Connect with us

Nasional

Jokowi Tak Kunjung ke Papua, Moeldoko: Bekerja Ada Hierarkinya

Published

on

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko. (Foto: dok. setkab)

Geosiar.com, Jakarta – Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, mengungkapkan alasan mengapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak kunjung datang ke Papua. Moeldoko mengatakan kalau bekerja itu ada hierarkinya.

Sebagai seorang Presiden, jelas Moeldoko, Jokowi tidak dapat langsung mengintervensi masalah di Papua, sebab masih ada menteri dan pejabat terkait yang memiliki tugas untuk menangani konflik di wilayah tersebut.

“Ya kan bekerja itu ada hierarkinya, gitu loh. Jadi makanya di militer itu ada komandan batalyon, komandan brigade, Panglima, ada KSAD,” ujar Moeldoko di Kantor KSP, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).

Menurut Moeldoko, Indonesia mempunyai instansi dan pejabat terkait yang dibebani tugas untuk menangani masalah di Papua, seperti TNI dan Polri. Oleh karena itu, ia mengimbau supaya masyarakat mempercayakan penanganan konflik di Papua yang tengah dilakukan oleh aparat.

“Jadi kalau situasi itu, harus Presiden langsung ke sana, pekerjaan yang di bawah gimana? Jadi komando ini harus dibangun, jadi semua agar berpikir keras untuk mengatasi (masalah) di level jabatan masing-masing begitu,” tandas Moeldoko.

Seperti diketahui, beberapa hari belakangan ini, situasi Papua dan Papua Barat tidak kondusif. Sejumlah personel gabungan TNI-Polri juga sudah disiagakan untuk mengamankan wilayah konflik itu. Bahkan, Kapolri dan Panglima TNI akan berkantor selama beberapa hari untuk memastikan situasi di sana.

Tak ketinggalan, Presiden Jokowi juga memastikan bakal mengunjungi Papua pada awal September untuk menindaklanjuti penanganan kerusuhan di sana. Kunjungan itu juga sekaligus untuk meresmikan jembatan di sana. Namun, hingga hari ini belum ada pertanda kunjungan Jokowi ke Papua.