Connect with us

Nasional

Moeldoko Soal Kabinet Baru Jokowi: Banyak Menteri Perempuan

Published

on

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: KOMPAS.com/GHINAN SALMAN)

Geosiar.com, Jakarta – Kebanggaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada menteri perempuan di kabinet kerja periode 2014-2019 sepertinya akan berlanjut ke periode selanjutnya. Pasalnya, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan, menteri kabinet baru Jokowi lima tahun ke depan juga akan dipenuhi kaum perempuan.

“Pasti itu jadi pertimbangan. Tapi aku nggak ngerti komposisinya ya. Tapi faktor itu pasti,” tutur Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Disebutkan Moeldoko, keterwakilan perempuan juga akan menjadi fokus Jokowi di periode kedua pemerintahannya. Hal ini disebutnya sebagai keseimbangan gender.

“Keseimbangan gender istilahnya,” ujarnya.

Dalam periode 2014-2019, jumlah menteri perempuan Jokowi-Jusuf Kalla sebanyak delapan orang, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Kemudian, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise.