Connect with us

Daerah

Warga Karo Tetap Berharap Tol Medan-Tanah Karo Terealisasi, Hasil Pertanian Busuk Terlambat Sampai Tujuan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Masyarakat Karo melalui Ketua Umum DPP Barisan Pemuda Karo Jesayas Tarigan minta Presiden RI Joko Widodo dan Wakilnya H Maaruf Amin agar dapat meninjau kembali keputusan pembatalan pembangunan jalan Tol layang Medan-Berastagi. Pembatalan tersebut sangat disayangkan mengingat kebutuhan jalan layang yang mendesak guna kelancaran perekonomian mengangkut hasil pertanian dari Berastagi.

“Kita sangat menyayangkan pembatalan itu, Kami tetap berharap pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dapat merealisasikan pembangunan kembali,” ujar Jesayas kepada Geosiar.com di Medan, Kamis (15/8/2019).

Dikatakan Jesayas, pembangunan Jalan layang Medan-Berastagi murni untuk kepentingan umum. Dimana akses jalan Medan-Berastagi dan sebaliknya menjadi lancar. Apalagi, untuk mengangkut hasil pertanian dari Berastagi serta peningkatan tujuan wisata.

Memang kata Jesayas, usulan pembangunan jalan layang, sebelumnya telah disampaikan lintas organisasi Karo bersama masyarakat Karo serta pengguna jalan.

Sebagaimana diketahui, kondisi jalan sekarang sangat tidak memungkinkan karena sempit. Sehingga tidak dapat menampung volume kendaraan yang cukup padat. Tak heran, setiap akhir pekan, kawasan tersebut langganan macet.

Bukan itu saja, tambah Jesayas, sepanjang jalan mulai dari Sembahe hingga Berastagi kerap terjadi longsor dan pohon tumbang. Kondisi demikian mengakibatkan macet berkepanjangan.

Dampaknya sangat fatal yakni hasil panen buah dan sayur dari Berastagi menuju beberapa kota lainnya tertahan dan menjadi busuk. Hal demikian dikeluhkan para petani yang berdampak kerugian besar karena buah dan sayur busuk terlambat sampai ke tujuan.

Dikatakan Jesayas, atas dasar itu masyarakat lintas Karo akan tetap menyampaikan usulan pembangunan jalan Tol Medan-Berastagi. Kiranya Presiden dan pemangku jabatan di negeri ini berkenen memprioritaskan pembangunan jalan layang tersebut.

Seiring dengan itu, masyarakat Karo siap memberikan kajian dan proposal analisa perhitungan anggaran. Warga sangat berharap diperkenankan bertemu dengan Presiden untuk memaparkan hal tersebut demi kemajuan Kabupaten Tanah Karo.

Tokoh pemuda Karo ini pun sangat berkeyakinan, Presiden akan membuka hati dan mengharap sentuhan tangan memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan di Tanah Karo. Harapan itu sangat mendasar mengingat pada Pilpres April lalu, sekitar 275 ribu jumpalh penduduk masyarakat Karo, terbukti 93 persen memilih Joko Widodo – H Maaruf Amin.

Pada kesempatan ini, Jesayas juga berharap agar Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur H. Musa Rajeksayah anggota DPRD Sumut, Bupati Tanah Karo, anggota DPRD Tanah Karo tetap berupaya untuk mewujudkan pembangunan tersebut.

Begitu juga bantuan dan dukungan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, DPR RI, DPDI Sumut serta seluruh pejabat asal Sumatera Utara diharapkan berpartisipasi mendukung pembangunan jalan layang Medan-Berastagi segera terealisasi. (lamru)

Advertisement

Daerah

Kebakaran Hebat Habisi Ratusan Kios di Tembilahan Riau

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Riau – Ratusan kios dan juga los di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, hangus terbakar.

“Kebakaran ini terjadi di kawasan pertokoan dan pasar terapung di Jl Yos Sudarso, Tembilahan,” ujar Kapolres Inhil, AKBP Christian Rony kepada awak media, Kamis (22/8/2019).

Kebakaran di wilayah pertokoan dan pasar ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Api masih tampak membara hingga pukul 07.00 WIB.

“Damkar dan masyarakat berjibaku bersama-sama di lokasi kebakaran untuk memadamkan api yang masih melalap bangunan pertokoan dan kios milik masyarakat di Jl Yos Sudarso,” ujar AKBP Christian Rony.

Hingga kini belum ada informasi pasti terkait jumlah ruko dan kios yang terbakar. Rony menyebut diperkirakan ada 45 ruko terbakar di 3 blok serta 100 kios di Pasar Terapung.

Polisi kini tengah melakukan penyelidikan soal penyebab kebakaran. Polres Inhil juga mengerahkan tim Labfor untuk melakukan penyelidikan di lokasi yang sudah dipasang garis polisi.

“Penyebab kebakarannya masih akan diselidikik tim Labfor. Kita saat ini melakukan pengamanan terhadap barang-barang milik pedagang kios yang bisa diselamatkan,” tutup Rony.

Continue Reading

Daerah

Kasat Lantas Polres Karo Dan Dishub Akan Bersinergi Atasi Kemacetan

Published

on

Kasat Lantas IPTU Ridwan Harahap di Dampingi Nyonya disela sela Sertijab, Senin (19/08) di Halaman Mapolres Karo

Geosiar – Tanahkaro – IPTU Ridwan Harahap jabat Kepela Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Karo, acara serah terima jabatan (Sertijab) dihalaman mapolres karo, senin (19/8/2019).

Kasat Lantas saat dikonfirmasi terkait kemacetan yang sering terjadi mengatakan “Kita akan coba berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Karo terkait bagaimana cara mengatasi kemacetan, ujarnya usai acara Sertijab dilaksanakan.

Lanjutnya, Mantan Kanit Regident Samsat ini berujar memang ada beberapa titik rawan kemacetan yang harus kita kompromikan dengan pihak Dinas Perhubungan, seperti Jalan Nasional Jamin Ginting Kabanjahe, persisnya depan Gerbang SMAN 1 – Simpang UKA, Simpang Tiga Samura, depan Kantor Kejaksaan dan Tugu Bambu Runcing – Sentrum, Ujar Ridwan.

Untuk itu, di beberapa ruas jalan tersebut ada yang harus kita lakukan Buka Tutup,
sehingga tidak ada lagi warga yang ingin memutar arah kendaraanya dengan cara melawan Arus.

Selain itu, terlihat juga titik Rawan kemacetan di seputaran Pajak Roga Berastagi dan Pajak Tigapanah, yang mana bahu Jalan masih banyak berlubang, sehingga kita mintakan juga agar dilakukan perbaikan Jalan berupa rapat beton di sepanjang Jalan tersebut, ujar kasat lantas mengakgiri/Jg/edy surbakti

Continue Reading

Daerah

Kapolres Karo Pimpin Sertijab Enam Pejabat Struktural Dijajaran Polres Karo

Published

on

saat Pengambilan sumpah jabatan dalam Acara Sertijab dihalaman Mapolres Karo, senin (19/8/2019)

Geosiar – Tanahkaro – Setelah beberapa minggu yang lalu beredar informasi terkait rotasi dan perpindahan tugas Enam (6) pejabat struktural dipolres karo beserta jajaranya, kini para pejabat yang masuk dalam daftar telah dilakukan serah terima jabatan (sertijab) dimapolres karo yang langsung dipimpin oleh kapolres karo, senin, (19/8/2019) sekira pukul 10.00 Wib.

Adapun nama nama dari pejabat lama dan pejabat baru tersebut, yakni Kepala Satuan (Kasat) Reserse Reskrim (Reskrim) AKP Putra Jani Purba, menggantikan AKP Ras maju Tarigan yang kini menjadi sebagai Kasatres Narkoba Tanjung Balai.

Kapolsek Tiga Panah AKP Ramli Simanjorang yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Tebing Tinggi, menggantikan AKP Banuara Manurung yang kini menjabat sebagai Kapolsek Bangun Polres Simalungun.

Kasatres Narkoba AKP Sastrawan Tarigan menggantikan AKP Sopar Budiman yang menjadi Kapolsek Pagar Merbau, Polres Deli Serdang.

Kasat Intelkam AKP Saut Silitonga, menggantikan AKP Rohot P Nainggolan yang berpindah tugas menjadi Ps Kanit 5 Subdit 4 Ditintelkam Polda Sumut.

Kasat Lantas Iptu Ahmad Ridwan Harahap, menggantikan AKP Edward Simamora yang kini bertugas di Kasilaka Subditgakkum Ditlantas Polda Sumut.

Kabag Ops Polres Tanah Karo kini dijabat Kompol Zulkarnain Sinulingga menggantikan Kompol Bagi Ukur Sembiring yang kini bertugas di Kasubbagminops Bagbinops Roops Polda Sumut.

Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu didalam acara Sertijab meminta kepada pejabat baru agar meneruskan program, tugas dan memberikan kinerja yang terbaik, terlebih lebih Polres Karo dalam progresnya telah meraih wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM)./edy surbakti

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com