Connect with us

Dunia

Sering Beda Pendapat, Donald Trump Pecat Penasihat Keamanan Nasional AS

Published

on

Donald Trump dan John Bolton (apnews.com)

Geosiar.com, AS – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton. Ia menjadi Penasihat Keamanan Nasional ketiga yang dipecat maupun yang mengundurkan diri selama kepresidenan Donald Trump.

Keputusan memecat Bolton disampaikan Trump dalam cuitannya di Twitter.

“Saya bilang ke John Bolton kemarin malam bahwa jasanya tidak lagi dibutuhkan di Gedung Putih,” cuit Trump.

Trump pekan depan dijadwalkan bakal mengumumkan pejabat baru. Dia memecat Bolton dengan alasan sudah tidak lagi setuju dengan saran-sarannya.

Sebaliknya, Bolton mengaku bersikeras bahwa justru dirinya sendiri yang meminta mundur. Dia mengaku sudah tidak sepaham dengan Presiden Trump atas sejumlah kebijakan luar negeri AS, mulai dari Afghanistan hingga Iran.

Alasan ini cukup mengejutkan kalangan media massa di AS serta internasional. Hal ini mengingat Trump dan Bolton selama ini dikenal seiring sejalan, yakni sama-sama bersikap keras soal kebijakan luar negeri AS, yang lebih mengutamakan pendekatan kekuatan ketimbang diplomasi dengan negara-negara seteru, terutama dengan Iran.

Sebelumnya Bolton ditunjuk Trump menjadi penasihat keamanan nasional sejak April 2018. Dengan demikian Trump sudah tiga kali berganti penasihat keamanan nasional, yakni Michael Flynn, HR McMaster, dan John Bolton.