Connect with us

Dunia

Uji Coba Senjata Nuklir Rusia Gagal, Sejumlah Ilmuwan Tewas

Published

on

Badan Nuklir Rusia atau Rosatom

Geosiar.com, Rusia – Telah terjadi kecelakan uji coba senjata rudal nuklir Rusia di Kota Nenoska, Arkhangelsk pada Jum’at (9/8/2019) lalu. Beberapa ilmuwan dilaporkan tewas atas peristiwa itu. Warga juga sempat terpapar radiasi berbahaya.

Akan tetapi pihak keamanan Rusia meyakinkan bahwasanya kecelakaan itu masih dalam kendali dan tidak akan membahayakan masyarakat luas. Tapi pihak keamanan Rusia melalui Kepala ROSATOM (Badan Senjata Nuklir Rusia) Alexei Likhachev menyatakan, jika kecelakaan saat pengembangan senjata nuklir itu masih aman dan terkendali.

Alexei mengatakan, Kecelakaan rudal nuklir Rusia itu memangsa sejumlah korban jiwa yang merupakan para ilmuwan Rusia. Korban diketahui berada di lokasi kejadian ketika ledakan yang disebabkan kebocoran bahan bakar meledak. Sebanyak lima orang ilmuwan dikabarkan tewas usai terhempas ke Laut Putih.

Sementara, korban luka akibat kecelakaan nuklir itu belum diketahui. Namun dipastikan ada dari kalangan spesialis militer dan insinyur sipil mesin roket. Pemerintah Rusia sempat menutupi kecelakaan ini dan menyatakan beberapa kota terdekat dari lokasi ledakan nuklir aman dari paparan radiasi berbahaya.

Hal tersebut juga dikuatkan dengan laporan Dinas Kesehatan Rusia yang menyebut tidak ada laporan dampak radiasi nuklir yang dialami masyarakat. Namun sejumlah pejabat setempat, salah satunya kota Severodvinsk menyatakan jika lonjakan radiasi terjadi selama satu jam di kota tersebut.

Kota yang berada dalam radius 30 kilometer dari pusat ledakan tersebut lalu meminta warganya untuk mengkonsumsi iodine guna menghindari dampak berbahaya dari radiasi nuklir.

Selain itu, sejumlah kapal sipil juga dilarang untuk melintas di Laut Putih karena ada dugaan persebaran radiasi nuklir terjadi di sebagian kawasan itu.