap syarat ini pertama kali diungkapkan oleh Ombudsman. Kebijakan itu dinilai mendiskriminasi pelamar CPNS 2019. Larangan bagi pelamar LGBT mengikuti CPNS 2019 diterapkan di Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kejagung.

Continue Reading

Nasional

Usul Masa Jabatan Presiden Tiga Periode, Ini Kata Nasdem

Published

on

Presiden Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Partai NasDem menolak usul terkait perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal dua periode menjadi tiga periode. Usulan tersebut masuk dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Cukup dua periode dengan lima tahun per periode. Gak perlu diotak-atik lagi,” kata Ketua DPP NasDem, Achmad Effendy Choirie, pada Kamis (21/11/2019).

Menurutnya, periode lima tahun itu juga telah melalui berbagai pertimbangan dan komparasi dari berbagai negara di dunia yang menganut sistem demokrasi. “Pilihan ini jalan tengah. Sekali lagi, tidak perlu diotak-atik lagi.”

Sementara Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Arsul Sani menyatakan, ada usul perubahan masa jabatan presiden yang saat ini maksimal 2 periode menjadi 3 periode, dalam pembahasan amandemen UUD 1945.

“Itu kan baru sebuah wacana ya. Ada juga wacana yang lain,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Arsul mengungkapkan, ada juga usulan masa jabatan presiden diubah menjadi 1×8 tahun. Alasannya, masa jabatan yang lebih lama itu akan membuat presiden-wakil presiden mampu mengeksekusi programnya dengan lebih baik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP itu mengungkapkan bahwa MPR masih menghimpun pelbagai masukan mengenai masa jabatan presiden ini. Maka segala usulan tidak usah disikapi berlebihan.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com