Connect with us

Olahraga

Sesmenpora: PON 2020 Tetap On Schedule

Published

on

Logo PON Papua 2020

Geosiar.com, Olahraga – Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto memastikan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020 tetap dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada 20 Oktober – 2 November 2019.

Pernyataan itu disampaikan usai Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan rapat dengan perwakilan induk cabang olahraga, Kamis (22/8/2019).

“PON tetap on schedule. Inysa Allah akan dibuka pada 20 Oktober 2020,” kata Gatot setelah pertemuan dengan perwakilan PB di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Sebelumnya, muncul kabar yang menyatakan bahwa PON Papua 2020 akan diundur lantaran peralatan pertandingan belum disiapkan. Namun, kabar itu dibantah Gatot sebab ia memastikan pada Mei 2020 seluruh komponen pertandingan wajib selesai.

“Untuk kesiapan dari venue hampir dikatakan sudah betul-betul ready, paling lambat Mei 2020 sudah selesai. Ada 8 venue total yang sudah selesai, beberapa yang sekarang tinggal finalisasi, dan terakhir sedang proses lelang dipercepat,” papar dia.

Sedangkan untuk peralatan olahraga yang sulit didapatkan, Sesmenpora bakal dibantu oleh pemerintah pusat yang akan memberikan bantuan khusus untuk anggaran peralatan.

“Mengenai peralatan kan kemarin ada isu mengenai ini. Kepada Papua kami berikan privillege. Kalau PON sebelumnya nggak ada bantuan dari pusat untuk anggaran peralatan. Untuk Papua ini sangat spesial dalam konteks ada bantuan untuk penyelenggaraan lebih dari 300 Miliar, peralatan 191 Miliar dengan asumsi Papua tidak merasa sendiri,” tandasnya.

Sebagai informasi, PON Papua 2020 akan digelar pada  20 Oktober – 2 November 2019. PON kali ini akan mempertandingkan 47 cabor, 69 disiplin, 768 nomor pertandingan.

Olahraga

Jokowi Minta Menpora Siapkan Tim Tangguh Hadapi Piala Dunia Basket 2023

Published

on

Presiden Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali agar berbenah menjelang diadakannya Piala Dunia Basket FIBA 2023. Sebagai salah satu tuan rumah, Jokowi meminta Zainudin supaya menyiapkan Timnas Basket yang layak dan siap menghadapi turnamen tertinggi di basket dunia itu.

“Saya minta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023 yang akan datang,” tutur Jokowi ketika membuka rapat terbatas mengenai persiapan FIBA 2023, di Kantor Presiden, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Walaupun bertindak sebagai salah satu tuan rumah, Indonesia belum dipastikan lolos dan mengikuti Piala Dunia FIBA 2023. FIBA menyatakan bahwa Indonesia diwajibkan berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 supaya dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2023.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina untuk turnamen ini. Jokowi menuturkan, kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia ini mesti dimanfaatkan sebaik mungkin. Di sisa waktu tiga tahun itu, Jokowi meminta agar penyelenggaraannya disiapkan sebaik mungkin.

Dirinya menegaskan, penting untuk menyiapkan aturan hukum dan regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan FIBA 2023.

“Termasuk juga persiapan pengalokasian anggaran dan penyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi kepada FIBA,” ungkap Jokowi.

Jokowi menegaskan agar penyelenggaraannya benar-benar disiapkan. Mulai dari perencanaan penganggaran kegiatan pra-event termasuk keamanan dan pengamanan hingga kesehatan. Termasuk juga di antaranya kesiapan arena yang harus disesuaikan dengan standar dari FIBA. Mulai dari tempat duduk, ruang ganti, lapangan pertandingan, lantai kayu, area hospitality, jaringan internet, dan pelayanan lainnya.

Continue Reading

Olahraga

Neymar Masuk Skuat PSG Hadapi Dortmund

Published

on

Neymar

Geosiar.com, Olahraga – Neymar masuk ke dalam skuad Paris Saint-Germain (PSG) untuk pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Borussia Dortmund, Selasa (18/2/2020), walaupun dirinya sempat absen dalam empat pertandingan terakhir klub Prancis dikarenakan mengalami cedera.

Neymar berjuang keras memulihkan masalah pada tulang rusuknya, dan kini diharapkan bugar pada waktunya untuk berlaga di Signal Iduna Park.

Pemain termahal di dunia itu absen ketika klubnya secara mengejutkan kalah pada babak 16 besar musim lalu oleh Manchester United lantaran mengalami cedera kaki. Dirinya juga harus absen pada pertandingan leg kedua pada tahap kompetisi yang sama oleh Real Madrid pada 2018.

Pemain asal Brasil itu diistirahatkan bersama dengan Kylian Mbappe, untuk laga imbang yang luar biasa dengan skor 4-4 di Amiens di Ligue 1, Sabtu.

“Dia akan berada di Dortmund, saya yakin akan hal itu. Tetapi tentunya tanpa berada dalam kondisi terbaik seperti dua minggu lalu,” tutur Tuchel.

PSG belum pernah mencapai babak semifinal Liga Champions sejak dibeli oleh pemilik asal Qatar pada 2011. Perjalanan terakhir mereka ke empat besar terjadi pada musim 1994-1995 lalu.

Continue Reading

Olahraga

Jadwal Bola Dinihari Nanti: Milan Vs Torino dan Chelsea Vs MU

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Olahraga – Jadwal pertandingan sepakbola pada Selasa dinihari WIB, 18 Februari 2020 bakal menyajikan dua pertandingan yang menarik dari Liga Inggris hingga Liga Italia.

Di Liga Inggris akan menampilkan laga besar Chelsea vs Manchester United. Kini Chelsea menempati posisi keempat klasemen dengan nilai 41, unggul enam poin dari MU di posisi kedelapan.

Sementara Liga Italia, ada disajikan laga AC Milan vs Torino yang akan ditayangkan di RCTI secara live. Milan kini berada di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Italia dengan 32 poin. Sedangkan Torino berada di peringkat ke-14 dengan 27 poin.

Liga Italia
Selasa, 18 Februari 2020
00:00 AC Milan vs Torino (RCTI).

Liga Inggris
Selasa, 18 Februari 2020
03:00 Chelsea vs Manchester United.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com