Mahasiswa Hingga Buruh Tani Gelar Aksi Lanjutan di DPR

by

Geosiar.com, Jakarta – Ribuan massa akan kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Selasa (24/9/2019). Kali ini tidak hanya mahasiswa saja yang bakal menggeruduk Senayan, melainkan para petani dari berbagai daerah juga akan melakukan aksi serupa.

Kabarnya, mahasiswa menggelar aksi untuk menolak RKUHP, UU KPK, dan RUU Ketenagakerjaan, sedangkan para petani khusus menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan, yang dilaporkan akan disahkan DPR dalam rapat paripurna hari ini.

Rencananya, ribuan petani itu akan melakukan aksi unjuk rasa di Hari Tani Nasional di Jakarta.

Berdasarkan pesan singkat ajakan demonstrasi yang telah beredar luas di media sosial dan aplikasi percakapan, estimasi massa mahasiswa dari Jawa Tengah (Universitas Diponegoro, Semarang, dan sejumlah kampus lain di Jawa Tengah) mencapai 5.000 orang.

Sementara itu, gelombang massa mahasiswa dari Jawa Barat dan Banten juga dilaporkan akan ikut merapat ke Jakarta.

Untuk mengantisipasi kerusuhan, Polda Metro Jaya akan menerjunkan sebanyak 18 ribu personel gabungan Polri, TNI, hingga Satpol PP untuk mengamankan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR.

“Personel yang diterjunkan adalah 18.000 personel gabungan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono Argo saat dikonfirmasi, Selasa (24/9/2019).

Selain itu, aparat keamanan juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi guna menghindari penumpukan arus kendaraan. Polisi juga telah memasang kawat berduri di depan Gedung DPR/MPR sebagai bagian dari upaya pengamanan.