Connect with us

Sumut

Polda Sumut Periksa 12 Personel Diduga Pemukul Mahasiswa

Published

on

Sejumlah oknum polisi memukul pendemo mahasiswa di Medan. (Foto: Istimewa)

Geosiar.com, Medan – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan pemeriksaan terhadap 12 personel yang diduga memukul mahasiswa. Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan video pemukulan yang dilakukan polisi berseragam terhadap mahasiswa pasca bentrok di depan Gedung DPRD Sumut, pada Selasa (24/9/2019).

“Ada dua video yang sedang dalam penyelidikan kita. Satu video yang direkam dari atas gedung Bank Mandiri dan dari pintu samping gedung DPRD Sumut,” ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Rabu (25/9/2019).

Tatan mengatakan, ada 12 anggota Polda Sumut yang diperiksa terkait video dari atas gedung Bank Mandiri, 3 di antaranya dari Brimob Polda Sumut.

“Dua personel berinisial MH dan FM yang melakukan pemukulan kepada mahasiswa dan itu dari Ditsamapta Polda Sumut,” jelasnya.

Selain memeriksa personel pemukul mahasiswa, Polda Sumut juga memeriksa personel yang dilaporkan memukul anggota DPRD Sumut Fraksi Gerindra, Pintor Sitorus. Ia mengatakan bahwa personel yang memukul anggota dewan adalah orang yang sama dengan pemukul mahasiswa.

“Kemudian kami juga dapat informasi ada anggota yang melakukan penghinaan dan pemukulan terhadap salah satu anggota Dewan. Nah ini kita sudah amankan anggota tersebut. Diduga Bripda FPS. Untuk anggota yang memukul mahasiswa dari gedung samping DPRD Sumut pelakunya sama,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Tatan menyebutkan dari 12 anggota Polri yang dilakukan pemeriksaan, 5 di antaranya merupakan personel Polda Sumut.

“Untuk itu, pihak Propam Polda Sumut akan lakukan pemeriksaan dan hadirkan saksi yang berkaitan dengan kasus ini,” pungkasnya.