Connect with us

Lifestyle

Habis Makan Petai Malu dengan Bau Mulut? Ini Cara Mengatasinya

Published

on

Ilustrasi bau mulut akibat menyantap hidangan petai.

Geosiar.com, Lifestyle – Hidangan makanan dengan menyertakan petai, baik bakar atau sebagai lalapan, memang dapat menggugah selera makan siapa saja. Namun, kebanyakan orang enggan untuk menyantapnya karena meninggalkan bau yang sangat tidak sedap, baik di mulut atau pun setelah buang air.

Tapi jangan khawatir! Sebab, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan setelah makan petai. Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang ternyata ampuh menyegarkan dan membuat bau petai musnah dari mulut. Penasaran? Simak Yuk!

Minum banyak air putih

Setelah menyantap petai, sebaiknya kamu banyak minum air putih agar bisa membantu melarutkan zat yang menyebabkan bau. Selain itu, air juga dapat membantu membersihkan sisa makanan yang masih menyangkut di sela-sela gigi.

Menyikat gigi

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat membantu mengurangi bau mulut. Selain itu, sebaiknya jangan asal menyikat, dan bersihkan gigi hingga ke bagian dalam agar tak ada lagi bau yang tersisa.

Menyikat lidah

Setelah menyikat gigi, jangan lupa untuk menyikat bagian lidah, sebab sisa makanan berbahan pete juga akan menempel di lidah dan membuat bau tak sedap terus bersarang di mulut. Oleh karena itu, langkah ini perlu dilakukan agar membantu menghilangkan bau petai.

Berkumur dengan obat kumur

Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk membantu menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan petai. Obat kumur ini berfungsi untuk membuat napas lebih segar setelah makan petai.

Mengunyah permen karet

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau akibat petai yaitu dengan mengunyah permen karet tanpa gula. Hal ini dikarenakan, produksi air liur untuk membilas partikel makanan yang masih tersangkut bisa bertambah karena mengungah permen karet. Tidak ada salahnya untuk menyediakan permen karet dan segera mengunyahnya setelah menikmati petai.

Selain 4 cara di atas, mengutip dari Hellosehat, seorang profesor rekanan klinis di New York University Collage of Dentistry, Gerald P. Curatola, mengungkapkan ada beberapa jenis makanan dan minuman yang ampuh melenyapkan bau petai di mulut,.

Pertama, konsumsi buah apel dan pir, sebab keduanya memiliki kandungan air yang banyak dan dapat membantu produksi air liur untuk menyeimbangkan kondisi di mulut. Lalu, konsumsi seledri, wortel dan mentimun sebab ketiga makanan ini juga bisa membantu produksi air liur dan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Terakhir, yohgurt, sebab memiliki kultur aktif yang dapat membantu mengurangi bau mulut akibat petai.