Connect with us

Sumut

Polda Sumut Bakar 21.632 Lembar Uang Palsu   

Published

on

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto memusnahkan uang palsu di halaman Markas Polda Sumut, Rabu, 14 Agustus 2019. (Foto: beritasatu.com)

Geosiar.com, Medan – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memusnahkan sebanyak 21.632 lembar uang palsu di halaman Markas Polda Sumatera Utara, Rabu (14/8/2019).

Pemusnaha uang palsu ini dilakukan dengan cara dibakar yang dipimpin oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto didampingi Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat, beserta jajaran.

Wiwiek menyatakan, uang palsu tersebut ditemukan dari setoran masyarakat selama 5 tahun ke pihak perbankan, yang kemudian dilakukan klarifikasi oleh Bank Indonesia. Setelah mengetahui uang palsu, pihak BI melapor ke Polda Sumut untuk diamankan lalu dimusnahkan.

“Uang palsu yang ditemukan merupakan hasil klarifikasi Bank Indonesia terhadap uang setoran perbankan selama 5 tahun. Uang palsu lalu diserahkan ke Polda Sumut untuk diamankan sebelum dilakukan pemusnahan,” kata Wiwiek kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Di waktu yang sama, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, ada sekitar 27 kasus serupa yang sudah ditangani pihaknya dalam periode 2017 sampai 2019.

Sejauh ini, Agus menyebut sebanyak 24 kasus telah diselesaikan, sementara 3 kasus  lain masih dalam tahap penyidikan.

“Perlindungan terhadap uang rupiah dimuat dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pada Pasal 35, 36 dan 37 diatur tentang kejahatan terhadap mata uang rupiah dalam hal pemalsuan uang rupiah, menyimpan secara fisik, mengedarkan atau membelanjakan, membawa atau memasukkan ke dalam atau keluar wilayah NKRI serta mengimpor atau mengekspor rupiah palsu, dengan ancaman pidana mulai 10 tahun hingga seumur hidup,” ujarnya.

Pemusnahan uang palsu ini sebelumnya sudah mendapatkan izin dari Pengadilan Negeri Medan Kelas I-A Nomor 01/PEN. PlD/P MUS/2019/PN. MEDAN, Tanggal 1 Maret 2019.

Adapun nilai uang palsu yang dimusnahkan terdiri dari 8.974 lembar pecahan Rp100 ribu, 11.850 lembar pecahan Rp50 ribu, 636 lembar pecahan Rp20 ribu, 88 lembar pecahan Rp10 ribu, 83 lembar pecahan Rp5000 dan 1 lembar pecahan Rp200.

Sumut

Kapolda Sumut Sebut Pembunuhan Hakim PN Medan Terencana

Published

on

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto

Geosiar.com, Medan – Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto mengungkapkan terkait kasus pembunuhan hakim PN Medan Jamaluddin. Ia mengatakan bahwa pembunuhan itu dilakukan secara terencana. Polisi kini masih belum berhasil mengungkapkan pelaku pembunuhan.

“Ini pembunuhan berencana, pembunuhan berencana itu agak relatif butuh waktu untuk mengungkapnya,” tutur Agus di Budaya Resto Jalan Medan-Tanjung Morawa, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (14/12/2019).

Untuk mengungkap pelaku pembunuhan ini, Agus mengatakan bahwa polisi menggunakan teknik ilmiah.

“Tidak bisa sembarangan, pelan-pelan karena ini sangat rapi, sangat halus kejadiannya sehingga kami meyakini pembunuhannya adalah pembunuhan berencana,” ungkap Agus.

Hingga kini polisi masih mendalami kasus pembunuhan Jamaluddin dengan menelusuri barang bukti dan saksi yang ada. Polisi juga masih meyelidiki lokasi tempat kematian korban.

“Kami masih analisa dari keterangan-keterangan saksi yang ada. Jadi, keterangan saksi, alat bukti, kemudian hasil labfor, hasil pemeriksaan kedokteran forensik terus kami kaji ulang,” tambah Agus.

Hakim PN Medan Jamaluddin ditemukan tanpa nyawa didalam mobil di area kebun sawit di Kutalimbaru, Deli Serdang, Sumut.

Continue Reading

Sumut

Dibuang Sembarangan, Polres Tebing Tinggi Kuburkan 4 Bangkai Babi

Published

on

Penguburan bangkai babi dilakukan bersama Kepling Lingkungan 3 Kelurahan Tambangan Tebing Tinggi Suyanto

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Empat ekor bangkai babi yang dibuang sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab kembali ditemukan.

Bangkai babi itu pertama kali ditemukan petugas Bhabinkamtibmas Polsek Padang Hilir Aiptu SR.Marbun di sungai Sei Sigiling, tepatnya persis dekat Water Park Pemandian Gundaling Jalan Sukarno Hatta Lingkungan 3 Kelurahan Tambangan Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi pada Jumat (13/12/2019).

“Usai penemuan bangkai babi petugas langsung melakukan penguburan terhadap empat ekor bangkai tersebut,” tulis Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, Jumat (13/12/2019).

Sementara penguburan bangkai babi dilakukan bersama Kepling Lingkungan 3 Kelurahan Tambangan Tebing Tinggi Suyanto, Eka Siregar dari Petugas PPL Dinas Pertanian Kota Tebing Tinggi dan 3 orang masyarakat setempat. (WH)

Continue Reading

Sumut

Audiensi Ke DPRD Tebing Tinggi, DPC Perkopindo Minta Perjuangkan Kontraktor

Published

on

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perkumpulan Kontraktor Profesional Indonesia (Perkopindo) Kota Tebing Tinggi audensi ke DPRD Kota Tebing Tinggi

Geosiar.com, Tebing Tinggi  – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perkumpulan Kontraktor Profesional Indonesia (Perkopindo) Kota Tebing Tinggi audensi ke DPRD Kota Tebing Tinggi. Kedatangan tersebut disambut baik oleh Ketua DPRD Basyaruddin Nasution SH pada Jumat (13/12/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Ketua Perkopindo Kota Tebing Tinggi Ir. Yunan Napitupulu saat beraudensi kepada Ketua DPRD Basyaruddin Nasution SH,  di ruang tamu Kantor Ketua DPRD Tebing Tinggi mengatakan, bahwa adanya isu perusahaan luar yang mendominasi pekerjaan yang ada di Pemko Tebing Tinggi dikarenakan perusahaan lokal dianggap tidak kualifaied dalam melakukan pengadaan barang /jasa.

Bantuan yang diharapkan yakni meningkatkan SDM-nya. Diantaranya membuat program pelatihan bagi para kontraktor melalui instansi terkait agar para kontraktor memahami dan dapat melengkapi berkas perusahaanya sesuai dengan kentetuan yang berlaku serta paham dalam melengkapi persyaratan tender/lelang.

“Kalau bisa kontraktor ini dilatih agar mampu membuat penawaranya yang bagus, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya.

“Kami melakukan audensi ini selain memperkenalkan Perkindo juga untuk memperkenalkan pengurus DPC Perkumpulan Tenaga Ahli Profesional Indonesia (Pertapin) Kota Tebingtinggi,” lanjut Yunan.

Ketua DPRD Basyaruddin Nasution mengapresiasi dan bangga karena Perkopindo dan Pertapin bersedia melakukan audensi agar komitmen yang dibangun bersama dapat membangun Kota Tebing Tinggi.

“Bahwa informasi dan bukan rahasia umum lagi yang mendominasi pekerjaan di Kota Tebingtinggi berada dari luar Kota Tebingtinggi sudah saya dengar,” ungkap Basyaruddin.

“Kita berharap pengusaha lokal dapat mengurus kelengkapan perusahaannya, agar tidak kalah dengan kontraktor luar. Ini menjadi suatu catatan bagi kita dan akan bekomunikasi dengan koordinasi dengan instasi terkait,” tambahnya.

Hal tersebut diperlukan. Bila semua pihak setuju nantinya akan diprogramkan dan dimasukkan kedalam APBD yang artinya untuk meningkatkan SDM.

“Kita berharap Perkopindo dan Pertapin, dapat menjadi inisiator untuk melaksanakan pelatihan tersebut. Sehingga kedepannya persaingan yang semangkin sehat dapat terlaksana sehingga semua kontraktor dapat memberikan hasil yang lebih baik,” tutupnya. (WH)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com