Connect with us

Nasional

Kerap Rusak, Jokowi akan Pakai Mobil Dinas Baru

Published

on

Mobil Presiden dan Wakil Presiden

Geoisar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam waktu dekat ini akan menaiki kendaraan dinas baru. Diketahui, mobil dinas yang selama ini ditunggangi Jokowi sudah tidak layak pakai untuk seorang Presiden.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan, Mercedes-Benz S600 Guard yang dipakai sering rusak.

Pihak Istana mengaku bukannya tak mau memperbaikinya, akan tetapi kondisi kerusakan pada mobil itu dikatakan parah. Hal itulah yang membuat pemerintah mesti segera mengganti kendaraan dinas orang nomor satu di Indonesia itu.

“Dari pihak pabrikannya sudah berkali-kali memberitahu, memberi nasehat kalau terjadi sesuatu, sulit diperbaiki,” kata Heru di Jakarta.

Mobil dinas Jokowi kerap kedapatan bermasalah. Di sela-sela kunjungan kerja, mobil sempat mogok dua kali. Kondisi mobilpun diakui sudah tidak nyaman. Sebelumny juga pernah dikeluhkan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Maklum, mobil dinas Jokowi saat ini merupakan warisan dari SBY sejak tahun 2008.

SBY dikabarkan sempat meminjam satu dari tujuh mobil kepresidenan, padahal masa jabatannya sudah usai. Mobil pun dikembalikan pihak SBY ke Istana pada Maret 2017.

“Sebenarnya mobil keras yang disediakan negara tersebut sangat jarang saya gunakan. Terakhir kali saya naiki bulan September 2016 dan waktu itu baru saya gunakan sekitar 20 menit langsung rusak,” tandas SBY di pertengahan Maret 2017.

Kini ini ada dua kandidat mobil dinas baru untuk Jokowi. Keduanya sama-sama berasal dari Jerman, yaitu BMW dan Mercedes-Benz. Mercedes-Benz masih menawarkan mobil di teramannya di berupa S-Class tanpa menyebutkan modelnya secara pasti, sementara BMW menyodorkan seri-7 Security Vehicle F02.

Nasional

Airlangga Serahkan Draft Omnibus Law ke Jokowi Senin Depan

Published

on

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono. [Foto: @PerekonomianRI/Twitter]

Geosiar.com, Jakarta – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menginformasikan pihaknya telah merampungkan draft RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja secara substansi.

Draft itu rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 27 Januari 2020 atau senin depan.

“Senin pagi atau siang, Pak Menko dan Menkumham akan lapor ke Pak Presiden secara resmi, ini kira-kira draftnya, ini kira-kira naskah akademisnya,” kata Susi di Kemenko Perekonomian, dikutip dari detikcom, Jumat (24/1/2020).

Pada waktu yang sama juga akan digelar rapat di kantor Presiden untuk membahas draft RUU tersebut sekaligus meminta paraf para menteri terkait. Setelahnya, presiden akan menandatangani surat presiden (Surpres) untuk kemudian diserahkan kepada Ketua DPR RI.

“Mudah-mudahan bisa cepat prosesnya. Kalau sudah diparaf semuanya tinggal nanti adalah bagaimana Bapak Presiden menandatangani Surpres (surat presiden) dari Bapak Presiden kepada Ketua DPR RI,” jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan Surpres bisa diserahkan ke DPR selambat-lambatnya akhir pekan depan, termasuk di dalamnya draft dan naskah akademis RUU Cipta Lapangan Kerja.

“Kapan pastinya? kita lihat. Kalau Senin nanti kita bisa laporkan Presiden bisa selesai, akan ada rapat atau ratas, selesai pemarafan, ya paling tidak pertengahan akhir minggu depan sudah akan jadi Surpres-nya, kita ke DPR,” imbuhnya.

Apabila surpres sudah keluar, kata Susiwijono, maka pihaknya bakalan membagikannya ke publik. Pernyataan itu sekaligus menegaskan bahwa draft yang sudah beredar belakangan waktu ini bukanlah dari pemerintah.

Continue Reading

Nasional

Polri Bentuk Satgas Pengamanan Imlek 2020

Published

on

Kapolri menyambangi kantor Kompolnas, Jumat (24/1/2020). [Foto: IDN Times/Axel Jo Harianja]

Geosiar.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengamankan perayaan Imlek 2020 pada setiap daerah di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan Imlek kita sudah bentuk satgas di seluruh polda yang menurut pertimbangan kita itu sangat banyak rekan-rekan warga yang akan merayakan,” tutur Kapolri Idham Azis di kantor Kompolnas, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Kapolri menyebut, satgas tersebut akan disiagakan di setiap daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Imlek. Satgas akan dipimpin langsung oleh Kapolda masing-masing daerah.

“Contohnya Medan, Kalbar, Jakarta, Surabaya, Makassar dan semuanya sudah dipimpin langsung oleh kapoldanya untuk melakukan pengamanan. Kalau di Mabes langsung dikendalikan oleh Askop Kapolri ya,” jelas Kapolri.

Sementara itu, Polda Kepulauan Riau (Kepri) sebelumnya mengatakan sudah menyiapkan sekitar 1.327 personel gabungan Polri-TNI untuk mengamankan perayaan Imlek.

“Di seluruh wilayah Kepri ada 153 kegiatan ibadah di 121 vihara atau kelenteng. Pengamanan Imlek ini, selain personel Polri, juga TNI dan stakeholder terkait,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt dikutip dari detikcom, Kamis (23/1).

Continue Reading

Ekonomi

Jelang Imlek, Harga Emas Antam Turun Rp 4.000

Published

on

Ilustrasi Emas Antam.

Geosiar.com, Jakarta – Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) mengalami penurunan sebesar Rp 4.000 menjelang libur Imlek 2020. Hari ini, Jumat (24/1), emas antam dibandrol Rp 768.000 per gram. Begitu pula dengan harga jual atau pembelian kembali (buy back) yang juga anjlok Rp 3.000 tercatat di angka Rp 683.000 per gram.

Setiap transaksi akan dikenakan potongan pajak sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017. Penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari Rp10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan tiga persen untuk non-NPWP). PPh 22 atas transaksi buy back dipotong langsung dari total nilai buy back.

Sementara itu, potongan pajak harga beli emas batangan akan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Berikut harga pecahan emas batangan tercatat di Logam Mulia Antam :
Pecahan 0,5 gram : Rp408.500
Pecahan 1 gram : Rp768.000
Pecahan 2 gram : Rp1.485.000
Pecahan 3 gram : Rp2.206.000
Pecahan 5 gram : Rp3.660.000
Pecahan 10 gram : Rp7.255.000
Pecahan 25 gram : Rp18.030.000
Pecahan 50 gram : Rp35.985.000
Pecahan 100 gram : Rp71.900.000
Pecahan 250 gram : Rp179.500.000
Pecahan 500 gram : Rp358.800.000
Pecahan 1.000 gram : Rp717.600.000

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com