Connect with us

Dunia

Yunani Tolak Bantu Tanker Iran Menuju Suriah

Published

on

Kapal tanker Iran, Grace 1 yang telah berubah namanya menjadi Adrian Darya 1, dilaporkan berlayar ke Yunani setelah dibebaskan otoritas Gibraltar. (Foto: SINDOnews)

Geosiar.com, Athena – Wakil Menteri Luar Negeri Yunani, Miltiadis Varvitsiotis, mengatakan pihaknya menolak membantu kapal tanker milik Iran untuk mencapai Suriah. Diketahui, kapal tanker itu mengirimkan minyak ke Suriah dan sekarang sedang berlayar ke arah timur melalui Mediterania.

“Kami telah mengirim pesan yang jelas bahwa kami tidak ingin memfasilitasi perdagangan minyak ini ke Suriah dalam hal apa pun,” tutur Varvitsiotis kepada televisi ANT1 Yunani, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (22/8/2019).

Varvitsiotis berdalih, Yunani tidak mempunyai fasilitas pelabuhan yang mampu menampung kapal tanker itu. Kendati demikian, kapal itu memiliki kemungkinan tetap menjatuhkan jangkar di perairan teritorial Yunani.

“Ini adalah kapal VLCC, pembawa minyak mentah yang sangat besar. Tidak ada pelabuhan Yunani yang bisa menampung VLCC. Muatan itu bisa diturunkan di kilang, tetapi jelas tidak di wilayah Uni Eropa” sambung dia.

Sejauh ini, pemerintah Amerika Serikat sudah mengonfirmasi pejabat berwenang di Yunani terkait masalah ini. Akan tetapi, kata Varvitsiotis, pemerintah Iran sendiri belum menghubungi pihak berwenang Yunani.

Adrian Darya 1, sebelumnya bernama Grace 1 dibebaskan setelah ditahan di Gibraltar, membawa 2 juta barel minyak mentah. Kapal ini sekarang berlayar ke timur dengan pelacak memberikan tujuan yang dinyatakan sebagai pelabuhan Yunani Kalamata, dengan tanggal kedatangan 26 Agustus.

Sebelumnya, Washington telah menahan kapal tanker Adrian Darya 1 (sebelumnya bernama Grace 1) yang membawa 2 juta barel minyak mentah. Penahanan itu dilakukan lantaran AS menduga kapal itu memiliki hubungan dengan Garda Revolusi Iran.

Oleh karena itu, Washington mendesak agar Yunani menahan diri untuk tidak memberikan bantuan apa pun terhadap kapal tanker yang berlayar melalui perairannya menuju Suria