Connect with us

Lifestyle

Tips Mencuci Jeans Hitam Agar Tak Mudah Luntur

Published

on

Ilustrasi cara mencuci jeans agar tidak mudah luntur.

Geosiar.com, Lifestyle – Celana Jeans dengan warna hitam selalu diminati oleh banyak orang. Namun, tak jarang orang malas membelinya karena memiliki tingkat kelunturan yang sangat tinggi jika dipakai berulang kali. Sebab, secara otomatis warna hitam pada jeans sangat mudah luntur bila sering dicuci.

Dengan demikian, celana jeans warna hitam memerlukan perawatan ekstra agar warnanya tidak mudah luntur. Oleh sebab itu pula, meskipun suka, orang cenderung membeli jeans dengan warna lain.

Namun, kalian tak perlu khawatir lagi sebab Geosiar.com akan berbagi tips mengenai cara ampuh membersihkan jeans agar warnanya tidak mudah luntur. Kamu boleh mencobanya di rumah masing-masing. Simak Yuk!

Pre-treat Jeans

Ketika baru membeli celana jeans hitam, sebaiknya langsung rendam celana jeans di dalam air dingin yang sudah dicampur dengan setengah cangkir cuka putih dan satu sendok teh garam. Kemudian direndam selama 30 menit. Setelah direndam, segera cuci dan jemur dengan cara digantung hingga kering.

Hal ini berguna untuk mengunci ketahanan warna hitam pada celana jeans sehingga saat dicuci berkali-kali warnanya tidak menjadi kusam.

Teknik Mencuci

Kebanyakan orang mencuci celana jeans hitam secara asal-asalan tanpa mengetahui teknik mencuci yang tepat. Wajar saja kalau warnanya sudah luntur ketika baru dua atau tiga kali dicuci.

Saat mencuci jeans hitam, hal pertama yang harus diperhatikan yaitu memilih suhu air yang dingin untuk mencuci dan membilasnya, sebab jika menggunakan suhu air yang panas, maka bisa memudarkan warnanya lebih cepat.

Sebelum mencuci, kamu wajib membalik bagian dalam celana jeans menjadi bagian luar. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan dan warna kusam pada celana jeans hitam.

Selain itu, jika kamu mencuci jeans hitam dengan mencampurkan pakaian yang lainnya, maka campurkanlah dengan warna pakaian yang senada agar tidak terjadi kombinasi warna yang membuatnya terlihat menjadi kusam.

Kalian juga wajib menggunakan deterjen cair untuk mencuci jeans hitam dan ingat jangan terlalu banyak karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi ketahanan warnanya.

Air Dry

Jika kamu sudah selesai mencuci, maka tahap selanjutnya adalah membilas. Setelah dibilas, segeralah peras celana jeans kamu untuk menghilangkan kelebihan airnya, lalu gantung pada jemuran hingga mengering. Dengan begitu celana jeans hitam favorite kamu dijamin tidak akan mudah luntur dan rusak.