Connect with us

Sumut

Mobil Toyota Avanza Tabrak Bocah 6 Tahun

Published

on

Mobil Toyota Avanza BK 1185 RK yang berhasil diringkus warga setelah melarikan diri, Selasa (13/8/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Mobil Toyota Avanza BK 1185 RK menabrak seorang bocah atas nama Rizky Mahaputra Pratama (6) yang sedang berjalan kaki di Jalan Sei Beringin atau tepatnya di depan rumah Silitonga, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Padang Hulu, Tebing Tinggi, Selasa (13/8/2019) sekitar pukul 10.15 WIB.

Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi, AKP Sarifuddin Siagian melalui Kanit Laka, Aiptu K Napitupulu saat di konfirmasi Geosiar.com, membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan korban mengalami luka ringan dan sudah menjalani perawatan di RS Bhayangkara Kota Tebing Tinggi. Sementara pengemudi mobil atas nama Edo Ganda M Sitohang (35) warga Pematang Siantar, tidak mengalami luka.

“Kejadiannya ketika mobil yang datang dari Paya Pinang menuju arah Kota Tebing Tinggi hendak mendahului sepeda motor yang berada di depannya, namun pengemudi tidak  memperhatikan seorang pejalan kaki [korban] yang sedang berjalan dari arah berlawanan. Namun karena tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengelak, jadi nabrak,” ujar Napitupulu Selasa (13/8/2019).

Kanit Laka Lantas Polres Tebing Tinggi, Aiptu K Napitupulu saat mengunjungi korban di RS Bhayangkara Tebing Tinggi.

Atas insiden itu, bagian depan kanan mobil menabrak badan korban. Namun, pengemudi terus melajukan mobilnya untuk kabur menuju arah SMK Negeri 4. Warga sempat mengejar dan melihat mobil tersebut berhenti setelah menabrak gapura kelurahan.

“Untuk saat ini, kita sudah mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza BK 1185 RK di Mako Unit Laka Lantas Polres Tebing Tinggi. Kerugian materi sementara akibat insiden tersebut diperkirakan sekitar Rp 2,5 juta.” pungkas Napitupulu. (WH)

Sumut

Pemko Medan – Kejari Belawan Sepakat Kerjasama Membangun Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Kajari Belawan Ikeu Bahtiar SH MH menyatakan siap mendukung seluruh program Pemko Medan. Seluruh instrumen yang dimiliki akan digerakkan untuk mewujudkannya, sebab Kejari Belawan ingin berbuat yang terbaik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama warga Belawan.

Dukungan ini disampaikan Kajari Belawan ketika melakukan audiensi dengan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Rabu (22/1/2020). Selain memperkenalkan diri karena baru saja dilantik 14 Januari lalu, pihaknya juga ingin bersilaturahmi sekaligus membangun kerja sama dengan Pemko Medan.

Diungkapkan Kajari, kehadirannya bersama Kasi Barang Bukti Aisyah, Kasi Intel Fahri Rahmadani, Kasi Pidsus Nurdiono, Kasi Datun Andre Wanda Ginting dan Kasubagbin Febrow Adhyaksa juga untuk menyampaikan kepada Plt Wali Kota terkait tugas Kejari selaku aparat penegak hukum.

“Kami menyampaikan kepada beliau apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat maupun pemerintah, selain tugas-tugas kami selaku aparat penegak hukum. Artinya, kami ingin berbuat yang terbaik dan memberikan pelayanan yang terbaik. Banyak instrumen kami gerakkan untuk masyarakat dan pemerintah, khususnya di Belawan,’’ kata Kajari.

Terkait itu, Kajari mengatakan kepada Plt Wali Kota didampingi  Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat, Kaban Kesbanglinmas Sulaiman Harahap dan Kadis DKP2PR Kota Medan Benny Iskandar, dirinya beserta jajaran siap untuk mendukung seluruh program Pemko Medan. “Saya siap mendukung apa yang menjadi program pemerintah,’’ tegasnya.

Di kesempatan itu, Kajari juga telah menyiapkan salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 yakni Klinis Hukum. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, jelas Kajari, mereka akan mengundang siswa SLTA untuk diberi pemahaman tentang proses hukum dan hukum-hukum positif yang ada di Indonesia. 

“Klinis hukum ini biasanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi, tapi kami ingin mengajarkannya untuk siswa SMA. Dengan demikian, mereka akan mengetahui lebih jauh tentang masalah hukum sehingga terhindar dari perbuatan melanggar hukum seperti narkoba. Di samping itu, ada pegangan bagi mereka siapa tahu nantinya ada yang ingin menjadi jaksa maupun hakim. Jadi Klinis Hukum ini dapat menjadi motivasi bagi mereka,’’ jelasnya.

Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan selamat datang dan bertugas di Kota Medan, terutama wilayah Belawan. Akhyar menyatakan Pemko Medan siap menjalin kerja sama dengan Kejari Belawan. Diungkapkannya, selama ini hubungan Pemko Medan dengan Kejari Belawan sudah terjalin dengan baik.

“Kita berharap dengan kehadiran Kajari Belawan yang baru, hubungan Pemko Medan dengan Kejari Belawan akan semakin lebih baik lagi. Selama ini pun, Pemko Medan selalu melibatkan Kejari Belawan dalam berbagai kegiatan. Kita pun berharap Kejari Belawan dapat memberikan bimbingan hukum sehingga pelaksanaan pembangunan yang dijalankan Pemko Medan terutama di kawasan Medan bagian utara dapat berjalan lancar dan sesuai aturan hukum yang berlaku,” harap Akhyar.

Mantan anggota DPRD Medan itu juga menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas program Klinis Hukum yang akan dilaksanakan Kejari Belawan. Diharapkannya, program Klinis Hukum ini dapat membentengi generasi muda, terutama pelajar SMA agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. “Kita siap mendukungnya,” ungkapnya. (lamru)

Continue Reading

Sumut

Seberangi Sungai dengan Rakit, Bupati Sergai Tampung Aspirasi Masyarakat Buntut Bule

Published

on

Bupati H Soekirman dan Ketua DPRD Serdang Bedagai M. Riski Ramadhan Hasibuan berkunjung langsung dengan menaiki rakit melintasi Sungai Kari menuju Dusun Buntu Bulat Desa Manggis Kecamatan Serbajadi

Geosiar.com, Sergai – Bupati H Soekirman dan Ketua DPRD Serdang Bedagai (Sergai) M. Riski Ramadhan Hasibuan berkunjung langsung dengan menaiki rakit melintasi Sungai Kari menuju Dusun Buntu Bulat Desa Manggis Kecamatan Serbajadi, Selasa (21/1/2020) sore.

Kujungan tersebut demi mendengarkan langsung aspirasi masyarakat Buntu Bulat terkait belum adanya jembatan penghubung.

Bupati yang didampingi Kepala Dinas PUPR Johan Sinaga menyampaikan, kondisi geografis Desa Manggis yang sulit untuk menanam padi sehingga penghasilan masyarakat bergantung pada hasil bumi lainnya seperti pisang dan kelapa sawit.

“Selain itu desa ini juga dekat dengan Sei Ular yang merupakan batas Kabupaten Sergai dengan Deli Serdang. Namun masyarakat terkendala dengan akses jalan yang cukup sulit, terutama untuk penyeberangan,” katanya.

Status Sei Ular yang membelah dua kabupaten menjadi tantangan tersendiri untuk Pemkab Sergai dalam melakukan pembangunan jembatan. Akan tetapi Soekirman menyatakan akan melakukan pengkajian intensif atas permintaan masyarakat Dusun Buntu Bulat Desa Manggis untuk ketersediaan infrastruktur jembatan penyebarangan.

“Kami akan mengkaji secara serius atas aspirasi masyarakat dalam hal permintaan pembangunan jembatan tersebut. Namun saat ini Pemkab Sergai melalui Pemerintah Desa Manggis sudah membangun fasilitas jalan dusun dengan rabat beton di Dusun Buntu Bulat tersebut,” ujar Bupati.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk dapat merealisasikan aspirasi itu, Bupati mengharapkan sinergitas antara Pemkab Sergai dengan Camat Serbajadi, Kepala Desa Manggis dan tokoh masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan corporate social responsibility (CSR).

Sementara Ketua DPRD Sergai M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH berjanji bersama Pemkab Sergai akan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan aspirasi masyarakat.

“Melihat kondisi akses jalan yang masih belum maksimal akibat medan sungai yang mesti dilalui untuk mempersingkat waktu tempuh, kami akan bekerjasama secara maksimal untuk mempelajari semua aspek dengan Pemkab Sergai demi wujudkan harapan masyarakat. Tentu untuk itu, dibutuhkan kerjasama, dukungan dari seluruh pihak dan tentunya dibarengi dengan doa,” ungkapnya.

Atas kunjungan tersebut Kepala Desa Manggis Sopian mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bupati Sergai dan Ketua DPRD hadir dan mendengar suara masyakarat.

“Ada 40 kepala keluarga yang mendiami desa ini. Kami sangat berharap dengan kehadiran Bapak Bupati dan Bapak Ketua DPRD, bisa menjadi awal yang baik untuk peningkatan infrastruktur di desa Manggis,” ujar Sopian.

Turut serta dalam kunjungan Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Sekretaris DPRD H Suprin, Kabag Umum Syafransyah Nst, Camat Serbajadi M. Kahar Efendi, Sekretaris BAPPEDA dan beberapa anggota DPRD Sergai. (art)

Continue Reading

Sumut

Foto Pendiri Tebing Tinggi Diserahkan ke Museum

Published

on

Foto pendiri Tebing Tinggi diserahkan ke Museum

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Setelah sekian lama dinantikan masyarakat, foto pendiri Tebing Tinggi akhirnya diserahterimakan kepada pihak pengurus Museum Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi.

Penyerahan foto Tuan Syah Bokar Saragih Garingging Dasalak selaku Pendiri Tebing Tinggi langsung diserahkan Pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Tebing Tinggi disaksikan Penggiat Sejarah sekaligus Penulis Buku Abdul Khalik Damanik dikompleks Museum dijalan Gereja, Rabu (22/1/2020).

Menurut Arwin HP Silangit Pengurus PMS Kota Tebing Tinggi, foto pendiri Tebing Tinggi, Tuan Syah Bokar Saragih diterima oleh H. Nikmat Saragih selaku penasehat PMS dari Keturunan Syah Bokar Saragih yaitu Prof H. Sahnon Saragih yang berada di Malaysia.

“Khusus foto Tuan Bandar Kajum Damanik selaku Panglima Besar belum diterima PMS dari pihak keluarga dan terus mencari keberadaannya,” ucapnya.

Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi, melalui Kabid Kartini MSi didampingi pihak yang membidangi sejarah Binsar Pasaribu, Suriani dan Atilia Sartika mengucapkan terima kasih atas penyerahan foto Tuan Syah Bokar Saragih.

“Foto ini sangat berharga untuk dijaga dan diketahui masyarakat banyak,” ucapnya pula.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com