Connect with us

Sumut

Tinjau Pelatihan Membatik, Walikota Medan Ajak Masyarakat Ikut Perangi Narkoba

Published

on


 
Medan, Geosiar.com – Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin mengajak seluruh warga Medan dapat berperan untuk memberantas narkoba. Narkoba dinilai sangat berbahaya dan mengancam masa depan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH saat meninjau pelatihan membatik untuk warga Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Selasa (10/9/2019). Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan pergaulan yang sehat agar dapat mencegah masyarakat sekitar dari penyalahgunaan narkoba.

Pemko Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelatihan membatik yang dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut untuk masyarakat Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal.  Sebab, kegiatan ini dinilai sebagai upaya mengantisipasi masyarakat untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba.

 Dikatakan, Wali Kota bahaya narkoba kian nyata di depan mata. Lingkaran setan peredaran narkotika dan barang terlarang lainnya kian hari kian mengkhawatirkan. Besarnya permintaan akan barang terlarang tersebut membuat para pengedar dan bandar narkoba kian berani mengedarkan barang terlarang tersebut di tengah-tengah lingkungan masyarakat.

 “Narkotika bahkan sudah menyusup hingga ke taman kanak-kanak dan sekolah dasar dalam bentuk permen dan jajanan anak-anak. Hal ini tentu merisaukan kita akan betapa masifnya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di tanah air,” kata Wali Kota.

 Guna mengantisipasi sekaligus mencegah hal itu, Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk mengawasi dan mengurangi dampak negatif peredaran narkotika dan zat aditif lainnya karena itu  bukan hanya domain tugas BNN, tugas kepolisian atau tugas penegak hukum semata.

Menurut Wali Kota, kepedulian masyarakat sekitarlah nantinya akan mampu menyelamatkan ribuan bahkan jutaan anak bangsa yang sudah atau akan terjerat dalam lingkaran setan peredaran narkotika dan zat aditif lainnya.

“Sudah saatnya kita memikirkan pendekatan baru yang berbeda untuk menangani masalah narkotika yang kian mengkhawatirkan ini, misalnya dengan kegiatan positif seperti membatik yang kita laksanakan hari ini. Diperlukan sanksi hukuman yang lebih berat, aparatur yang lebih tegas dan juga masyarakat yang lebih peduli terhadap kondisi sekitarnya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota juga berharap dengan adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat Kota Medan, nantinya kegiatan ini akan diadakan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Medan untuk dapat melakukan hal yang sama dengan memberikan fasilitasi agar masyarakat tersebut tidak mudah terpengaruh dengan narkoba.

“Dengan adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat Kota Medan, nantinya kegiatan ini akan diadakan di seluruh kelurahan yang ada di Koya Medan dengan memberikan fasilitas kepada masyarakat agar masyarakat tersebut tidak akan mudah terhasut untuk menggunakan narkoba,” tegasnya. (lamru)

Advertisement

Sumut

Polres Tebing Tinggi Sambut Kapolres Baru

Published

on

Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman bersama Kapolres Tebing Tinggi baru AKBP James P Hutagaol, S.I.K di acara pisah sambut di Mako Polres Tebing Tinggi, Rabu (27/02/2020). (Foto : art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Polres Tebing Tinggi melaksanakan pisah sambut Kapolres dari pejabat lama AKBP Sunadi, S.I.K kepada pejabat baru AKBP James P Hutagaol, S.I.K yang diawali dengan upacara pedang pora oleh para perwira di Mako Polres Tebing Tinggi, Rabu (27/02/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan itu Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan MM, Wakil Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Oki Doni Siregar, Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman, Danbrigif 7 Rimba Raya Kolonel Inf. Agustatius Sitepu, Dandim 0204 DS Letkol Syamsul Arifin SE, M.Tr, Ketua DPRD Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution SH, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi An. M. Yusafrihardi Girsang SH, MH.

Kemudian, Kepala Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi Mustaqfirim SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi Rosyid Mumtaz, S.H.I, MH, Ketua MUI Kota Tebing Tinggi H. Ahmad Dalil Harahap, Ketua FKUB Tebing Tinggi Abu Hasyim Siregar, Wakil Ketua DPRD H. M. Azwar S.Si, Danyon 122/TS Mayor Inf. Raden Hendra Sukmadjidibrata SIP, dan Kalapas Tebing Tinggi Theos Andrianus Purba.

AKBP James P Hutagaol yang sebelumnya bertugas di Dayon A Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya, kini menjabat sebagai Kapolres Tebing Tinggi untuk menggantikan AKBP Sunadi yang akan bertugas sebagai Kasubdit Sidik II Ditsidik Densus 88. Serah terima jabatan (sertijab) sebelumnya sudah digelar di Polda Sumut pada Rabu (26/2/2020).

Dalam sambutannya, Sunadi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran kepolisian dan masyarakat Kota Tebing Tinggi yang telah berdedikasi selama dirinya bertugas kurang lebih 2 tahun 2 bulan sebagai Kapolres Tebing Tinggi.

“Jika ada salah dan khilaf selama bertugas, saya mewakili diri pribadi dan keluarga mohon maaf,” ujar Sunadi.

Tak lupa, kepada Kapolres yang baru, dia berharap agar ke depannya Polres Tebing Tinggi semakin baik lagi dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya.

“Saya yakin rekan saya ini (red. James P Hutagaol) pasti mampu dan lebih dari saya dalam melaksanakan tugas dalam rangka memimpin Polres Tebing Tinggi,” katanya.

Kapolres baru Tebing Tinggi bersama istrinya Ny. Hutagaol. (Foto : WH/Geosiar.com)

Sementara itu, James juga menyampaikan keinginanya agar dapat diterima oleh masyarakat sebagai warga dan Kapolres Tebing Tinggi yang baru.

“Dan saya sebagai warga yang baru tentunya dapat diterima sebagai warga Kota Tebing Tinggi, dan saya minta dukungan serta kerja sama dari semua pihak,” ujar dia saat memperkenalan diri sebagai Kapolres Tebing Tinggi yang baru.

Terakhir, James mengatakan bahwa ia akan tetap melanjutkan inovasi-inovasi yang telah dilakukan Kapolres sebelumnya, bila ada kekurangan akan dibenahi.

“Sehingga kami berupaya akan melaksanakan apa yang sudah dilakukan, inovasi yang dilakukan akan kami pertahankan, bahkan kalau bisa akan kami tingkatkan,” tutupnya.

Kegiatan serah terima jabatan Kapolres Tebing Tinggi juga dirangkai dengan pemberian cendera mata kepada pejabat lama AKBP Sunadi, S.I.K dan pemakaian baju adat kepada Kapolres baru AKBP James P Hutagaol, S.I.K dari Wali Kota Tebing Tinggi, unsur Muspida, Bupati Serdang Bedagai dan undangan lainnya. (WH)

Continue Reading

Sumut

PKK Kabupaten Asahan Gelar Rakornis di Kecamatan Meranti

Published

on

Rapat Koordinasi (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan

Geosiar.com, Asahan – Rapat Koordinasi (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan yang dipusatkan di Halaman Kantor Camat Kecamatan Meranti dihadiri oleh Bupati Asahan, Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan beserta pengurus dan tamu undangan lainnya pada Kamis (27/02/2020).

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya menyampaikan bahwa Rakornis di Kecamatan Meranti ini merupakan yang pertama dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Asahan di kecamatan. Hal itu karena Kecamatan Meranti adalah kandidat Kecamatan yang mengikuti lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dan akan diteruskan di Kecamatan-kecamatan yang lain di Kabupaten Asahan terkhusus di Kecamatan yang menjadi kandidat dalam mengikuti lomba PKK.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang terus mendukung program-program TP PKK Kabupaten Asahan. “Kami TP PKK Kabupaten Asahan tidak akan bermain-main, kami akan benar-benar berbuat dalam mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap kepada Ketua TP PKK Kecamatan agar menyiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi lomba yang akan diikuti.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa TP PKK dan para kadernya bukan sekadar organisasi wanita, namun sebaliknya, organisasi ini dianggap memiliki kiprah yang luar biasa baik sebagai mitra, ujung tombak dan pencetus gagasan dan inovasi. “PKK harus senantiasa ada ditengah-tengah masyarakat untuk mendukung kinerja dan program pemerintah,” ujarnya.

Untuk kesolida,  beliau mengatakan TP PKK Kabupaten Asahan sudah tidak diragukan lagi, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa/Kelurahan, terbukti dengan telah berhasilnya PKK Kabupaten Asahan meraih berbagai prestasi sampai Tingkat Nasional.

Selain itu, ia berharap kepada TP PKK khususnya Kader PAAR yang hadir agar menjadikan rapat itu menjadi bekal dan pedoman dalam memberikan penyuluhan, orientasi dan sosialisasi kepada orang tua dalam mengasuh anak dan remaja, dan juga mampu mempersiapkan anak-anak yang berkualiatas, sehat, bermoral.

“Untuk itu saya mengajak kita semua mempersiapkan anak-anak kita sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai yang luhur, kesadaran untuk hidup baik, jujur, bertanggung jawab dan berguna bagu diri sendiri, keluarga dan bangsa,” tandas dia.

Selanjutnya, ia berharap agar tetap mempertahankan prestasi yang telah diraih selama ini dan mempunyai tekad untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Saya akan terus melakukan evaluasi dalam menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten Asahan untuk lebih baik kedepannya dan saya akan memimpin Kabupaten Asahan dengan senyum, artinya saya akan lebih membuka ruang Kepada OPD untuk Berinovasi demi Kemajuan Kabupaten Asahan kedepannya,” ucap H. Surya.

Sementara narasumber pada kegiatan ini yakni Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Derlina John Hardi Nasution, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M. Pd, Kepala Dinas P2KBP2PA Kabupaten Asahan Drs. Muhilli Lubis dan Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Parawisata Kabupaten Asahan Buwona Prawana yang pada materinya membantu TP PKK Kabupaten Asahan dalam menjalankan program-program kerjanya.

Pada kesempatan ini juga Ketua TP PKK Kabupaten Asahan meninjau pelayanan KB dan pembuatan KIA.

Continue Reading

Sumut

Peringati HPSN, Pemko Medan Gelar Aksi Bersih di Belawan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan menggelar aksi bersih-bersih di Belawan, Kamis (27/2/2020). Aksi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, bertujuan untuk mewujudkan Belawan Bersih Sampah, sesuai dengan keinginan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi yang saat ini terus berupaya mempercantik Kota Medan.

Ada 4 lokasi di Belawan yang menjadi objek pembersihan yakni Jalan Serma Hanafiah, Jalan Kampar I, Jalan Kampar II dan Jalan Rokan. Selain unsur DKP Kota Medan, aksi pembersihan juga melibatkan jajaran Kecamatan Medan Belawan, personel Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Belawan serta dibantu petugas Polri dan TNI, Pramuka serta Komunitas Peduli Belawan Bersih.

Kedatangan Akhyar mendapat apresiasi penuh dari seluruh peserta aksi bersih-bersih, terutama Marhanlan I Belawan. Sejumlah pasukan Marinir langsung menggendong Akhyar begitu turun dari mobil untuk selanjutnya dibawa menuju lokasi acara bersih-bersih. Sebelum aksi pembersihan dimulai, lebih dulu digelar apel bersama.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan keranjang sampah dan alat kebersihan seperti sapu, sekop dan cangkul yang dilakukan langsung Akhyar kepada petugas kebersihan secara simbolis. Kemudian diteruskan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Belawan Bersih Sampah.

Aksi bersih-bersih dimulai pukul 09.30 WIB, meski cuaca pagi menjelang siang itu cukup terik namun ratusan personel yang terlibat dalam aksi bersih-bersih tidak mempedulikannya. Sambil membawa kantongan plastik hitam berukuran besar, mereka pun memunguti sampah yang berserakan di jalan. Seluruh sampah hasil pungutan selanjutnya dikumpulkan dalam tong sampah portable. Setelah penuh, seluruh sampah dalam tong sampah portable selanjutnya ditempatkan dalam truck compactor sampah untuk selanjutnya dibuang ke lokasi pembuangan.

Danyon Marhanlan I Belawan Mayor Marinir Farick turut hadir dalam aksi bersih-bersih bersama Kompol Ilham Aceh mewakili Kapolres Belawan, Iptu Hartono mewakili Dirpol Airud, Camat Medan Belawan Ahmad serta unsur Muspika Kecamatan Medan Belawan. Aksi bersih-bersih ini didukung penuh warga sekitar.

Akhyar sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya aksi bersih-bersih tersebut. Dikatakannya, Peringatan Hari Peduli Sampah ini menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran dan semangat membebaskan Medan dari sampah guna mewujudkan ibukota Provinsi Sumut menjadi lebih bersih dan indah ke depannya. Atas dasar itulah Akhyar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan di Belawan, seperti Marhanlan I Belawan, Polresta Belawan serta unsur Muspika Kecamatan Medan Belawan yang telah mendukung aksi bersih-bersih tersebut.

“Dengan aksi bersih-bersih ini, mari kita jadikan Belawan bersih sampah. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah mendukung aksi bersih-bersih ini, guna membebaskan Belawan dari sampah,” kata Akhyar.

Sementara itu Danyon Marhanlan I Belawan Mayor Marinir Farick menyatakan, pihaknya mendukung penuh program Pemko Medan untuk membuat Belawan bebas sampah. “Kita siap mendukung dan bekerja sama dengan Pemko Medan untuk mewujudkan Medan yang bersih, terutama kawasan Belawan,” tegas Farick.

Di tempat yang sama, Kadis DKP Kota Medan H M Husni menjelaskan, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional diharapkan dapat menjadi momentum untuk membangkit rasa kepedulian dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk membebaskan Medan dari sampah. Husni mengungkapkan, sampah masih menjadi persoalan di Kota Medan.

“Untuk mengatasi masalah sampah ini, tentunya dibutuhkan sebuah gerakan bersama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat. Kita satukan kekuatan ini bersama-sama hadir dengan komitmen menjadikan Belawan bersih. Mari kita mulai gerakan Belawan bersih,” ujar Husni. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com