Connect with us

Nasional

Jokowi Yakin Esemka Bakal Laku Keras Rp 95 Juta

Published

on

peresmian pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jumat (6/9/2019) (Tribunnews.com)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Jokowi pun coba menjajal mobil pikap keluaran Esemka.

Didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Jokowi menjajal mobil Esemka di jalur test drive. Sementara Airlangga menyetiri Jokowi.

Mobil itu memutari jalur sekitar 300 meter dan berhenti di depan pabrik Esemka. Jokowi terlihat membuka tutup pintu mobil.

Jokowi menyampaikan mobil ini diberi nama Bima. Mobil pikap ini mempunyai kapasitas silinder 1.200 cc.

“Tadi saya dengan Pak Menperin telah mencoba mobil pikap produksi PT Esemka yang diberi nama Bima. Ini 1.200cc, dari awal saya melihat assembly line, tadi ada finishing line, ada juga pengerjaan mesin, proses-proses di sini, nanti perlu dilihat semuanya,” tutur Jokowi di PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Nasional

Pelindo I Resmi Terdaftar Sebagai Anggota Kadin Sumut

Published

on

Acara seremoni penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Kadin untuk PT Pelindo dan Group di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (18/2/2020). (Foto: Dok/Geosiar.com)

Geosiar.com, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia I atau yang lebih dikenal dengan Pelindo beserta group perusahaannya kini telah resmi tercatat sebagai anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani usai acara seremoni penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) Kadin untuk PT Pelindo dan Group di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Hal ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dengan Kadin Indonesia yang telah ditandatangani pada kesempatan Rapimnas Kadin 2019 dengan tujuan untuk memberdayakan usaha swasta, UMKM dan koperasi, serta mewajibkan perusahaan BUMN menjadi anggota Kadin.

“Ini tentu mempunyai arti strategis dalam kaitan keanggotaan Kadin, karena Undang-undang No 1 Tahun 1987 tentang Kadin telah mengamanahkan di mana Kadin merupakan wadah bagi pengusaha Indonesia di bidang usaha negara, yang meliputi BUMN/BUMD, usaha koperasi dan usaha swasta yang bergerak di bidang perekonomian,” ujar Rosan dalam keterangan pers, Selasa (18/2/2020).

Menurut Rosan, baik UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN maupun UU No 1 Tahun 1987 tentang Kadin, sama-sama mengakui bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), usaha koperasi dan usaha swasta merupakan tiga aktor utama penggerak perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, ketiganya harus bergerak menuju satu tujuan yang sama, yakni menyelenggarakan perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena BUMN, koperasi dan swasta harus bersinergi dan saling mendukung agar mereka dapat menjalankan dan mengembangkan demokrasi ekonomi secara sinergis. BUMN terutama harus menjadi pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati oleh usaha swasta dan membantu pengembangan UMKM dan koperasi,” imbuh Rosan.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No 17 Tahun 2010 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Kadin, adapun anggota Kadin terdiri dari Anggota Biasa yakni pengusaha atau perusahaan (Usaha Milik Negara/ BUMN/BUMD, usaha swasta, dan usaha koperasi). Kemudian, Anggota Luar Biasa yaitu organisasi perusahaan (Asosiasi/Gabungan/Ikatan/ Perkumpulan Perusahaan) dan organisasi pengusaha (Himpunan/Dewan Bisnis/Perkumpulan Pengusaha). Pada Pasal 4 ART Kadin juga ditetapkan bahwa setiap pengusaha Indonesia serta organisasi perusahaan dan organisasi pengusaha harus menjadi anggota Kadin dengan kewajiban mendaftar pada Kadin.

“Kami sangat mengapresiasi kepada PT Pelindo I dan Group perusahaannya yang telah mendaftar sebagai anggota Kadin. Kami harap langkah ini akan mendorong BUMN dan BUMD lainnya untuk mengikuti jejak PT Pelindo I sehingga tercipta Kadin yang kuat dan dapat memainkan perannya sebagai mitra pemerintah. Dengan demikian, amanah UU No 1 Tahun 1987 terwujud secara nyata dan sekaligus akan memperkuat Kadin sebagai wadah terhimpunnya dunia usaha,” pungkas Rosan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Logistik dan Supply Chain Kadin Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM, yang hadir pada acara tersebut, sangat mengapresiasi langkah Pelindo I untuk bergabung dengan Kadin Indonesia. Sebab dengan terdaftarnya Pelindo sebagai anggota Kadin, tentu bisa menjadi pelopor bagi perusahaan, pengusaha, bahkan BUMN/BUMD lain.

“Dengan adanya Pelindo I di jajaran Kadin Indonesia, nantinya bisa menjadi acuan bagi perusahaan atau pengusaha lain, bahkan BUMN dan BUMD agar segera merapat menjadi anggota. Kerjasama ini nantinya juga akan berdampak pada kemajuan perekonomian di Indonesia, di mana bisa memaksimalkan sinergitas dengan para pengusaha lokal maupun luar negeri,” imbuh Hendrik yang juga Ketua DPD Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatera ini.

Adapun PT Pelindo I dan anak perusahaan yang terdaftar di Kadin Indonesia yaitu PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Prima Indonesia Logistik, PT Prima Pengembangan Kawasan, serta PT Prima Husada Cipta Medan, yang telah menjadi anggota Kadin terhitung sejak Januari 2020.

Sebagai informasi, keanggotaan Kadin akan disesuaikan dengan domisili perusahaan/asosiasi/gabungan/himpunan. Dengan demikian, keanggotaan Kadin PT Pelindo I tercatat di Kadin Sumatera Utara.

Continue Reading

Nasional

KPU Berharap Pengganti Wahyu Setiawan Segera Dilantik

Published

on

eks komisioner KPU Wahyu Setiawan

Geosiar.com, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU Evi Novida Manik berharap agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera melantik pengganti eks komisioner KPU Wahyu Setiawan, yaitu I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

“Kami berharap ya, tentu presiden segera melakukan pelantikan pengganti anggota KPU,” tutur Evi di kantornya pada Selasa (18/2/2020).

Evi menjelaskan, apabila komisioner KPU lengkap berjumlah 7 orang, maka kerja di lembaganya juga bakal lebih optimal karena semua divisi dan bidang sudah terisi.

“Sekarang ini kan divisinya pak Wahyu terpaksa diambil alih oleh wakil divisi. Nah sementara wakil divisi kan tentu dia juga mengampu divisi yang lain,” tuturnya.

Oleh karenanya, dirinya berharap agar Presiden bisa segera melantik pengganti Wahyu supaya kerjaan KPU berjalan optimal.

“Apalagi kami akan menghadapi pilkada, yang dalam pengendalian lengkap, pengambilan keputusan akan lebih baik,” tutur Evi.

Wahyu telah mundur dari jabatannya setelah ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dalam perkara penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih 2019-2024. Posisinya pun digantikan oleh I Dewa Raka Sandi yang merupakan Anggota Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bali.

Pengganti Wahyu tidak dipilih melalui proses fit and proper test di DPR sebagaimana proses pemilihan tujuh komisioner KPU sebelumnya, melainkan otomatis diganti oleh calon komisioner dengan perolehan suara terbanyak berikutnya atau ke-8 dalam proses seleksi 2017.

Continue Reading

Nasional

Menlu: 3 WNI di Kapal Diamond Princess Terinfeksi Corona

Published

on

Kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina berlabuh pada Sabtu (15/2/2020 di Yokohama, Jepang. (AP Photo/Jae C. Hong)

Geosiar.com, Jakarta – Tiga orang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess dikonfirmasi terinfeksi virus Corona Covid-19. Kabar itu dibenarkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

“Berdasarkan komunikasi terakhir dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, diperoleh info bahwa tiga dari 78 WNI yang menjadi kru kapal dinyatakan terkonfirmasi (terinfeksi virus Corona Covid-19),” tutur Retno kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Ketiga WNI tersebut merupakan bagian dari total 446 orang yang saat ini dinyatakan terinfeksi virus mematikan asal Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.

“Total orang yang ada di dalam kapal tersebut jumlahnya adalah 3.711, yang terdiri dari 2.666 penumpang, sementara kru 1.045 dari 56 negara,” ungkapnya.

Menurut Retno, dua WNI yang terinfeksi sudah dibawa ke rumah sakit di kota Chiba, sedangkan satu lainnya sedang menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit.

“Sehingga per detik ini saya belum dapat menyampaikan satu WNI itu dibawa ke rumah sakit mana,” jelasnya.

Untuk memantau kelayakan penanganan pasien, lanjut Retno, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Tokyo kini telah berada di Chiba. KBRI juga terus melakukan komunikasi dengan para WNI yang menjadi kru di dalam kapal.

“Kemarin saya melakukan komunikasi per telepon dengan kru kita, WNI kita yang jadi kru di kapal tersebut. Kita sampaikan mengenai perhatian pemerintah yang besar termasuk menyampaikan pembicaraan yang terus kita lakukan dengan otoritas Jepang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kapal pesiar Diamond Princess dikarantina sudah hampir dua minggu di pelabuhan Yokohama, Jepang usai ditemukannya COVID-19 pada penumpang yang turun di Hong Kong.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com