Connect with us

Nasional

Abdul Somad: Saya Merasa Tak Perlu Meminta Maaf?

Published

on

Ustad Abdul Somad

Geosiar.com, Jakarta – Ustaz Abdul Somad menjelaskan soal ceramah yang digaungkannya di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru Riau, tiga tahun lalu. Abdul Somad merasa tak perlu meminta maaf terkait video ceramahnya yang viral di media sosial.

Menurutnya, ceramah yang dituduh menghina agama Nasrani itu ditujukan bukan untuk di luar umat Islam dan bukan untuk menjelekkan.

“Bahwa kemudian ada orang yang tersinggung dengan penjelasan saya, apakah saya mesti meminta maaf?” ujar Abdul Somad ketika mengunjungi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Abdul Somad menyatakan bahwa ceramahnya itu menjawab pertanyaan peserta pengajian yang hadir. Ceramah itu dilakukan di tengah-tengah komunitas Islam di dalam masjid.

Somad mencontohkan ayat lain, yaitu surat Al Maidah ayat 73, yang berbunyi, ‘Sesungguhnya kafirlah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga.’

“Saya jelaskan itu di tengah umat Islam. Otomatis orang luar yang mendengar itu tersinggung tidak? Tersinggung. Apa perlu saya meminta maaf?” tandas Somad.

Abdul Somad menyebut, ceramah ini tidak dilakukan di tempat umum, akan tetapi di Masjid Agung An-Nur Riau. Walaupun akhirnya ceramah tiga tahun lalu itu terekam kamera dan belakangan menjadi viral, Somad meyakini tak ada yang salah dalam metode ceramahnya itu.

Somad dilaporkan sejumlah pihak atas tuduhan menistakan agama atas ceramahnya itu.