Connect with us

Kesehatan

Riset NUS Ungkap Rutin Konsumsi Teh Ampuh Tingkatkan Kecerdasan

Published

on

Ilustrasi mengonsumsi teh secara rutin mampu tingkatkan kecerdasan otak.

Geosiar.com, Lifestyle – Sebuah riset dari National University of Singapore (NUS) mengungkap bahwa rutin mengonsumsi teh bisa meningkatkan daya ingat yang berkaitan dengan fungsi kognitif.

Asisten Profesor Feng Lei dari Department of Psychological Medicine NUS mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, minum teh secara rutin memberi kontribusi positif terhadap struktur otak. Oleh sebab itu, mereka menyarankan untuk mengonsumsi teh sebagai perlindungan terhadap penurunan kualitas otak terkait usia.

“Hasil kami memberikan kontribusi positif minum teh untuk struktur otak, dan menyarankan bahwa minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap penurunan kualitas otak terkait usia,” kata Feng Lei seperti dilansir dari Science Daily, Rabu (18/9/2019).

Sebelumnya, penelitian University of Essex dan University of Cambridge menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan termasuk peningkatan suasana hati dan pencegahan penyakit kardiovaskular sebesar 50 persen.

Merujuk pada penemuan itu, Profesor Feng Lei kemudian mengeksplorasi efek langsung teh pada jaringan otak. Dalam prosedur studinya, tim peneliti mengumpulkan 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Kemudian, tim melakukan pendataan terkait kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis sampel.

Usai menganalisis kinerja kognitif dan hasil pencitraan sampel, tim menemukan hasil bahwa individu yang mengonsumsi teh seperti teh hijau, teh oolong, atau teh hitam setidaknya empat kali seminggu, mempunyai kualitas otak yang lebih baik dan efisien.

“Hasil ini mendukung temuan sebelumnya dengan menunjukkan efek positif dari minum teh secara teratur yakni peningkatan kualitas otak,” tandasnya.