Connect with us

Teknologi

Limited Edition, Sony Rilis Walkman dengan OS Android

Published

on

Sony Walkman NW-A100TPS. (Foto: Sony Corporation)

Geosiar.com, Jerman – Sony Corporation kembali merilis perangkat pemutar musik Walkman edisi khusus dengan teknologi terkini di ajang IFA 2019 di Berlin, Jerman. Perilisan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi Sony ke-40 tahun.

Pada era digital ini, Sony memoles walkman dengan teknologi modern. Perusahaan Jepang ini merakit Walkman seri NW-A100TPS dengan menggunakan sistem operasi Android untuk pengoperasiannya.

Hasilnya, Sony Walkman NW-A100TPS mirip dengan iPod Touch milik Apple. Bedanya, Sony menggunakan sistem operasi Android untuk pengoperasiannya. Selain itu, Walkman ini juga dilengkapi dengan memori internal 16 GB untuk menyimpan lagu.

Tak hanya itu, Sony juga melengkapi fitur seri NW-A100TPS dengan dukungan koneksi Wi-Fi untuk terhubung ke internet. Untuk penampilan fisik, seri NW-A100TPS ini memiliki layar sentuh kecil berukuran 3,6 inci beresolusi HD, dengan baterai yang diklaim mampu bertahan selama 26 jam.

Uniknya, layar ini bisa menampilkan screensaver yang akan membuat Walkman seperti pemutar kaset lawas. Ada juga soft case tambahan yang bisa menambah nuansa nostalgia dengan bentuk Walkman klasik.

Selain itu, Sony Walkman NW-A100TPS menyediakan port jack audio 3,5 mm dan bisa menghubungkan dengan perangkat Bluetooth lainnya, seperti headphone hingga speaker.

Dengan menggunakan perangkat cukup mewah, Sony mematok harga Walkman NW-A100TPS cukup mahal, yaitu sekitar 599 dolar Australia atau sekitar Rp 5,7 juta. Rencananya, Walkman modern ini akan mulai dijual di Australia pada Desember 2019.

Advertisement

Teknologi

Apple Luncurkan iPhone 11, Pro dan Pro Max

Published

on

Peluncuran iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)

Geosiar.com, Teknologi – Apple Inc kembali meluncurkan produk terbaru seri iPhone mereka di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat, Selasa (10/9/2019) pagi waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Adapun seri iPhone yang diperkenalkan adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Seri iPhone 11 ini hadir dalam enam pilihan warna, yakni White, Black, Green, Yellow, Purple dan Red. Sementara itu, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max tersedia dalam pilihan warna Space Grey, Silver, Gold dan Midnight Green.

“Kami fokus kepada teknologi yang penting dan berguna bagi konsumen,” kata CEO Apple, Tim Cook, saat memperkenalkan iPhone 11 dalam acara peluncuran yang disiarkan langsung lewat YouTube.

Sebagai informasi, Singapura menjadi salah satu negara pertama yang akan menjual iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max pada 20 September mendatang. Untuk harga, iPhone 11 64 GB, 128 GB, 256 GB dibandrol seharga SGD 1.149 atau Rp 11,7 juta, SGD 1.219 atau Rp 12,4 juta, dan SGD 1.389 atau Rp 14,1 juta.

Sementara, iPhone 11 Pro 64 GB, 256 GB, 512 GB yakni SGD 1.649 atau Rp 16,8 juta, SGD 1.889 atau Rp 19,2 juta, dan SGD 2.199 atau Rp 22,4 juta.

Sedangkan, iPhone 11 Pro Max 64 GB, 256 GB, 512 GB senilai SGD 1.799 atau Rp 18,3 juta, SGD 2.039 atau Rp 20,8 juta, dan SGD 2.349 atau Rp 23,9 juta.

Continue Reading

Nasional

MA Rilis Aplikasi Persidangan Online ‘e-Litigasi’

Published

on

Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali resmi meluncurkan aplikasi e-Litigasi di Balairung Mahkamah Agung, Senin (19/08/2019). (Foto: dok. Mahkamah Agung)

Geosiar.com, Jakarta – Mahkamah Agung (MA) meluncurkan aplikasi e-Litigasi dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MA ke-74 yang jatuh pada hari ini, Senin (19/8/2019).

Secara simbolik, aplikasi ini diresmikan secara langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali di di Balairung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Ia mengatakan, e-Litigasi dirancang untuk implementasi sistem peradilan secara elektronik.

“Pimpinan Mahkamah Agung telah menyetujui rancangan Peraturan MA yang telah diundangkan sebagai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan secara Elektronik yang mulai pada hari ini tanggal 19 Agustus 2019,” ujar Muhammad Hatta Ali, Senin (19/8/2019).

Adapun peluncuran e-litigasi ini, kata Hatta Ali, merupakan sebagai kelanjutan dari aplikasi “e-court” yang sebelumnya sudah diluncurkan untuk memfasilitasi pelayanan perkara perdata, perdata agama, tata usaha militer, dan tata usaha negara.

Perbedaan antara kedua aplikasi ini sangat nyata, di mana e-court hanya sebatas melayani administrasi perkara, sementara e-litigasi dirancang untuk pelayanan administrasi perkara hingga persidangan.

“e-litigasi dapat digunakan oleh berbagai elemen yang beperkara, mulai dari advokat hingga jaksa,” tambah Hatta Ali.

Dengan diluncurkannya e-Litigasi ini, Hatta Ali berharap bisa menekan waktu dan biaya pelaksanaan proses administrasi hingga persidangan di pengadilan, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

“Kepraktisan dalam e-litigasi menjadikan peradilan lebih sederhana. Pihak yang beperkara juga tidak perlu berlama-lama antre menunggu persidangan yang selama ini dikeluhkan sehingga proses persidangan juga menjadi lebih cepat,” pungkas Hatta Ali.

Dalam penggunaannya, aplikasi e-Litigasi akan melayani mulai dari pendaftaran perkara, pembayaran biaya perkara dan biaya pemanggilan, hingga mekanisme pertukaran dokumen, seperti jawab-jinawab, pembuktian dan penyemaian putusan secara elektronik.

Continue Reading

Kesehatan

RSBP Batam Jadi Pusat Layanan Kesehatan Berbasis Digital

Published

on

Penandatangan kerja sama antara pemerintah Indonesia, BP Batam, dan dClinic untuk pengembangan proyek blockchain terbesar di Asia Tenggara. (Foto: Dokumentasi RSBP Batam dan dClinic)

Geosiar.com, Batam – Rumah Sakit Badan Pengelola (RSBP) Batam, Badan Pengelola (BP Batam), dan dClinic telah resmi menandatangani kontrak kerjasama di bidang layanan kesehatan berbasis digital untuk pengembangan proyek medical blockchain terbesar di Asia Tenggara.

Sejauh ini, RSBP Batam merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang sedang merintis layanan digital medis dengan menggandeng dClinic selaku penyelenggara medical blockchain internasional. Kerjasama ini juga akan mencakup peresmian BMB (Batam Medical Block chain), dan meningkatkan PHB dClinic (Private Healthcare Blockchain) yang akan diselenggarakan di Pusat Data BP Batam.

Direktur RSBP Batam Sigit Riyarto mengatakan bahwa kerjasama dengan dClinic bertujuan untuk memperkenalkan BMB ke seluruh penjuru Indonesia sebagai sarana dan prasarana untuk membantu layanan kesehatan berbasis teknologi.

“Bekerja sama dengan dClinic kami bertujuan untuk memperkenalkan BMB ke Batam dan ke seluruh Indonesia. Kami membantu sistem perawatan kesehatan dan membantu membawa perubahan dalam cara berkomunikasi dan meyakinkan konsumen kami,” kata Sigit Riyarto, Rabu (31/7/2019).

Proyek Blockchain ini bernilai USD 140 juta, dianggap bakal sangat memengaruhi layanan kesehatan terutama bagi penyedia layanan dan kepentingan konsumen. Dalam kerjasamanya, dClinic turut melibatkan Deloitte & Touche Financial Advisory Services Pte Ltd sebagai penasihat utama dalam pengembangan proyek ini.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia merencanakan untuk menciptakan Zona Ekonomi Medis dan Digital di Batam. Adapun alasan Batam dipilih menjadi lokasi pengembangan medical block chain karena dinilai sebagai tempat yang tepat sebagai “Centre of Excellence”.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com