Connect with us

Politik

Sidang Putusan Gugatan Perdata Mulan Jameela cs Dibacakan Hari Ini

Published

on

Mulan Jameela di TPS 49, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Geosiar.com, Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang pembacaan putusan gugatan perdata Mulan Jameela bersama 8 calon anggota legislatif Partai Gerindra terhadap DPP Partai Gerindra hari ini, Senin (12/8/2019).

“Agenda sidang pembacaan putusan pukul 09.00 WIB,” tutur Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur, Senin (12/8/2019).

Seperti diketahui, Mulan Jameela cs mengajukan sengketa perdata terhadap partainya sendiri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam gugatannya, mereka menuntut Gerindra untuk menetapkan mereka sebagai anggota DPR.

“(Gugatan itu terkait) sengketa partai politik,” ujar Achmad pada 16/7/2019 lalu.

Pemohon menggugat dengan Pasal 419 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Gugatan itu teregister dengan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Pihak tergugat adalah Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

Politik

Mendagri Tepis Pernyataan Kepala Daerah Dipilih DPRD

Published

on

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan bahwa dirinya tidak pernah melontarkan pernyataan yang menyebut proses pemilihan kepala daerah alias pilkada dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Usulan agar dikembalikan kepada DPRD, ini saya menyampaikan, saya tidak pernah menyampaikan kembali kepada DPRD. Ini saya klarifikasi,” tutur Tito dalam rapat bersama Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dalam rapat itu, Tito kembali menjelaskan bahwa usulannya ialah melakukan evaluasi terhadap proses pilkada secara langsung. Menurut mantan Kapolri ini, pelaksanaan pilkada harus dievaluasi karena merupakan kebijakan yang menyangkut kepentingan bangsa.

“Evaluasi harus dilakukan lewat kajian empiris atau berdasarkan pelaksanaan yang sudah dilakukan selama ini untuk mengetahui dampak positif dan negatif. Ditambah kajian akademik yang merujuk pada data,” ujar Tito Karnavian.

Lebih lanjut, Tito berujar kajian akademik bisa ditempuh dengan melakukan survei guna mengetahui respons masyarakat mengenai pemilihan kepala daerah secara langsung atau dikembalikan proses pemilihannya ke DPRD.

“Kenapa kajian akademik, karena memiliki metodologi yang bisa dipertanggungjawabkan dengan data, data kuantitatif, data kualitatif data gabungan kualitatif dan kuantitatif,” jelasnya.

Kontroversi pernyataan Tito mucul usai Rapat Kerja bersama Komisi II DPR pada 6 November lalu, terhadap pelaksanaan pilkada secara langsung. Ia berujar pilkada langsung memang dianggap positif tapi memerlukan biaya tinggi.

“Kalau [pilkada langsung] dianggap positif, fine. Tapi bagaimana mengurangi dampak negatifnya? Politik biaya tinggi, bayangin,” ucap Tito di DPR, Jakarta, (6/11).

Continue Reading

Politik

SPSI Ikut Dukung Rusdi Sinuraya Pilwalkot Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Dukungan terhadap Rusdi Sinuraya untuk maju Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Medan periode 2020-2024 terus mengalir.

Setelah 15 ribu orang dari komunitas pedagang dan 200 ribu dari perkumpulan Pemuda Merge Silima etnis Karo menyatakan dukungannya. Kali ini Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Medan ikut mendukung Rusdi Sinuraya posisi Wakil Walikota.

Ketua SPSI Medan sektor Bongkar Muat, Martin Luther Bangun menyatakan dukungannya saat mengantar Rusdi Sinuraya mendaftar ke Partai Gerindra Medan pekan lalu. Martin Bangun mengaku akan mendukung Rusdi Sinuraya karena terbukti bagus membenahi pasar.

“Selaku masyarakat menengah ke bawah, kami menginginkan sosok pemimpin yang peduli dengan masyarakat bawah. Dan tidak tersandra dengan elit politik dari kalangan atas,” ujar Martin Luther Bangun

Menurutnya, sejak menjabat sebagai Dirut PD Pasar Kota Medan, Rusdi Sinuraya tidak hanya bertanggung jawab terhadap kemajuan pasar, tapi juga sektor pendukung lainnya, termasuk SPSI Kota Medan.

“Kami bersentuhan langsung di pasar-pasar tradisional. Dari sanalah kami menilai sosok pak Rusdi yang sangat peduli dengan pedagang pasar dan masyarakat menengah ke bawah,” kata Martin.

Ditambahkan Martin, selama PD Pasar dipimpin Rusdi Sinuraya, banyak elemen pendukung pasar tradisional diberdayakannya. Salah satunya adalah SPSI Sektor Bongkar Muat. 

Kebijakan Rusdi ini, ujar Martin Marbun, membuat SPSI sangat dihargai dan kesejahteraan anggotanya juga terjamin.

“Beliau merupakan pemimpin yang bertanggung jawab tidak hanya kepada pasar tradisional, tapi juga sektor-sektor pendukung lainnya. Sehingga kami sudah menganggap PD Pasar Kota Medan mitra bagi SPSI,” terang Martin Luter Bangun. (lamru)

Continue Reading

Politik

Pilkada 2020, Partai Berkarya Bakal Gandeng PKS?

Published

on

Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

Geosiar.com, Jakarta – Partai Berkarya ingin ikut berkontestasi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Keinginan ini berani diutarakan sebab, sebagai partai baru, Berkarya berhasil memperoleh lebih dari 160 kursi DPRD di sejumlah wilayah pada Pemilu 2019.

Untuk itu, Sekretaris Jenderal Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.
mengatakan partainya akan membuka peluang koalisi dengan partai politik lain, termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kami juga berencana membuka kerjasama di pilkada. Ini (160 kursi DPRD) modal dasar dan potensi yang kami syukuri sebagai partai pendatang baru,” tutur Priyo saat dikonfirmasi, Senin (18/11/2019).

Berdasarkan keterangan Priyo, Berkarya dan PKS bahkan sudah menjadwalkan pertemuan politik guna membahas koalisi usai Partai Gerindra bergabung dengan pemerintahan, termasuk situasi Indonesia terkini.

“Ada pikiran-pikiran untuk meramu gagasan-gagasan alternatif. Api demokrasi tidak boleh redup hanya karena banyak orang berduyun-duyun merapat kepada kekuasaan. Kualitas demokrasi mestinya tetap harus terjaga,” lanjut dia.

Priyo mengatakan Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto juga telah menyetujui untuk bertemu dengan Presiden PKS, Sohibul Iman. Pertemuan itu rencananya digelar pekan ini.

“Saya lapor ketum dan Mas Tommy Soeharto setuju memenuhi undangan PKS. Untuk berikutnya PKS yang ganti berkunjung ke Partai Berkarya,” pungkasnya.

Partai PKS sendiri juga telah memastikan bakal bertemu dengan Ketua Umum Partai Berkarya, Tommy Soeharto. PKS menilai, meski partai baru, Berkarya mempunyai kedaulatan yang sama untuk menyampaikan suara rakyat.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com