Connect with us

Kesehatan

Viral Temuan Obat Kanker ‘Akar Bajakah’, Berikut Faktanya

Published

on

Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri saat mempresentasikan penelitian tentang akar bajakah di Korea Selatan (Foto: dok: IYSA)

Geosiar.com, Lifestyle – Akar tanaman Bajakah Tunggal menjadi viral beberapa hari terakhir usai dua siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mengklaim jika tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat penyembuh penyakit kanker. Kedua siswa itu adalah Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri .

Temuan ini berawal dari penelitian kedua siswa itu terkait tanaman Bajakah hingga berhasil menjuarai kompetisi di Korea Selatan. Mereka melakukan penelitian tentang khasiat tanaman Bajakah sejak 2018.

Bajakah sendiri diketahui sebagai tanaman liar di bagian dalam hutan Kalimantan. Di habitat alaminya, Bajakah tumbuh dengan cara merambat meski memiliki batang yang kuat dan cukup besar.

Rambatan pohon Bajakah mampu mencapai ketinggian lebih dari 5 meter hingga ke puncak pohon lain. Sementara itu, akar Bajakah pun menghujam di dasar aliran air lahan gambut.

Masyarakat suku Dayak lebih mengenal Bajakah sebagai tanaman mistis. Kendati demikian, mereka sudah mengetahui tanaman ini sebagai penyembuh kanker secara turun-temurun.

Hal ini diperkuat dengan cerita salah satu warga suku Dayak asli bernama Daldin. Ia mengaku ibunya bisa sembuh total dari kanker payudara berkan mengonsumsi rebusan air dari akar tanaman Bajakah.

“Hanya dalam dua minggu reaksi, sebulan sembuh total,” tutur Daldin saat diwawancarai secara eksklusif oleh Aiman Witjaksono, host program AIMAN di Kompas TV, Selasa (13/8/2019).

Kesaksian Daldin diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan siswa SMAN 2 Palangkaraya yang membuktikan bahwa tanaman Bajakah memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan kanker.

“Tanaman ini selalu diidentifikasi dengan mistik. Namun, berdasarkan hasil laboratorium yang kami uji, kandungan dalam tanaman ini memang dapat menyembuhkan kanker,” ujar Guru pembimbing SMAN 2 Palangkaraya, Herlina, seperti dikutip Geosiar.com dari tayangan AIMAN, Rabu (13/8/2019).

Sementara itu, Kepala Laboratorium Bio Kimia dan Molekuler dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) Eko Suhartono mengaku, dirinya tidak menyangka jika kayu bajakah memiliki banyak kandungan senyawa antioksidan yang bisa berfungsi untuk melawan sel kanker.

“Hasil penelitian di lab, yang jelas bajakah ini memiliki senyawa-senyawa yang bisa berperan sebagai antioksidan yang sekaligus bisa berperan sebagai anti kanker,” ujar Eko.

Kendati demikian, Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Danang Ardiyanto, mengingatkan butuh proses panjang bagi sebuah obat tradisional untuk bisa diterima sebagai terapi standar.

“Butuh waktu 3 sampai 20 tahun untuk klaim menyembuhkan,” tutur Danang dilansir dari detikHealth, Rabu (14/8/2019).

Ia berkata, proses riset memerlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa memastikan efektivitas dari obat tradisional yang layak untuk dipatenkan sebab harus melewati beberapa fase penelitian yang panjang. Mulai dari uji pra klinik sampai dengan uji klinik.

BMKG

Bupati Karo Sulit Dikonfirmasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, Ajudan “Bukan Ranahnya Untuk Menjawab”

Published

on

titik lokasi kebakaran hutan dan lahan diseputaran wilayah kabupaten karo perbatasan kabupaten langkat

Geosiar – Tanahkaro – Masih segar di ingatan Amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) didalam Rapaat koordinasi nasional (Rakornas) terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) meminta kepada seluruh Gubernur, Pangdam, Kapolda untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, Panglima TNI, Kapolri, BNPB, dan Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), selasa 6-8-2019 di istana Negara.

Presiden Jokowi mengingatkan dan menegaskan, bahwa aturan main untuk Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres tetap sama sebagaimana yang disampaikan tahun 2015 lalu. “Saya telepon ke Panglima TNI, saya minta dicopot yang tidak bisa mengatasi, saya telepon lagi mungkin 3 atau 4 hari yang lalu kepada Kapolri dengan perintah yang sama dicopot atau enggak bisa mengatasi yang namanya kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

Untuk itu, Presiden juga meminta kepada Pemda, Gubernur, Bupati, Walikota agar di backup (upaya ini, red) karena kerugian ekonomi besar sekali.

“Jadi Pak Panglima Pak Kapolri, saya ingatkan lagi masih berlaku aturan main kita. Aturannya simpel saja kan, karena saya engga bisa nyopot Gubernur, engga bisa nyopot Bupati atau Walikota, jangan sampai ada yang namanya status siaga darurat, jangan sampai, ada api sekecil apapun segera diselesaikan sudah,” sambung Presiden.

Terakhir saya minta langkah-langkah penegakan hukum, saya lihat ini sudah berjalan cukup baik, saya pantau, saya monitor di lapangan dilakukan tanpa kompromi,” ucap Presiden.

Rabu 7-8-2019 pukul 14.20 WIB sesuai amatan tim – media langsung dilokasi kebakaran hutan ataupun lahan yang terlihat sepertinya dibakar dengan sengaja oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab diwilayah perbatasan kabupaten karo – kabupaten langkat, titik lokasi diseputaran jalan jahe kecamatan naman teran kabupaten karo.

Tim – Media menginformasikan kepada berbagai pihak yang berkompeten untuk dapat segera mengatasi titik titik api dilokasi lahan yang sudah terbakar, seperti kepada pihak Polda sumut melalui kabid humas polda sumut AKBP Tatan Dirsan melalui aplikasi nomor selulernya, namun sayang hingga berita ini dinaik kan awak media belum mendapat jawaban.

Sementara Kapolres Karo AKBP Benny Hutajulu yang dikonfirmasi melalui Whatsapp, menyampaikan ” Penegakan hukum akan ditegakkan sesuai dengan duduk perkaranya jawabnya singkat” Kamis (8/8/2019) pukul 14.25 WIB.

Dandim 0205/TK saat dikonfirmasi terkait masalah kebakaran hutan dan lahan diwilayah kabupaten karo mengatakan ” Tidak akan terselesaikan oleh satu pihak, sanggat dibutuhkan kerja sama Pemda Polres serta sangat pentingnya kesadaran komponen masyarakat jawabnya singkat, (7/8/2019) pukul 17.19 Wib.

Ditambahkan Danramil Simpang Empat Kapten Kav J Surbakti, menyampaikan telah melakukan sosialisasi dengan masyarakat setempat dan berulang – ulang, namun masyarakat yang mendiami lokasi tersebut tetap bertahan. dan karena alasan kemanusiaan yang disampaikan masyarakat yang mana yang berada titik lokasi tersebut adalah korban erupsi Gunung Sinabung, ujarnya melalui telepon seluler.

Bupati Karo yang sangat sulit dikonfirmasi, dan melalui sang Ajudan Bupati Karo yang berasal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang selalu terlihat bersama Bupati disetiap Perjalanan dinasnya akhirnya dikonfirmasi oleh tim – media, namun jawaban dari Sersan Tri mansur Sembiring yang juga diduga merangkap sebagai pembuat berita terkait seluruh kegiatan Bupati Karo dan membagikan kepada insan media pilihanya hanya mengatakan ” bukan ranahnya untuk menjawab ” Rabu (7/8/2019) pukul 19.16 Wib melalui aplikasi nomor selulernya.

Selanjutnya tim berusaha konfirmasi melalui Kabag Humas Protokoler Joko S, namun dari pesan singkatnya menyampaikan belum berkoordinasi karena sedang perjalanan Dinas luar, Kamis (8/8/2019) pukul. 14.57 WIB.

Hingga berita ini diterbitkan tidak ada jawaban yang jelas dari pihak Pemkab karo ataupun Bupati, Terkelin Brahmana SH./Edy surbakti-tim

Continue Reading

Kesehatan

Nestlé LACTOGROW Peduli Pertumbuhan dan Polah Asuh Anak Indonesia

Published

on

Medan, Geosiar.com – Manajeman PT Nestle LACTGROW membuktikan peduli terhadap pertumbuhan anak sejak usia dini. Melalui workshop “Grow Happy Parenting”, Rabu (7/8/2019) di Medan pihak Nestle Indonesia menunjukkan komitmennya akan dukungan tumbuh kembang optimal anak Indonesia.

Menurut Brand Executive PT Nestle Indonesia Pramudita Sarastri turut berkomitmen peduli membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan pengembangan kematangan emosi anak. Disebut, perlunya pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna dan selanjutnya para orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia.

Pada kesempatan itu, Pramudita Sarastri mengajak orang tua untuk mendukung anak tumbuh bahagia. Maka itu orang tua harus memenuhi kebutuhan gizi dan membantu kematangan emosi anak. Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak salah satu langkah harus memastikan pencernaanya dalam kondisi sehat.

Begitu juga yang disampaikan Dokter spesial anak Dr dr Ariani Dewi Widodo Sp.A(K) mengatakan kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Maka itu perlu orang tua untuk memastikan komsumsi gizi yang cukup dan mengandung probiotik dan membantu nutrisi dapat terserap baik.

Dikatakan, diantara banyak probiotik, Lactobacillus reuteri yang dinilai sudah teruji secara klinis aman. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

Sama halnya dengan Psikolog Elizabeth Santoso M.Psi mengatakan orang tua harus memperhatikan kematangan emosi anak. Menurutnya, kematangan emosi dan kebahagian anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif.

Orang tua juga dianjurkan rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik anak.

Diakhir acara, tampak pihak Nestle Indonesia konsisten terkait peningkatan pola sehat anak. Selain menghadirkan pakar saat workshop ikut juga mensosialisasikan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, tujuh mineral dan omega 3 dan 6 serta mengandung probiotik Lactobacillus reuteri.

Disebutkan, Nestle LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, Omega 6, Omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang terdiri dalam varian plain, vanila dan madu. (lamru)

Continue Reading

Kesehatan

RSBP Batam Jadi Pusat Layanan Kesehatan Berbasis Digital

Published

on

Penandatangan kerja sama antara pemerintah Indonesia, BP Batam, dan dClinic untuk pengembangan proyek blockchain terbesar di Asia Tenggara. (Foto: Dokumentasi RSBP Batam dan dClinic)

Geosiar.com, Batam – Rumah Sakit Badan Pengelola (RSBP) Batam, Badan Pengelola (BP Batam), dan dClinic telah resmi menandatangani kontrak kerjasama di bidang layanan kesehatan berbasis digital untuk pengembangan proyek medical blockchain terbesar di Asia Tenggara.

Sejauh ini, RSBP Batam merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang sedang merintis layanan digital medis dengan menggandeng dClinic selaku penyelenggara medical blockchain internasional. Kerjasama ini juga akan mencakup peresmian BMB (Batam Medical Block chain), dan meningkatkan PHB dClinic (Private Healthcare Blockchain) yang akan diselenggarakan di Pusat Data BP Batam.

Direktur RSBP Batam Sigit Riyarto mengatakan bahwa kerjasama dengan dClinic bertujuan untuk memperkenalkan BMB ke seluruh penjuru Indonesia sebagai sarana dan prasarana untuk membantu layanan kesehatan berbasis teknologi.

“Bekerja sama dengan dClinic kami bertujuan untuk memperkenalkan BMB ke Batam dan ke seluruh Indonesia. Kami membantu sistem perawatan kesehatan dan membantu membawa perubahan dalam cara berkomunikasi dan meyakinkan konsumen kami,” kata Sigit Riyarto, Rabu (31/7/2019).

Proyek Blockchain ini bernilai USD 140 juta, dianggap bakal sangat memengaruhi layanan kesehatan terutama bagi penyedia layanan dan kepentingan konsumen. Dalam kerjasamanya, dClinic turut melibatkan Deloitte & Touche Financial Advisory Services Pte Ltd sebagai penasihat utama dalam pengembangan proyek ini.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia merencanakan untuk menciptakan Zona Ekonomi Medis dan Digital di Batam. Adapun alasan Batam dipilih menjadi lokasi pengembangan medical block chain karena dinilai sebagai tempat yang tepat sebagai “Centre of Excellence”.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com