Connect with us

Lifestyle

Setop Berbagi 5 Produk Kecantikan Ini, Bahaya!

Published

on

Ilustrasi berbagi produk kecantikan bersama teman.

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagai kaum hawa sudah menjadi kodratnya untuk selalu ingin tampil cantik. Kesenangan dalam merias wajah dan mencoba tampilan baru selalu saja menjadi bahan perbincangan rutin bersama teman-teman wanita yang juga gemar berdandan.

Pada saat itu, tak menutup kemungkinan mereka akan saling bertukar alat makeup atau produk kecantikan lainnya. Namun, tahukah kamu bila berbagi produk kecantikan bisa menimbulkan efek merugikan bagimu?

Dikutip dari Independent, Konsultan dermatologis dari British Skin Foundation, Dr Adil Sheraz mengatakan berbagi alat makeup atau produk kecantikan bisa mengakibatkan penularan penyakit terhadap orang lain.

“Infeksi bakteri, jamur, dan virus dapat ditularkan melalui handuk, pisau cukur, dan segala jenis produk kecantikan dan rumah tangga. Bahkan infeksi itu bisa didapatkan dari keluarga, teman, atau orangtua. Jadi sebaiknya berhati-hati,” ujar Dr Adil Sheraz dikutip dari Independent, Selasa(13/8/2019).

Hal ini disebab ada beberapa produk yang tidak disarankan untuk digunakan secara bersama. Lantas apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini:

Lipstik, Lipbalm dan Lipgloss

Mulut merupakan bagian tubuh yang paling rentan akan kuman dan bakteri. Untuk menghindari virus HSV-1, kamu disarankan untuk tidak berbagi lipstik maupun lipbalm dengan orang lain. Kamu pasti sudah paham benar bagaimana kuman dan bakteri menular ketika kita bertukar-tukar menggunakan lipstik.

Selain itu, tekstur lipgloss yang sangat lengket memudahkan berbagai macam residu asing menempel pada batang kuasnya. Karena itulah lipgloss menjadi tempat yang sempurna untuk perkembangbiakan virus dan bakteri.

Produk Krim, Gel, atau Liquid

Tubuh mampu menyerap 60% kandungan yang terdapat di dalam sebuah produk yang diaplikasikan pada kulit. Bayangkan saja, seberapa banyak kotoran dan bakteri yang berpindah dari tangan ke kulit saat mencolek produk kecantikan yang kamu gunakan.

Produk dengan tekstur gel, krim, atau liquid (cair) berpotensi lebih besar menyebarkan kuman dan bakteri. Semakin banyak tangan yang menyentuh produk, makin banyak pula kuman dan bakteri yang berkembang.

Maskara

Bakteri bisa masuk ke dalam maskara dan menjadikannya sebagai sarang kuman. Selain itu, kamu juga tidak tahu dimana teman kalian meletakkan maskaranya, atau apakah dia memakainya ketika sedang menderita sakit mata.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari penyebaran penyakit adalah dengan tidak meminjam maskara dari orang lain atau memakai maskara punya orang lain.

Cat kuku

Cat kuku merupakan produk kecantikan yang paling sering digunakan secara bersama. Namun tindakan tersebut ternyata bisa berakibat fatal. Sebab, berbagi cat kuku dapat menyebabkan terjadinya persebaran jamur kuku.

Walaupun kemungkinannya sangat kecil, tapi tidak ada salahnya kan untuk waspada. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu apakah kuku temanmu memiliki jamur atau bersihkan tangan sebelum berbagi cat kuku.

Makeup Sponge

Produk kecantikan lainnya yang paling mudah untuk menyebarkan penularan penyakit adalah makeup sponge. Sebab, makeup sponge bersifat menyerap tekstur makeup apapun yang diaplikasikan, bahkan, meskipun sudah dicuci dengan bersih, mustahil untuk benar-benar membersihkan semua produk makeup yang pernah menempel pada benda ini.

Lifestyle

Wanita Paling Tangguh, 4 Zodiak Ini Dikenal Tidak Lemah

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Mendengar soal seseorang yang kuat dan tangguh, yang ada dipikiran sebagian besar orang yaitu adanya sosok lelaki yang kekar. Namun tanpa sadar, ada juga perempuan yang memiliki kepribadian tangguh. Ketangguhannya itupun dapat diprediksi melalui zodiak yang dimilikinya.

Dikutip dari fimela, berikut zodiak-zodiak yang berkepribadian tangguh.

Aries

Aries menjadi salah satu zodiak yang tidak pantas diremehkan karena mereka memang bukan tipe yang lemah. Jangan macam-macam dengan Aries karena mereka memiliki banyak kelebihan yang tak dimiliki orang lain.

Sebelum mencoba membuat masalah dan kegaduhan dengan Aries, sebaiknya lebih dahulu untuk mundur, karena ia jelas bukan tipe orang yang akan mengalah.

Taurus

Seperti simbol zodiaknya, Taurus memiliki karakter kuat dan tak menyerah seperti banteng. Ia tak suka jika orang berani mengusik orang-orang yang ia sayang, dan jelas Taurus tak akan tinggal diam jika diremehkan.

Capricorn

Capricorn merupakan zodiak yang tampak selalu berwibawa ke mana pun ia berada. Ia tak suka basa-basi. Ada aura intimidatif yang selalu ditunjukkan Capricorn sehingga orang lain tak mudah meremehkannya. Ia selalu menjaga diri agar orang tak bisa menjatuhkan kepercayaan dirinya. Ia punya kesan tangguh yang kharismatik.

Aquarius

Zodiak ini dikenal tak suka memulai konfrontasi dan tak suka dikonfrontasi. Tapi jika orang melakukannya, ia tak akan tinggal diam. Ia bukan tipe yang bisa dengan mudah di-bully walaupun tampak santai dan tenang dari luar. Dengan sarkas dan sinis dalam dirinya, Aquarius merupakan petarung tangguh jika orang mencoba membuat masalah dengannya.

Itulah sekian zodiak yang ternyata tipe yang tangguh dan kuat.

Continue Reading

Lifestyle

Bahaya Cuci Tangan Pakai Air Kobokan Kata dr Kanaya

Published

on

Ilustrasi mencuci tangan dengan air kobokan.

Geosiar.com, Lifestyle – Di Indonesia, makan dengan menggunakan tangan disebut lebih nikmat ketimbang menggunakan sendok dan garpu. Oleh karena itu, hampir seluruh masyarakat di negara +62 ini makan pakai tangan.

Sebenarnya tidak ada yang salah disitu, tapi banyak yang menyebut makan menggunakan tangan tidak higienis hingga berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Semua akan aman kok jika sebelum ataupun sesudah makan kita membersihkan tangan dengan baik dan benar.

Misalnya, saat menyantap pecel lele atau nasi Padang, banyak tempat makan yang menyediakan mangkuk kecil berisi air dan potongan jeruk nipis untuk cuci tangan. Mangkuk berisi air ini juga biasa dikenal dengan air kobokan.

Air kobokan sendiri dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan mencuci tangan sebelum makan. Tapi, mampukah air kobokan tersebut membersihkan tangan dari kuman?

“Ya enggak bagus. Harusnya pakai sabun dan air mengalir. Misalnya pakai hand sanitizer lalu kemudian disiram.Kuncinya mengalir yang fungsinya seperti flushing aja,” ujar dr Kanaya Fidzuno SpA dikutip dari viva.co.id, Sabtu (15/10/2019).

Hal ini dikarenakan dalam air kobokan, air hanya berkubang di dalam sebuah wadah sehingga tidak ada proses air mengalir seperti standar mencuci tangan pada umumnya. Apabila cuci tangan tidak dilakukan dengan benar, hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan.

“Banyak banget. Soalnya diare dampaknya. Dokter juga sudah bilang angka penyakit infeksi udah meningkat, salah satunya itu diare,” lanjut Kanya.

Menurutnya, risiko kesehatan semakin meningkat ketika tidak diajarkan kebersihan mencuci tangan sejak usia dini. Kanya mengatakan, jika tidak terbiasa mencuci tangan, anak akan mudah terkena rotavirus.

“Bahwa tersering mengenai anak yaitu rotavirus, karena dia air, cair, diselingi dengan muntah dan dehidrasi. Yang bikin kematian bukan rotavirusnya, tapi dehidrasinya. Jadi dengan cuma cuci tangan dapat mengurangi angka kematian diare,” pungkasnya.

Continue Reading

Lifestyle

Pingin Balikan Sama Mantan? Bisa Tapi Hindari Hal Ini!

Published

on

Ilustrasi tentang cinta. Foto: (Brilio.net)

Geosiar.com, Lifestyle – Putus dengan kekasih merupakan hal wajar dalam sebuah hubungan asmara. Penyebabnya tentu beragam, mulai dari tidak cocok hingga tak mendapat restu.

Namun, tak jarang sepasang kekasih putus karena keegoisan masing-masing individu yang pada akhirnya berujung pada penyesalan. Setelah putus tapi masih cinta dan sering rindu, membuat seseorang ingin CLBK alias cinta lama bersemi kembali atau balikan.

Tapi, dalam proses pendekatan kembali itu, tanpa disadari, seseorang yang sebenarnya berniat untuk membuat pujaan hati kembali sering membuat kesalahan yang akhirnya malah membuat hubungan kian renggang.

Nah, untuk mengantisipasi hal itu, Geosiar.com mengutip dari ekotrimulyono.com akan menjelaskan beberapa hal yang harus kalian rubah ketika ingin balikan kepada mantan.

Terburu-buru

Kesalahan paling fatal yang dilakukan ketika ingin balikan adalah terlalu terburu-buru. Jika baru saja putus, sebaiknya kamu biarkan dulu sampai dia merasa tenang.

Jangan terlalu sering mengirimkan pesan ataupun menelpon. Hal itu justru membuatnya semakin bosan. Biarkan dia berpikir dulu dan biarkan dia menentukan pilihanya, ingin kembali apakah memang benar ingin pergi dari kamu.

Selalu Menanyai Temannya

Hal kedua yang harus dihindari adalah terlalu sering menghubungi teman atau keluarga untuk menanyakan kabar mantan kamu. Hal ini sering dilakukan ketika pasangan baru putus kemudian mencoba mendapat informasi tentang mantannya kepada teman-temanya.

Padahal, hal ini tidak akan membuat mantan kamu kembali, yang ada si mantan malah menjadi ilfil. Jadi, tetaplah membuatnya merasa kehilangan, agar dia dapat berfikir apakah benar-benar akan meninggalkan kamu atau merindukan kamu dan akan kembali kepadamu.

Baru Putus Ngajak Balikan Lagi

Pada dasarnya sebuah hubungan adalah antara 2 hati yang di satukan oleh cinta. Namun 2 sifat yang berbeda dapat menyebabkan hubungan tersebut hancur. Ketika sebuah hubungan tersebut sudah menimbulkan rasa cinta yang mendalam pastinya akan sulit untuk melupakan masa-masa bahagia apalagi baru saja putus.

Nah ketika anda sedang merasakan kehilangan yang mendalam, sebaiknya jangan langsung ngajak balikan. Karena hal ini pun tidak akan membuatnya merubah keputusan dalam 1 malam. Hargai lah keputusanya, jangan membuat nya menjadi bosan karena anda selalu mengejarnya seakan-akan harus balikan dengan anda.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com