Connect with us

Nasional

Wapres Cina Bakal Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

Published

on

Wakil Presiden Cina Wang Qishan

Geosiar.com, Bogor – Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan Wakil Presiden Cina Wang Qishan berencana bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (wapres) terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin. Pelantikan akan digelar pada 20 Oktober 2019.

“Tadi menyampaikan bahwa akan ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Bapak Presiden,” ucap Fachir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Pesan tersebut disampaikan Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden Cina, Song Tao ketika bertemu Jokowi hari ini.

Song Tao sempat mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden RI pada April 2016 lalu, saat menjabat Menteri Hubungan Internasional Partai Komunis Cina. Menanggapi rencana kedatangan Wakil Presiden Cina ke pelantikan presiden, kata Fachir, Jokowi mengaku merasa terhormat.

Fachir mengatakan, rencana Wang Qishan menunjukkan adanya hubungan baik antara Cina dan Indonesia. Hal itu juga menunjukkan bahwa Tiongkok akan memberi perhatian yang lebih baik mengenai hubungan penting dan strategis dengan Indonesia.

Sekadar informasi, usai resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf akan dilantik pada Oktober mendatang. Pelantikan dilaksanakan di Gedung DPR/MPR.