Connect with us

Lifestyle

Hindari 4 Hal Ini Agar Kain Batikmu Awet

Published

on

Kain Batik.

Geosiar.com, Lifestyle – Peringatan Hari Batik Nasional jatuh pada 2 Oktober setiap tahunnya. Pada tahun ini, peringatan Hari Batik Nasional sudah ke-10 kali loh! Berbagai harapan pun selalu tertuang tiap tahunnya agar batik semakin mendunia.

Seiring perkembangan zaman, motif batik pun kini semakin beragam dengan warna lebih detail dan tentunya lebih menarik. Tak heran, jika sekarang ini, batik banyak dipergunakan bukan hanya menjadi pakaian tapi juga ornamen-ornamen yang pastinya memiliki nilai jual.

Tapi, banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana cara merawat agar kain batik tetap awet, tidak kusut, dan pudar. Tenang, merawat kain batik tidak sesulit yang kamu pikirkan kok! Hanya saja kamu perlu menghindari beberapa hal berikut ini. Simak Yuk!

Jangan gunakan mesin cuci, apalagi jika batiknya adalah batik tulis dan cap!

Goresan batik yang tertulis di atas kain sangat rentan dengan sentuhan yang keras seperti mesin cuci sebab penggunaan mesin cuci bisa membuat serat kain jadi rusak. Jadi, kamu cukup menyuci kain batik dengan tangan secara manual agar dapat memperkirakan besar kecilnya kekuatan tangan.

Ketimbang detergen, baiknya mencuci kain batik pakai sampo aja

Detergen dinilai terlalu keras untuk mencuci kain batik sebab zat kimia pada detergen bisa merusak dan membuat warna batik jadi cepat pudar. Alternatif lain adalah dengan menggunakan sampo rambut yang memiliki tekstur yang lembut.

Jangan memeras kain batik setelah dicuci

Memeras kain batik tulis yang telah dicuci dapat memudarkan warnanya. Apalagi jika terlalu keras, dapat merusak serat kain dan warnanya menjadi kusam. Agar kain nggak melipat, cukup kibaskan batikmu sebentar saja. Memeras bisa merusak serat kain yang membuatnya jadi melar.

Jangan langsung tersentuh setrika panas

Sebenarnya tidak disarankan untuk menyetrika batik karena dapat merusak serat kainnya dan memudarkan warnanya. Jadi, jika batik tidak begitu lusuh, sebaiknya jangan disetrika. Namun, jika ternyata memang perlu disetrika, maka setrikalah dengan cara melapisi kain lembut di atasnya agar permukaan setrika tidak mengenai kain batik secara langsung.