Connect with us

Dunia

Brasil Kritik Usulan Presiden Prancis Soal Kebakaran Amazon

Published

on

Kondisi hutan Amazon yang mengalami kebakaran parah, Kamis (22/8/2019). (Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino)

Geosiar.com, Brasil – Pemerintah Brasil mengkritik usulan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang ingin membawa persoalan kebakaran hutan Amazon di forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara G7. Kritikan itu disampaikan oleh Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Sebelumnya, usulan terkait kebakaran hutan Amazon disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam sebuah kicauan di akun Twitter miliknya @EmmanuelMacron, Jumat (23/8/2019) pukul 2.15 dinihari.

“Rumah kita sedang terbakar. Hutan hujan Amazon – paru-paru yang memproduksi 20% oksigen di planet kita – sedang terbakar,” tulis Macron dalam sebuah cuitan di Twitter.

Atas dasar itu, Macron pun mengklaim kebakaran yang mencapai tingkat rekor di hutan hujan Amazon sebagai ‘krisis internasional’ yang harus menjadi agenda prioritas di KTT G7.

“Ini merupakan krisis internasional. Para anggota KTT G7, mari kita diskusikan kondisi darurat ini pertama-tama dalam dua hari!” tutup dia.

Menanggapi usulan itu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro meradang. Ia bahkan menuduh Presiden Prancis itu menggunakan masalah domestik Brasil untuk tujuan politik pribadi. Sebab, membicarakan topik tersebut di KTT G7, di mana Brasil bukan merupakan anggota KTT.

“Saran presiden Prancis untuk mendiskusikan masalah Amazon di G7 tanpa partisipasi negara yang terlibat mengesankan pola pikir penjajah yang salah tempat, yang tidak cocok dengan abad 21,” tulis Bolsonaro di akun Twitter @jairbolsonaro, Jumat (23/8/2019) pukul 5.36 dinihari.

Selain itu, Bolsonaro juga mengatakan jika Macron terlalu membesar-besarkan masalah ini, termasuk dengan menggunakan gambar palsu. Sebelumnya, sang presiden telah menuding bahwa LSM mungkin telah menyulut api di hutan Amazon sebagai aksi balas dendam kepada pemerintah yang memangkas pendanaan mereka.

Dunia

Pertemuan Trump dengan Pimpinan Facebook Mark Zuckerberg Berjalan Baik

Published

on

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Pimpinan Facebook Mark Zuckerberg di Gedung Putih, Kamis (19/9/2019)

Geosiar.com, Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Pimpinan Facebook Mark Zuckerberg di Gedung Putih, Kamis (19/9/2019). Pertemuan tersebut berjalan dengan baik dan konstruktif, seperti dikatakan dalam pernyataan perusahaan media sosial itu.

“Mark sedang berada di Washington D.C., bertemu dengan para pembuat kebijakan untuk mendengar apa yang menjadi perhatian mereka dan berbicara tentang regulasi internet di masa depan. Dia juga telah melakukan pertemuan dengan Presiden Trump yang berjalan dengan baik dan konstruktif di Gedung Putih hari ini,” demikian kata pernyataan dari Facebook.

Presiden AS Donald Trump dalam cuitannya di Twitter mengatakan bahwa pertemuannya dengan Mark Zuckerberg berjalan baik. Dia juga mengunggah gambar dirinya yang sedang berjabat tangan dengan Zuckerberg di Kantor Oval.

Continue Reading

Dunia

Buruh Tikam Sopir Traktor Hingga Tewas Akibat Piutang

Published

on

ilustrasi

Geosiar.com, Malaysia – Dua warga Indonesia berkelahi di Perkebunan Tulid Mas, Beluran, Malaysia karena persoalan utang piutang. Akibatnya, salah satunya tewas usai ditikam.

Dilansir dari Daily Express, Jumat (20/9/2019), korban tewas dilaporkan adalah seorang pengemudi traktor berusia 37 tahun. Sementara pelakunya adalah seorang buruh sesama WNI.

Berdasarkan laporan kepolisian, pengemudi itu datang ke tempat kerjanya pada pukul 05.50 waktu setempat. Di sana para buruh sudah menunggu untuk melakukan absen.

Korban diketahui membawa sebuah tongkat besi dan langsung memukul salah satu buruh akibat memiliki masalah utang piutang. Buruh tersebut tidak melawan dan hanya melindungi dirinya dengan menggunakan lengannya.

Para buruh lain yang ada di lokasi kejadian pun berusaha untuk segera melerai keduanya.

Kepala kepolisian daerah setempat, Kasim Muda, mengatakan polisi menerima laporan adanya seorang karyawan yang terluka di bagian perut setelah ditusuk oleh buruh tersebut.

“Seorang pekerja memisahkan pengemudi tersebut dan melihat bahwa darah keluar dari perutnya,” katanya.

Usai kejadian, pekerja itu diberitahu atasannya untuk menemukan seorang karyawan yang ditusuk, dan tidak membiarkannya meninggalkan lokasi kejadian hingga polisi tiba.

Awalnya pengemudi itu dibawa ke klinik Telupid, selanjutnya dirujuk ke rumah sakit Duchess of Kent di kota Sandakan. Akan tetapi, tidak lama kemudian korban dinyatakan meninggal dunia.

Setelah insiden ini, polisi langsung menangkap pelaku dan membawanya untuk diperiksa. Polisi juga menyita barang bukti berupa sebuah pisau dapur, tongkat besi, dan barang lain dari lokasi kejadian.

Continue Reading

Dunia

Tertawa Terlalu Keras, Rahang Perempuan di Cina Tersangkut

Published

on

Rahang penumpang kereta di Cina tersangkut karena tertawa terlalu keras

Geosiar.com, Cina – Peristiwa aneh terjadi baru-baru ini yang dialami oleh perempuan di Cina. Ia mengalami dislokasi rahang akibat tertawa terbahak-bahak sehingga terpaksa meminta bantuan dokter untuk mengembalikan posisi rahangnya.

Insiden aneh ini terjadi ketika seorang perempuan itu menumpangi kereta dan tertawa sangat keras sehingga dia menggeser rahangnya.

Menurut Guancha News, seperti dilansir dari NDTV, peristiwa itu terjadi di kereta menuju Stasiun Kereta Api Selatan Guangzhou di provinsi Guangdong Cina. Dua minggu lalu, seorang perempuan membuat rahangnya terbuka dan tersangkut setelah tertawa terlalu keras.

Beruntungnya ada seorang dokter di kereta untuk membantunya mengatasi insiden itu.

Dokter Luo Wensheng dari Rumah Sakit Liwan mengatakan, wanita tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Mulutnya terbuka lebar dan mengeluarkan banyak air liur. Wanita itu juga diduga mengalami stroke, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan, tekanan darahnya cenderung normal.

“Dia meneteskan liur,” kata.

Sayangnya, sang dokter bukanlah ahli dalam bidang medis ini. Ia hanya mampu memberikan pertolongan pertama dengan cara memberikan ikatan berupa kain agar rahang si wanita tersebut dapat tertutup.

Dokter Luo juga mengatakan kepada sang wanita bahwa tindakannya berisiko besar. Termasuk tidak bisa lagi menggunakan rahangnya seperti sedia kala. Akan tetapi karena sudah sangat putus asa, wanita itu hanya bisa pasrah dan mempercayai dokter.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com