Connect with us

Dunia

Jelang Perundingan dengan AS, Korut Lepas 2 Rudal Lagi

Published

on

Korea Utara menembakkan rudal. (Foto: KCNA via Reuters)

Geosiar.com, Seoul – Staf Gabungan Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) kembali melepaskan rudal dari wilayah Wonsan, Provinsi Kangwon, ke laut timur, pada Rabu (2/10/2019) pagi. Informasi itu dibenarkan oleh pemerintah Jepang.

“Korut melepaskan dua rudal ke arah Jepang. Salah satunya mendarat di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Jepang,” kata Juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga, dilansir dari Reuters, Rabu (2/10/2019).

Oleh sebab itu, Polisi Laut Jepang dalam pernyataannya mengimbau agar kapal-kapal yang berada di Laut Jepang tidak mendekati puing-puing rudal dan terus memantau informasi.

Tembakan rudal ini dilakukan selang sehari setelah pemerintahan Kim Jong Un setuju akan melakukan perundingan dengan Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (5/10) mendatang. Banyak pihak yang menginginkan agar perundingan tersebut membuahkan hasil.

Sebelumnya, Kim Jong Un telah tiga kali bertemu dengan Presiden AS Donald Trump. Namun, ketiga pertemuan tersebut tidak mencapai kesepakatan. Dalam pernyataannya, Trump merasa Korut belum berkomitmen penuh untuk melucuti senjata nuklirnya, terbukti dari uji rudal yang masih terus dilakukan.

Untuk diketahui, peluncuran rudal ini merupakan kesembilan kalinya oleh Korut setelah pertemuan terakhir Trump dan Kim di Zona Demiliterisasi pada Juni lalu.