Connect with us

Dunia

Uji Coba Rudal ke-7 Korut Landas di Laut Jepang

Published

on

Ilustrasi Rudal Korea Utara.

Geosiar.com, Seoul – Militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Jepang pada Sabtu (24/8/2019) pagi. Rudal itu menjelajah sekitar 380 kilometer dengan ketinggian 97 km serta melaju dengan kecepatan tertingginya 6,5 mach atau sekitar 8.026 km/jam sebelum jatuh ke Laut Jepang.

“Korea Utara meluncurkan proyektil tidak dikenal dua kali pagi ini dari daerah Sunduk, selatan provinsi Hamkyeng ke laut timur Sabtu,” demikian pernyataan pejabat militer Korsel, dilansir dari Fox News, Sabtu (24/8/2019).

Menurut pejabat militer Korsel, penembakan rudal balistik ini merupakan kali ketujuh dalam dua bulan terakhir. Oleh karena itu, militer Korsel memastikan akan tetap memantau jika ada peluncuran rudal tambahan oleh Korut.

“Militer kami memonitor situasi dengan seksama jika ada peluncuran tambahan dengan tetap mempertahankan postur kesiapan,” tegasnya.

Sebelumnya, uji coba rudal ini sebagai bentuk protes Korut terhadap latihan perang Amerika Serikat (AS)-Korea Selatan (Korsel) beberapa waktu lalu, yang dinilai sebagai latihan invasi.

Kali ini, peluncuran rudal itu terjadi sehari setelah Korsel menarik diri dari Perjanjian Keamanan Umum mengenai Informasi Militer (GSOMIA), pakta berbagi informasi intelijen kunci dengan Jepang.

Dunia

Israel dan Militan Gaza Sepakat Gencatan Senjata

Published

on

Roket ditembakkan dari Gaza ke Israel, Selasa (12/11/2019) waktu setempat. [Foto: Reuters/Mohammed Salem]

Geosiar.com, Gaza – Israel dan militan Jihad Islam yang bersarang di Jalur Gaza telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata. Juru bicara Jihad Islam, Musab Al-Braim mengatakan gencatan senjata sudah dimulai sejak Kamis (14/11/2019) subuh.

Gencatan senjata ini ditawarkan oleh Jihad Islam melalui mediasi Mesir. Kendati demikian, belum ada pernyataan resmi dari Israel terkait gencatan senjata ini. Israel hanya akan menyepakati gencatan senjata bila Jihad Islam juga berhenti menembakkan roket.

“Gencatan senjata dimulai atas sponsor Mesir setelah Penjajah (Israel) setujui syarat yang diajukan Jihad Islam sebagai faksi perlawanan Palestina,” tutur Jubir Jihad Islam, Al-Braim, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (14/11/2019).

Dalam kesepakatan itu, pemimpin Jihad Islam, Zeyad al-Nakhala dari Beirut, Lebanon, menyebutkan sejumlah syarat gencatan senjata, di antaranya menghentikan serangan ke lokasi milisi Gaza dan melonggarkan blokade di wilayah Gaza.

Seperti diketahui, Israel dan kelompok militan Gaza saling berbalas tembakan roket ke masing-masing wilayah musuh. Dalam serangan ini, pasukan Israel berhasil membunuh komandan Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam, Bahaa Abu Al-Atta, pada Selasa lalu.

Serangan dari Israel ini sebenarnya mengincar lokasi milisi Jihad Islam, namun sebagian dari 32 korban tewas merupakan warga sipil. Berdasarkan pantauan Reuters, situasi Gaza kini kembali tenang usai gencatan senjata diteken. Hingga matahari terbit, tidak terdengar lagi letupan senjata.

Continue Reading

Dunia

Netanyahu Ancam Jihad Islam: Setop Serangan atau Hancur!

Published

on

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. [Foto: CNN]

Geosiar.com, Tel Aviv – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, meminta militan Jihad Islam di Gaza untuk segera menghentikan serangan roket ke wilayah Israel. Jika tidak, Netanyahu mengancam akan meningkatkan gempuran ke jalur Gaza.

Dilansir dari Al Arabiya, Kamis (14/11/2019), ancaman ini disampaikannya ditengah meningkatnya intensitas serangan balasan, sebagai dampak atas tewasnya kematian komandan lapangan Jihad Islam, Baha Abu Al-Atta dalam serangan terarah oleh pasukan Israel, Selasa (12/11) lalu.

“Mereka punya satu pilihan, untuk menghentikan serangan ini atau menghadapi lebih banyak dan lebih banyak serangan. Pilihan ada di tangan mereka,” ujar Netanyahu pada pertemuan kabinet khusus di Yerusalem pada Rabu (13/11) waktu setempat, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Netanyahu meyakini militan Jihad Islam mulai mendapatkan pesan bahwa Israel akan mempertahankan diri ditengah serangan balik dari militan Palestina itu. Menurutnya, kelompok radikal itu keliru jika berharap bahwa serangan roket mereka dapat melemahkan tekad Israel.

“Mereka mengerti bahwa kami akan terus memukul mereka tanpa ampun dan kami bertekad untuk mempertahankan diri. Siapa pun yang berniat untuk menyakiti Israel tidak akan pernah aman,” pungkas Netanyahu.

Seperti diketahui, jalur Gaza kembali diserang oleh pasukan Israel yang menargetkan posisi-posisi militan Jihad Islam sejak Selasa (12/11) pagi waktu setempat. Akibatnya, 26 orang dikabarkan tewas termasuk komandan lapangan Jihad Islam, Baha Abu Al-Atta.

Gempuran itu lantas mendapatkan balasan dari militan Palestina yang mengarahkan serangan ke wilayah Israel bagian selatan. Militer Israel mengklaim sekitar 220 roket ditembakkan dari Gaza ke wilayahnya.

Continue Reading

Dunia

Serangan Balasan Israel ke Jalur Gaza Tewaskan 10 Orang

Published

on

Gempuran udara Israel di Gaza menewaskan komandan senior militan Jihad Islam. [Foto: AP Photo/Hatem Moussa]

Geosiar.com, Gaza – Jalur Gaza kembali dibombardir pasukan Israel lewat serangan udara pada Selasa (12/11/2019) dini hari waktu setempat. Dilaporkan 10 orang tewas akibat serangan tersebut.

Dikutip dari AFP, Rabu (13/11/2019), Kementerian Kesehatan Gaza mencatat selain korban tewas ada lebih dari 40 orang korban luka-luka. Serangan itu diketahui menargetkan komandan kelompok militan Palestina, Jihad Islam yang bernama Bahaa Abu el-Atta (41) dan istrinya.

“Sebuah bangunan di Jalur Gaza, di mana pemimpin Jihad Islam, Baha Abu Al-Ata tinggal, telah diserang,” tutur militer Israel dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP.

Serangan udara terarah yang dilancarkan Israel itu memicu rentetan serangan balasan menggunakan hampir 200 roket yang ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel. Rentetan roket itu dibalas kembali oleh gempuran udara Israel ke Gaza.

Otoritas Israel menargetkan serangan udara ke posisi militan Jihad Islam (Islamic Jihad) dan unit peluncur roket di Gaza disebabkan
Abu el-Atta bertanggung jawab atas serangkaian serangan roket ke wilayahnya. Israel mengklaim Abu el-Atta sedang mempersiapkan serangan lebih lanjut.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com