Connect with us

Nasional

Seluruh Menteri Dilarang Bicara Soal Papua, Kecuali Menko Polhukam

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Seluruh menteri Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilarang untuk membuat pernyataan mengenai kondisi Papua dan Papua Barat, kecuali Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengatakan, semua informasi terkait Papua hanya akan disampaikan oleh Menko Polhukam Wiranto.

“Urusan Papua sudah ditunjuk langsung Menko Polhukam. Semua menteri enggak boleh bicara,” ujar Tjahjo saat ditemui di Kantor Lemhanas, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Namun, Tjahjo tidak menjelaskan lebih lanjut terkait siapa yang melarang dan apa alasan para menteri tidak diperbolehkan bicara soal Papua. Tjahjo hanya memastikan bahwa pemerintahan daerah di Papua dan Papua Barat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Semua berjalan, semua pelayanan masyarakat. Saya, tugas saya hanya setiap hari menelepon gubernur, bupati, wali kota agar layanan masyarakat itu jalan, sekecil apapun,” lanjut politikus PDIP itu.

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto mengklaim bahwa situasi Papua dan Papua Barat telah kembali normal pasca gelombang unjuk rasa serta aksi kerusuhan pecah di sejumlah kota pada dua provinsi tersebut akibat ujaran rasial di Asrama Mahasiswa Papua Surabaya.