Connect with us

Dunia

Sering Beda Pendapat, Donald Trump Pecat Penasihat Keamanan Nasional AS

Published

on

Donald Trump dan John Bolton (apnews.com)

Geosiar.com, AS – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton. Ia menjadi Penasihat Keamanan Nasional ketiga yang dipecat maupun yang mengundurkan diri selama kepresidenan Donald Trump.

Keputusan memecat Bolton disampaikan Trump dalam cuitannya di Twitter.

“Saya bilang ke John Bolton kemarin malam bahwa jasanya tidak lagi dibutuhkan di Gedung Putih,” cuit Trump.

Trump pekan depan dijadwalkan bakal mengumumkan pejabat baru. Dia memecat Bolton dengan alasan sudah tidak lagi setuju dengan saran-sarannya.

Sebaliknya, Bolton mengaku bersikeras bahwa justru dirinya sendiri yang meminta mundur. Dia mengaku sudah tidak sepaham dengan Presiden Trump atas sejumlah kebijakan luar negeri AS, mulai dari Afghanistan hingga Iran.

Alasan ini cukup mengejutkan kalangan media massa di AS serta internasional. Hal ini mengingat Trump dan Bolton selama ini dikenal seiring sejalan, yakni sama-sama bersikap keras soal kebijakan luar negeri AS, yang lebih mengutamakan pendekatan kekuatan ketimbang diplomasi dengan negara-negara seteru, terutama dengan Iran.

Sebelumnya Bolton ditunjuk Trump menjadi penasihat keamanan nasional sejak April 2018. Dengan demikian Trump sudah tiga kali berganti penasihat keamanan nasional, yakni Michael Flynn, HR McMaster, dan John Bolton.

Dunia

Belanda Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

Published

on

Tim medis yang menangani wabah virus corona di Wuhan, China

Geosiar.com, Belanda – Seorang pasien di Belanda ditemukan positif virus corona. Hal itu berdasarkan otoritas kesehatan Belanda pada Kamis (27/2/2020) dan menyebutkan bahwa ini merupakan kasus pertama corona yang muncul di negara itu.

Institut Nasional Belanda untuk Kesehatan Masyarakat melalui pernyataan menyebutkan pasien di Kota Tilburg, Belanda selatan, baru pulang dari Italia utara dan kini sedang dalam perawatan isolasi.

Diberitakan, sebanyak 17 orang meninggal dunia di Italia dan 650 orang lainnya terjangkit virus corona, dalam wabah terbesar virus yang dinamakan COVID-19 ini di Eropa.

“Agar penyakit tersebut tidak menyebar lebih luas di Belanda, (otoritas kesehatan masyarakat) … bakal melacak siapa saja yang memiliki kontak dengan pasien tertular itu,” ujar institut itu, yang biasa disingkat RIVM.

“Kontak-kontak itu akan diawasi secara ketat,” tambahnya.

Sementara Perdana Menteri Mark Rutte di Twitter menuliskan bahwa dirinya berharap seseorang yang terinfeksi itu dapat sembuh dan meminta masyarakat supaya mengikuti instruksi otoritas medis.

“Saya sedang berkoordinasi erat dengan Bruno Bruins tentang semua upaya yang sedang dirembukkan guna mempersiapkan negara menghadapi keadaan ini,” tandas Rutte.

Continue Reading

Dunia

Paus Fransiskus Demam Flu, Batalkan Hadiri Acara di Basilika Roma

Published

on

Paus Fransiskus mengalami demam flu saat memimpin ibadah Rabu Abu di Vatican. (MIRROR.CO.UK)

Geosiar.com – Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus tengah terserang demam flu hingga suaranya terdengar serak ketika memimpin ibadah Rabu Abu kemarin di halaman Santo Petrus di Vatican.

Paus Fransiskus yang mendoakan para penderita virus Corona dalam ibadah mengawali masa Prapaskah bagi umat Katolik sedunia, tidak menggunakan masker, berjabat tangan dengan umat dan mencium para peziarah termasuk anak-anak.

“Saya berharap, kembali, untuk menyatakan kedekatan dengan mereka yang menderita sakit virus Corona dan para pekerja medis yang merawat mereka,” ujar Paus Fransiskus seperti dilansir dari Mirror.

Menurut laporan Time dan Mirror pada Kamis (27/2/2020), Paus Fransiskus membatalkan jadwalnya untuk menghadiri satu acara di basilika Roma.

Vatican mengatakan, Paus Fransiskus yang berusia 83 tahun itu beristirahat setelah jatuh sakit tanpa menyebut jenis penyakitnya.

“Karena agak sakit dan akan melanjutkan sisa pekerjaan yang direncanakan pada hari Kamis. Namun Fransiskus lebih memilih tinggal dekat Santa Martha,” tutur Vatican memberi alasan Paus Fransiskus absen dalam acara itu.

Kemudian vatican merilis foto Paus Fransiskus bersama dengan Kardinal Antonio Tagel asal Filipina yang baru menempati pos barunya di Vatican pada hari Kamis pagi bertemu sejumlah anggota Gerakan Iklim Global Katolik, satu kelompok lingkungan internasional.

Sejumlah pengunjung terlihat memakai masker ketika berada di halaman Santo Petrus, Vatican. Akan tetapi hanya satu orang yang mengenakannya saat Paus Fransiskus memimpin ibadah Rabu Abu.

Italia yang diketahui bertetangga dengan Vatican tengah diserang wabah virus Corona terparah di Eropa Lebih dari 500 orang terinfeksi virus itu dan 14 orang telah tewas di Italia.

Continue Reading

Dunia

Mahathir Menghadap Raja Malaysia di Istana

Published

on

Mahathir Mohamad

Geosiar.com, Kuala Lumpur – Perdana Menteri (PM) Malaysia interim Mahathir Mohamad menghadap Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah di Istana Negara, Kuala Lumpur pada Kamis (27/2/2020).

Mahathir tampak masuk Istana sekitar pukul 10.47 pagi dan keluar dari Istana Negara pada 12.00 waktu setempat.

Perdana menteri ketujuh Malaysia ini sempat melambaikan tangan sambil tersenyum ke arah awak media yang menunggunya di luar pintu utama.

Hingga kini belum ada informasi resmi terkait tujuan kunjungan itu, akan tetapi diduga keduanya membahas jabatan perdana menteri Malaysia berikutnya..

Melalui pidato khusus yang disiarkan secara langsung, sebelumnya Mahathir memohon maaf kepada rakyat Malaysia atas keadaan politik negara yang agak kucar-kacir dan mungkin menimbulkan keresahan di kalangan rakyat.

Sebanyak 221 anggota parlemen sudah menemui Raja Malaysia untuk menyerahkan nama calon perdana menteri yang mereka dukung.

Sekjen UMNO Annuar Musa menyatakan Barisan Nasional (BN), PBRS dan PAS berpendirian bahwa Parlimen harus dibubarkan.

Sementara Pakatan Harapan (PH) memutuskan mencalonkan Presiden PKR, Anwar Ibrahim, sebagai calon perdana menteri.

Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) dan Gabungan Partai Sarawak (GPS) mendukung penuh Mahathir untuk terus memimpin negara.

Sebelumnya Mahathir pada Kamis sore dijadwalkan bakal meluncurkan paket rangsangan ekonomi 2020.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com