Connect with us

Lifestyle

Self-Love, Cara Ampuh agar Tetap Waras

Published

on

Ilustrasi Self Love.

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagai individu normal pastinya akan selalu diterpa banyak persoalan hidup. Mulai dari kehidupan pribadi, pekerjaan, hingga percintaan. Kadang, banyak orang menjadi terluka sampai menjadi gila akibat dari permasalahan hidup yang tengah dihadapinya.

Sebenarnya susah-susah gampang untuk menjaga diri tetap kuat ketika menghadapi masalah hidup. Solusi yang paling ampuh adalah dengan mencintai diri sendiri alias self love. Memang sedikit terdengar egois, namun kenyataannya self love ini berguna mencegah kamu dari stres berat lho!

Self love adalah bagaimana kita bisa mencintai dan memperlakukan diri sendiri. Para pakar mengungkapkan, jika ingin bahagia maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah usaha untuk menerima diri sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Hertfordshire dan dimuat dalam ScienceDaily mengungkapkan, bahwa kebahagiaan lebih dari sekadar perasaan, namun sesuatu yang ternyata bisa dilatih setiap hari, dan salah satu caranya adalah dengan menerima diri sendiri.

Lantas, bagaimana supaya self love ini dapat dilakukan? Simak ulasan berikut ini.

Inti dari self-love adalah selalu bersyukur

Bersyukur atas badan yang sehat, bisa pergi ke sekolah, berada di tengah-tengah orang yang kita sayangi adalah beberapa contoh dari sekian banyak hal yang dapat kita syukuri. Karena Tuhan tidak pernah menciptakan susah tanpa didampingi dengan mudah selama kita mampu untuk terus bersyukur.

Rahasia pertama dalam kebahagiaan adalah mencintai diri sendiri

Saat kita mampu mencintai diri sendiri, kita akan belajar menerima akan kelebihan serta kekurangan yang ada dalam diri kita. Hal tersebut membuat kita bisa lebih bersyukur serta membuat kita jauh lebih bahagia.

Melakukan apa yang disukai juga masuk kategori self-love

Setiap orang pasti mempunyai hal yang sangat mereka sukai. Dengan melakukan hal yang disukai tanpa kamu sadari selain membuat kamu terhibur juga kamu juga sedang mencintai diri sendiri.

Self-love berarti juga merawat tubuh, serta menjaga asupan makanan yang sehat

Self-love bukan hanya tentang memberi asupan kepada jiwa kita untuk selalu berpikir positif, karena fisik kita juga membutuhkan hal yang sama. Salah satunya dengan merawat tubuh serta menjaga asupan makanan yang membuat tubuhmu tetap sehat. Tubuh hanyalah tubuh jika tanpa jiwa, begitu pun sebaliknya. Jadi keduanya harus seimbang.

Menerima dan menghadapi masalah dengan sadar

Saat masalah itu muncul sebenarnya yang pertama kali dilakukan adalah menerima dengan sadar akan kondisi tersebut. Karena dengan memaksa menghadapi tanpa menerima hanya akan membuatmu lelah.

Terimalah masalah itu dengan tangan terbuka, bukan karena kamu menyerah tapi karena memang seperti itulah jalan kehidupan yang pada akhirnya mendewasakanmu dan mungkin suatu saat kamu akan berterima kasih terhadapnya.

Advertisement