Connect with us

Lifestyle

Posisi Tidur Seperti Ini Bantu Redakan Nyeri Punggung, Baca!

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Nyeri punggung merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Nyeri ini biasanya akibat kebanyakan duduk atau melakukan aktivitas dalam posisi yang sama selama berjam-jam menyebabkan punggung jadi terasa pegal-pegal. Saat punggung terasa nyeri, rasanya badan ikut sakit semua.

Ada sejumlah cara yang dapat dicoba untuk meredakan nyeri punggung. Salah satunya yakni menyesuaikan posisi tidur.

Dikutip dari everydayhealth.com, untuk meredakan nyeri punggung, posisi tidur yang pas yakni tidur telentang dengan kedua tangan berada di sisi tubuh dan posisi kaki agak ditinggikan bisa bantu redkan sakit punggung. Lalu posisi berbaring dan kaki yang agak ditinggikan dengan diganjal bantal atau guling, punggung yang kaku bisa lebih rileks.

Posisi tidur berbaring yang disebut dengan “posisi tentara” ini dipercayai dapat tulang punggung berada dalam posisi netral.

Seorang dokter bedah, Charla R. Fischer, MD, di NYU Langone Health’s Spine Center di New York City menyatakan, posisi ini bisa membantu meredakan pegal-pegal di tubuh. Jika kita mengalami nyeri punggung atau punggung yang pegal-pegal, cobalah tidur dengan posisi telentang ini. Namun bagi yang memiliki kebiasaan mengorok ketika tidur, posisi telentang kurang disarankan karena bisa mengganggu pernapasan.

Pada dasarnya posisi ideal untuk tidur berbeda-beda pada setiap porang. Tergantung kenyamanan dan masalah kesehatan yang dimiliki. Posisi tidur berbaring atau telentang bisa dipilih sebagai salah satu cara untuk bantu atasi nyeri punggung atau sakit punggung. Ada baiknya diimbangi juga dengan melakukan peregangan atau aktivitas olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.