Connect with us

Lifestyle

Duduk Terlalu Lama Buat Bentuk Jantung Berubah, Sangat Bahaya!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Banyak orang yang bekerja di kantor melakukan kerjaannya dengan duduk berlama-lama. Duduk ketika bekerja memang sudah menjadi hal yang biasa, akan tetapi juga memberikan dampak besar terhadap kesehatan tubuh, tidak terkecuali untuk jantung.

Sebagian dari kita mungkin mengetahui bahwa terlalu lama duduk ketika bekerja sangat bahaya untuk kesehatan. Mulai dari risiko kegemukan, tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa sebelum penyakit jantung muncul, bentuk jantung itu sendiri sebenarnya mengalami perubahan.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menuliskan bahwa adanya perubahan bentuk jantung yang gemuk karena kebiasaan duduk yang lama. Duduk terlalu lama membuat bentuk jantung membulat.

Peneliti mengelompokkan 160 partisipan pria dengan bermacam-macam profesi, seperti olahragawan, petani hingga pekerja kantor. Olahragawan dan petani memiliki ventrikel dan dinding jantung yang tipis berotot menyesuaikan aktivitas fisik mereka yang padat, apalagi mereka yang sering melakukan latihan endurance.

Tetapi untuk pekerja yang terlalu lama duduk, ventrikel jantung lebih tebal dan pendek karena tidak banyak aktivitas fisik. Hal inilah yang kemudian memicu timbulnya penyakit.

So.. apabila ingin jantung tidak membulat atau gemuk, jangan terlalu lama duduk apalagi dalam bekerja.