Connect with us

Lifestyle

Jangan Minum Air dalam Botol yang Terpapar Sinar Matahari, Bahaya!

Published

on

Ilustrasi air minum dalam botol plastik yang terekspos sinar matahari.

Geosiar.com, Lifestyle – Banyak orang takut meminum air di dalam botol yang sudah lama terkena paparam sinar matahari. Mitos mengatakan bahwa paparan panas menyebabkan zat-zat kimia dalam plastik bisa larut dalam air dan memicu kanker.

Ternyata mitos tersebut bukan isapan jempol biasa, soalnya memang ada efek negatif yang akan diterima tubuh apabila kita mengonsumsi air di dalam botol yang sudah lama terekspos matahari.

Melansir dari boldsky.com, Kamis (19/9/2019), meminum air dari botol yang telah terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama memiliki efek negatif pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia industri BPA atau bisphenol-A dalam plastik yang berbahaya bagi tubuh.

Kendati sebagian besar botol air plastik tidak mengandung bahan kimia ini, BPA dapat ditemukan dalam botol polikarbonat. Adapun efek buruk lainnya dari mengonsumsi air dalam botol yang telah terpapar sinar matahari adalah meningkatnya pertumbuhan bakteri berbahaya, tergantung pada spesiesnya.

Selain itu, tim peneliti dari Universitas Nanjing di Tiongkok dan Universitas Floria juga sudah melakukan percobaan. Peneliti menyimpan 16 merek air dalam kemasan yang dijual di Tiongkok pada tiga suhu, yakni 3,8 derajat celcius, 25 derajat celcius, dan 70 derajat celcius.

Hasilnya, peneliti menemukan kandungan dua zat kimia, yankni antimony dan bisphenol A (BPA). Antimony merupakan logam yang diduga berperan dalam penyakit paru, jantung, dan pencernaan. International Agency for Research on Cancer juga mengelompokkan metal yang disebut antimony trioxide ini punya kemungkinan karsinogen.

Sementara itu, BPA di dalam tubuh bisa menyerupai estrogen. BPA sendiri ditemukan pada beberapa jenis plastik dan sudah dilarang penggunaannya oleh FDA untuk botol susu bayi dan cangkir bayi belajar minum.

Sebenarnya, keadaan BPA dalam botol masih menjadi perdebatan. “Secara teori, plastik seharusnya tak mengandung BPA. Tapi bisa juga saat proses pembuatan, terutama jika memakai produk daur ulang, bisa ditemukan BPA,” kata seorang peneliti, Ma.

Para peneliti memperkirakan bahwa dalam skenario terburuk, minum air yang terkontaminasi tersebut bisa berbahaya, terutama untuk anak. Untuk meminimalisir dampak buruk penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum, sebaiknya air disimpan di dalam sebuah wadah yang terbuat dari tembaga, baja, atau botol kaca.

Lifestyle

Berikut 5 Tips Atasi Bau Mulut

Published

on

ilustrasi bau mulut

Geosiar.com, Lifestyle – Halitosis atau dikenal dengan bau mulut umumnya muncul akibat bakteri yang menghasilkan sulfur pada permukaan lidah dan di dalam tenggorokan menjadi aktif.

Reaksi kimia itu menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut beraroma tidak sedap alias bau.

Bau mulut mudah dihirup oleh lawan bicara saat Anda tengah berbicara atau menghela napas. Walaupun halitosis tidak berbahaya namun menimbulkan ketidaknyamanan pada lawan bicara.

Namun Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati apabila Anda salah satu yang mengalami bau mulut. Selalu ada solusi agar tak bau mulut lagi buat Anda yang mengalaminya.

Sebuah penelitian dari Journal Of Natural Science, Biology And Medicine yang dikutip dari jpnn.com menyarankan pengelolaan kebersihan mulut dan menghindari faktor pemicu bau mulut.

Berikut ini cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  1. menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang ber-fluoride
  2. hindari rokok atau produk tembakau lainnya
  3. berkumur dengan obat kumur non-alkohol
  4. minum cukup air untuk menghindari mulut kering
  5. kunjungi dokter gigi secara berkala, siapa tahu masalah bau mulut yang ditimbulkan akibat masalah gigi

Cobalah lakukan cara di atas, setelah mengetahui kondisi bau mulut yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa percaya diri pada pertemuan dan berbicara dengan lawan bicara tanpa mengkhawatirkan aroma mulut tidak sedap.

Continue Reading

Lifestyle

Sering Dirindukan Jika Tidak Ada, 4 Zodiak Ini Ngangenin

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Ketika tengah berkumpul dengan rekan-rekan, terkadang kita pasti menyadari bahwa akan ada satu orang yang dirindukan jika tidak ada.

Dikutip dari fimela, ternyata orang yang mudah dirindukan ini dapat ditebak dari zodiaknya. Berikut ini sekian zodiak yang nganenin jika tidak ada.

Cancer

Cancer selalu tahu perasaan orang lain dan paling kalem dan paling penuh cinta, mereka selalu dicari saat ada cara kumpul bersama. Kehadirannya selalu membuat orang nyaman dan meski bukan tipe yang humoris, akan tetapi ia selalu bisa membuat suasana menyenangkan. Tipe yang keibuan dan melindungi ini selalu dirindukan.

Virgo

Sifat Virgo yang jujur dan sering mengkritik mungkin dinilai sedikit menyebalkan, akan tetapi sosoknya yang cerdas dan selalu tahu banyak hal serta bersikap netral terhadap banyak hal selalu dirindukan banyak orang. Pemilik zodiak Virgo merupakan tipe teman yang tidak akan memihak apabila ada perselisihan antar teman.

Gemini

Dalam setiap kelompok teman, kamu akan selalu membutuhkan teman yang banyak bicara, dan peran itu bisa diisi oleh Gemini yang selalu tak bisa diam. Ia selalu punya cerita menarik untuk didengarkan, ia juga mengutamakan komunikasi dengan teman dan memastikan setiap waktu yang dihabiskan selalu menyenangkan.

Sagitarius

Sagitarius bisa jadi mood booster dalam kelompok pertemanan kalian. Si ceria yang penuh energi ini tahu bagaimana cara membuat suasana meriah dan hidup. Mereka selalu tertawa renyah dan itu menular. Saat ada tawa, maka semua merasa bahagia, inilah yang membuat Sagitarius dirindukan.

Itulah sekain zodiak yang ternyata paling dirindukan ketika tidak ada. Kira-kira, apakah kamu merupakan salah satunya yang sering dirindukan?

Continue Reading

Lifestyle

Paling Sensitif, Ini 4 Zodiak yang Selalu Ingin Dimengerti

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Orang-orang disekitar kita pasti memiliki kepribadian dan sifat yang berbeda-beda, ada tipe sensitif dan ada juga yang cuek. Orang yang berkepribadian sensitif biasanya lebih peka perasaanya, apabila tidak berhati-hati berkata dan bersikap dapat menyinggung hatinya. Sementara orang yang cuek terkadang perasaannya tumpul hingga tanpa sadar menyakiti hati orang.

Dikutip dari fimela, ternyata sifat tersebut bisa ditebak dari zodiaknya. Berikut ini zodiak yang memiliki perasaan paling sensitif dan selalu ingin dimengerti.

Cancer

Zodiak pertama yaitu cancer. Zodiak ini memang menjadi zodiak yang peka dan penuh empati. Hatinya gampang tersentuh dan memahami perasaan orang lain, begitu juga mudah sedih dan tersinggung. Saat ia merasa dipahami dan dimengerti oleh orang lain di sekitarnya, ia merasa didukung dan dicintai dan secara otomatis akan membangkitkan semangat serta motivasinya menjalani apa pun dalam hidup.

Pisces

Menurut Pisces, orang lain sama pentingnya dengan dirinya. Pemilik zodiak ini merasa dirinya cukup berbeda dengan orang lain dan malu mengungkapkan perasaan. Ketika orang lain menerimanya apa adanya dan memahami apa yang ia lakukan, ia merasa diterima dan mendapat dukungan dari orang sekitarnya karena. Saat orang di sekitarnya tak memahaminya, ia mudah merasa sendirian dan kesepian.

Scorpio

Scorpio ternyata juga ingin dimengerti karena seringkali orang salah memhami dirinya. Ia tak ingin memberi kesan buruk pada orang lain tapi dia sendiri tak mudah menunjukkan perasaan dan isi hatinya. Perasaannya bisa sangat sensitif ketika merasa tidak percaya diri. Ia juga cenderung menyalahkan diri sendiri ketika tak dimengerti orang lain.

Capricorn

Capricorn juga ternyata sering membutuhkan orang lain untuk memahaminya yang agak kaku dan membosankan. Meski tampak dari luar ia tampak tegas dan keras, sebenarnya ia orang yang memiliki hati lembut, hangat dan sensitif. Itulah mengapa ia merasa orang lain perlu memahaminya agar tidak salah paham dengannya.

Itulah sekian zodiak yang paling peka dan sensitif perasaannya sehingga ingin terus dimengerti, apakah kamu salah satunya?

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com