Connect with us

Nasional

Demo Buruh di DPR, 6.000 Personel Gabungan Disiagakan

Published

on

Unjuk rasa serikat pekerja buruh di halaman Kantor DPRD Kabupaten Bandung Barat, Rabu (18/9/2019).

Geosiar.com, Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Setidaknya 30.000 buruh turun ke jalan menjelang siang nanti.

“Massa kita yang datang diperkirakan 20.000 orang sampai 30.000 orang dari beberapa daerah,” ujar Penanggung jawab aksi dari KSPI, Eddy Kuncoro. 

Kendati demikian, Eddy mengatakan kemungkinan jalan di sekitar DPR masih diblokade polisi, sehingga massa hanya menyampaikan aspirasinya di sekitar Senayan, dengan titik kumpul di Parkir Timur Senayan. 

“Maka itu kita bingung juga karena untuk menuju ke DPR kabarnya sudah ditutup. Paling kita kumpul di parkir timur, nanti akan long march mendekati DPR sekitar jam 10. Sambil menunggu massa yang lain,” lanjutnya. 

Untuk mengantisipasi kerusuhan dan mengawal aksi, Polda Metro Jaya dilaporkan akan menyiagakan 6.000 personel gabungan. 

“Kami sudah menyiapkan pengamanan, ada 6.000 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Selain itu, polisi juga melakukan rekayasa lalu lintas bersifat situasional di sekitar gedung DPR/MPR. 

Dalam aksinya, ada tiga tuntutan utama yang akan disuarakan, yakni menolak revisi UU Ketenagakerjaan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.