Connect with us

Dunia

Presiden Jerman Ungkapkan Kesedihan atas Wafatnya BJ Habibie

Published

on

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier

Geosiar.com, Jerman – Wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie, menuai duka yang mendalam bagi Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. Melalui keterangan tertulis, Steinmeier, mengungkapkan belasungkawa kepada Presiden RI Joko Widodo dan masyarakat Indonesia atas meninggalnya mantan BJ Habibie.

“Saya sangat sedih mengetahui kabar kematian Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Izinkan saya menyampaikan belasungkawa dan simpati kepada keluarga yang ditinggalkan dan teman-teman Habibie serta seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Steinmeier, Jumat (13/9/2019).

Steinmeier menyebut, Habibie merupakan sosok yang mengabdi kepada seluruh hidupnya pada negaranya dan membuat sebuah kontribusi luar biasa pada Indonesia. Dirinya membuka jalan bagi demokrasi di Indonesia.

Habibie juga dikenal bekerja secara khusus untuk menumbuhkan koeksistensi damai antara agama dan budaya, sikap saling menghormati sebagai motivasi dan arah bagi setiap tindakannya.

Steinmeier mengakui Presiden Habibie memiliki hubungan yang sangat dalam dengan Jerman dan budayanya serta tradisi negaranya yang telah menjadi rumah kedua baginya.

“Sejak hari-hari dia menjadi mahasiswa di kota Aachen, Habibie telah mempertahankan kedekat dengan negara kami. Dia punya banyak teman di sana. Jerman berutang banyak padanya,” ungkap Steinmeier.

Steinmeier menambahkan, Habibie sudah membuat banyak pencapaian luar biasa dan melakukan lebih dari siapapun untuk mendekatkan dan menjalin hubungan baik Indonesia-Jerman serta masyarakat di kedua negara. Jerman pun mengaku dengan senang hati memberikan penghargaan Grand Cross 1st Class of the Order of Merit Republik Feredal Jerman.