Connect with us

Sumut

AMSS Demo di Acara Pelantikan Anggota DPRD Pematangsiantar

Published

on

Aksi mahasiswa di luar Gedung DPRD Pematangsiantar (Hetanews.com)

Geosiar.com, Simalungun – Puluhan mahasiswa dan mahasiswi Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun mengadakan aksi demo saat pelantikan anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024, Senin (2/9/2019).

Kumpulan mahasiswa dari PMKRI, GMKI, PMII, KUPIKIR dan Gampar yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Siantar Simalungun (AMSS) dihalau aparat kepolisian dengan menutup pintu gerbang aksi ke acara pelantikan di Gedung Dewan, Jalan H Adam Malik Pematangsiantar.

Koordinator aksi, Gading Simangunsong meminta kepada polisi agar mengizinkan masuk untuk menyampaikan aspirasi untuk pembangunan daerah kedepan yang lebih baik.

Akan tetapi pihak keamanan menolak, sehingga terjadilah perdebatan, dorong-dorongan dan dua di antaranya diamankan ke Mako Polres Pematangsiantar untuk antisipasi.

AMSS aksi menyampaikan kesiapan pihaknya berkoordinasi dengan anggota DPRD untuk bersama-sama mengawal kebijakan Eksekutif di daerah itu.

Menurut mereka, anggota DPRD lama (periode 2014-2019) tidak optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya pada tata kelola pemerintahan di kota “Sapangambei Manoktok Hite”.

“Makanya kami berkumpul secara sukarela dan independen menuntut anggota DPRD yang baru supaya bekerja secara optimal,” ujar Gading.