Connect with us

Ekonomi

Jokowi Desak BUMN dan Pengusaha Lebih Berani Jadi Pemain Kelas Dunia

Published

on

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato di sidang bersama DPD-DPR Jumat (16/8/2019)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi desak seluruh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dan pengusaha swasta nasional agar berani menjadi pemain kelas dunia di era globalisasi ini.

“Kita harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global,” tutur Jokowi dalam Pidato Kenegaraan jelang HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di Gedung DPR/MPR Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurut mantan wali kota Solo ini, pemangku kepentingan mesti menyiapkan para talenta negeri ini supaya mempunyai reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional. Yang terpenting, pelaku usaha domestik harus makin ekspansif dari tataran lokal menuju skala global.

“Kita harus semakin ekspansif, from local to global. Jika kita semua segera serius berbenah bersama, saya yakin kita akan mampu melakukan lompatan kemajuan secara signifikan,” tegas Jokowi.

Lanjut Jokowi, saat ini adalah momentum yang tepat untuk unjuk gigi di level internasional. Tepatnya saat Indonesia sedang duduki puncak periode bonus demografi antara 2020-2024, .

Apabila Indonesia lebih memfokuskan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan menggunakan cara-cara baru, maka Jokowi optimis demografi dapat jadi bonus lompatan kemajuan.

Pemerintah mengaku kedepannya bakal mendukung pembenahan lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan secara besar-besaran. Hal tersebut agar mampu menghadapi perubahan.

Menurutnya, persaingan dunia yang semakin ketat ini dan disrupsi di berbagai bidang memerlukan kualitas SDM yang pas.