Connect with us

Dunia

Uji Coba Rudal ke-7 Korut Landas di Laut Jepang

Published

on

Ilustrasi Rudal Korea Utara.

Geosiar.com, Seoul – Militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Jepang pada Sabtu (24/8/2019) pagi. Rudal itu menjelajah sekitar 380 kilometer dengan ketinggian 97 km serta melaju dengan kecepatan tertingginya 6,5 mach atau sekitar 8.026 km/jam sebelum jatuh ke Laut Jepang.

“Korea Utara meluncurkan proyektil tidak dikenal dua kali pagi ini dari daerah Sunduk, selatan provinsi Hamkyeng ke laut timur Sabtu,” demikian pernyataan pejabat militer Korsel, dilansir dari Fox News, Sabtu (24/8/2019).

Menurut pejabat militer Korsel, penembakan rudal balistik ini merupakan kali ketujuh dalam dua bulan terakhir. Oleh karena itu, militer Korsel memastikan akan tetap memantau jika ada peluncuran rudal tambahan oleh Korut.

“Militer kami memonitor situasi dengan seksama jika ada peluncuran tambahan dengan tetap mempertahankan postur kesiapan,” tegasnya.

Sebelumnya, uji coba rudal ini sebagai bentuk protes Korut terhadap latihan perang Amerika Serikat (AS)-Korea Selatan (Korsel) beberapa waktu lalu, yang dinilai sebagai latihan invasi.

Kali ini, peluncuran rudal itu terjadi sehari setelah Korsel menarik diri dari Perjanjian Keamanan Umum mengenai Informasi Militer (GSOMIA), pakta berbagi informasi intelijen kunci dengan Jepang.