Connect with us

Politik

Jokowi Diingatkan Kembali Terkait Capim KPK Bermasalah

Published

on

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana

Geosiar.com, Jakarta – Koalisi Kawal Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau capim KPK mengingatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali agar mendengar masukan soal seleksi capim KPK.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana, yang tergabung dalam koalisi tersebut, menyampaikan pihaknya memang telah merasa pesimistis dari awal proses seleksi dilakukan hingga ketika anggota panitia seleksi disahkan.

“Sedari awal kami sudah pesimistis ketika melihat komposisi Pansel pimpinan KPK bahwa mereka bisa menghasilkan pimpinan yang benar-benar kredibel, profesional, dan memenuhi ekspektasi publik,” ujar Kurnia, Sabtu (31/8/2019).

Kurnia menyatakan, sudah banyak tokoh publik yang ikut bersuara mengenai adanya nama-nama yang diduga bermasalah yang masuk 20 besar seleksi capim KPK. Ia menyebutkan nama-nama seperti Sinta Nuriyah Wahid, Said Aqil, Ahmad Syafii Maarif, Romo Magnis, Romo Benni, dan Mahfud MD.

“Mereka semua yang mengingatkan presiden agar meletakkan isu integritas sebagai indikator utama penilaian,” tandas Kurnia.

Seperti diketahui, Pansel bakal memberikan 10 nama capim KPK kepada Jokowi pada 2 September 2019. Dari 10 nama itu, ada lima nama yang akan dipilih dan disetujui Komisi Hukum DPR.