Connect with us

Politik

Jokowi Ungkap Sudah Selesaikan Susunan Kabinet

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019). (Foto: suara.com/Ummi Saleh)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa dirinya telah merampungkan penyusunan kabinet untuk membantu tugas-tugas selama pemerintahannya bersama Wakil Presiden terpilih Maruf Amin di periode 2019–2024.

Kendati demikian, ia mengatakan masih menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan nama-nama menterinya kepada publik.

“Penyusunan kabinet mendatang sudah selesai. Sudah rampung. Tinggal diumumkan saja,” tutur Jokowi saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Ketika ditanya terkait komposisi kabinet, Jokowi memastikan kalau menterinya akan diisi oleh tokoh-tokoh dari berbagai kalangan.

“Komposisinya sangat lengkap. Dijamin tak mengecewakan. Semua unsur terwakili, profesional, partai politik, agamawan, daerah, gender, semuanya,” jelasnya.

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih enggan untuk memerinci perwakilan golongan mana yang bakal mendominasi kabinet pada periode kedua kepemimpinannya.

Selain itu, Jokowi memastikan bahwa menterinya nanti akan dipenuhi kaum muda. Memang informasi ini sudah sering diungkapkan sang presiden sejak beberapa waktu lalu.

“Sudah sering saya sampaikan akan banyak warna yang muda-muda,” sambungnya.

Jokowi menilai, kaum milenial akan lebih memegang peranan dalam pemerintahan. Sebab, kaum milenial adalah yang paling siap menghadapi perubahan.