FIFA Rilis Logo Piala Dunia 2022

by

Geosiar.com, Olahraga – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) secara resmi merilis logo Piala Dunia 2022. Peluncuran logo Piala Dunia 2022 ini dilakukan di Doha, Qatar pada Selasa (3/9/2019) malam waktu setempat.

Ribuan penonton pun turut menyaksikan perilisan logo tersebut. Selain di Qatar, sejumlah kota besar di belahan dunia juga ikut merayakan peluncuran logo Piala Dunia 2022. Gambar logo ini dipajang di lokasi terkenal, seperti papan iklan di Buenos Aires, London, Johannesburg, Madrid, hingga Seoul.

Mengikuti lokasi penyelenggaraannya, logo tersebut kental dengan nuansa Arab dan bermakna sangat dalam. Logo tersebut diproyeksikan ke sejumlah bangunan ikonik di Qatar, seperti Burj Doha dan Katara Cultural Village Amphitheatre.

“Kurva menukik dari lambang ini mewakili undulasi bukit pasir gurun dan loop yang tak terputus, digambarkan dalam angka delapan. Angka tersebut juga menandakan dari delapan venue stadion penyelenggara, serta simbol tak terbatas, mencerminkan sifat saling berhubungan dari perhelatan ini,” demikian pernyataan FIFA di situs resminya.

Jika dilihat dari tampilannya, logo Piala Dunia 2022 ini berbentuk angka delapan yang mewakili jumlah stadion yang akan dipakai selama turnamen. Selain itu, logo ini juga menyerupai bentuk trofi Piala Dunia.

“Desain simbol menjadi pengejawantahan visi dari event yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia, juga menampilkan unsur-unsur yang mencolok dari budaya lokal dan regional Arab dan juga jadi kiasan untuk permainan yang indah,” demikian bunyi pernyataan FIFA di situs resminya.

Sebagai informasi, Piala Dunia kali ini akan digelar untuk pertama kalinya di musim dingin mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. Sebelumnya, FIFA selalu menyelenggarakan ajang 5 tahunan ini pada musim panas antara Juni-Juli.