Connect with us

Politik

SBY Setujui Pengunduran Diri Ketua DPD Demokrat Jatim

Published

on

Politikus Demokrat Soekarwo alias Pakde Karwo. (Foto: detik.com)

Geosiar.com, Jakarta – Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyetujui pengunduran diri Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Soekarwo alias Pakde Karwo. Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat, Fadjar Sampurno, Rabu (14/8/2019).

“Minggu lalu sudah pak SBY menyatakan setuju [pengunduran diri Soekarwo],” tutur Fadjar saat dikonfirmasi, Rabu (14/8/2019).

Fadjar mengatakan, pemberhentian ini dilakukan secara terhormat. Bahkan SBY menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi Soekarwo selama berada di Demokrat Jawa Timur.

“Beliau diberhentikan dengan hormat dengan ucapan terima kasih atas kerjasamanya selama ini,” lanjut Fadjar.

Adapun alasan pengunduran diri Soekarwo, kata Fadjar, kerena telah dipercayai untuk memegang jabatan sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk.

Dengan demikian, mantan Gubernur Jawa Timur itu harus melepas jabatan partai. Pengunduran diri ini akan dilakukan secara bertahap.

“Mungkin mengundurkan diri dari jabatan dulu. Dan syaratnya [sebagai Komisaris] kan enggak menjabat di jabatan partai. Saya enggak tahu anggotanya mengundurkan diri atau belumnya. Itu dari jabatannya dulu bertahap mungkin,” jelasnya.

Sebagai informasi, kabar pengunduran diri Soekarwo sebelumnya telah dibenarkan oleh Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio.

Saat itu, Renville mengatakan bahwa surat pengunduran diri Soekarwo telah diajukan saat ia telah mengisi jabatan Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk, pada Maret 2019 silam.