Connect with us

Dunia

Topan Lekima di China Tewaskan 49 Orang, Puluhan Orang Hilang

Published

on

Topan Lekima

Geosiar.com, China – Topan Lekima menerjang wilayah Pantai Timur China. Akibat peristiwa ini, saat ini korban jiwa dilaporkan mencapai 49 orang. Sebanyak 21 orang lainnya mesih belum ditemukan.

Topan Lekima menerjang tiga provinsi di China: Zhejiang, Shandong dan Anhui pada akhir pekan dan memaksa lebih dari satu juta jiwa penduduk mengungsi.

Kantor berita resmi China, Xinhua menyatakan seperti dikutip dari AFP, Selasa (13/8/2019), hingga Senin (12/8/2019) malam waktu setempat, setidaknya ada 49 orang tewas dan puluhan orang lainnya masih hilang.

Melalui tayangan di televisi CCTV menunjukkan bahwa jalan-jalan dan sawah-sawah yang dilanda banjir, kendaraan-kendaraan yang terendam banjir, puing-puing yang berserakan, pohon-pohon yang tumbang akibat angin kencang dan hujan yang menggguyur kota-kota.

Xinhua mengungkapkan, curah hujan yang tercatat akhir pekan ini di provinsi Shandong yakni yang terbesar sejmenjak pencatatan yang dimulai pada tahun 1952 silam.

Bencana alam ini sudah menimbulkan kerugian ekonomi sekitar 26 miliar yuan. Ribuan penerbangan juga telah dibatalkan dan layanan kereta terganggu akibat insiden ini.

Sebanyak ratusan tempat wisata di sepanjang pantai timur, termasuk Shanghai Disneyland, juga terpaksa ditutup sebelum topan ini melanda.