Connect with us

Politik

Puan Maharani, Perempuan Pertama Pimpin DPR RI

Published

on

Pelantikan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI Periode 2019-2024, Selasa (1/10/2019).

Geosiar.com, Jakarta – Politisi Partai PDI-Perjuangan, Puan Maharani resmi mengemban jabatan sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024. 

Hal itu ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR yang berlangsung di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Rapat dipimpin oleh pimpinan sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat.

Selain menetapkan Puan sebagai Ketua, rapat tersebut juga menetapkan Wakil Ketua DPR 2019-2024.

“Sesuai hasil rapat konsultasi, bahwa pimpinan DPR RI adalah sebagai berikut Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” tutur pimpinan sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe saat membacakan hasil rapat konsultasi di DPR.

Selanjutnya, Abdul Wahab pun bertanya kepada hadirin rapat apakah keputusan itu dapat disetujui. 

“Apakah dapat disetujui?” tanya Abdul Wahab.

Para anggota dewan kompak menjawab setuju sembari bertepuk tangan.

“Setuju,” jawab hadirin. Abdul Wahab kemudian mengetuk palu tanda pengesahan.

Usai ketok palu, kelima pimpinan DPR periode 2019-2024 langsung mengucap sumpah/janji jabatan yang dipimpin Ketua MA Hatta Ali.

Dengan begitu, Puan Maharani menjadi perempuan pertama yang menduduki kursi kepemimpinan wakil rakyat. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR RI, Wanita kelahiran Jakarta, 6 September 1973 ini dipilih Presiden Joko Widodo untuk mengemban jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia.