Connect with us

Nasional

Fadli Zon Usul Mobil Dinas Jokowi dengan Esemka

Published

on

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengusulkan agar mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Esemka yang diklaim sebagai mobil nasional.

“Ya kalau gitu Pak Jokowi seperti yang saya bilang waktu itu juga, ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan. Saya kira itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi,” ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Selain Jokowi, Fadli juga menyarankan agar mobil produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) itu dijadikan kendaraan baru untuk para menteri. Hal ini diusulkannya mengingat pemerintah sudah menetapkan anggaran untuk mengganti mobil dinas baru.

“Esemka aja lah,” singkat Fadli.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra itu menyindir terkait asal usul komponen mobil Esemka yang digembor-gemborkan asli milik Indonesia. Dia pun meminta agar pihak Esemka terbuka.

“Saya dengar banyak partikel komponennya itu bukan komponen lokal. Nah itu harus terbukalah transparan. Tapi saya kira kejujuran bahwa itu bukan mobil nasional itu menandakan bahwa ini bukan komponen nasional yang mayoritas,” imbuh Fadli.

“Siapa tahu ini mobil dari China sana dibikin di Indonesia, dirakit kan, siapa tahu gitu. Kalau gitu mah semua orang juga bisa,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jokowi telah meresmikan pabrik mobil Esemka yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) pada Jumat (6/9). Dalam acara itu, Presiden

Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya, menegaskan bahwa Esemka murni perusahaan swasta.