Connect with us

Nasional

Moeldoko Soal PNS Kerja dari Rumah: Ikuti Perkembangan Zaman

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Wacana terkait sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diperbolehkan bekerja dari rumah masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas. Usulan itu pertama kali diungkapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebutkan bahwa kebijakan PNS bekerja dari rumah bukan lah hal negatif melainkan bagian dari adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang semakin mutakhir.

“Kalau sekedar wacana boleh. Karena kita semuanya menjadi aware bahwa lingkungan sudah berubah seperti ini. Memang perlu direspons,” tutur Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Menurut Moeldoko, wacana itu sebagai bentuk antisipasi terhadap perubahan zaman yang memang harus diikuti dengan adaptasi. Kendati demikian, Moeldoko memastikan bahwa usulan tersebut baru sekedar wacana dan harus dikaji lebih dalam sebelum mengesahkan sebagai suatu kebijakan.

“Ini kan wacana sebagai mengantisipasi perkembangan ke depan, jadi pasti ada kajian yang lebih jauh lagi. Bukan berarti tahun depan akan dilakukan, enggak lah. Ada yang perlu didalamin lagi,” pungkasnya.

Adapun alasan Kemenpan RB mengajukan rencana itu yakni ingin meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki target sekitar dua juta atau setengah dari total aparatur sipil negara (ASN) sudah diisi oleh pegawai-pegawai berbasis IT pada 2024.

Nasional

DPP PDI Perjuangan Instruksikan Pengurangan Sampah Plastik

Published

on

Medan, Geosiar.com – DPP PDI Perjuangan terbitkan surat perihal instruksi pengurangan penggunaan plastik untuk kehidupan sehari hari. Instruksi itu guna mengurangi limbah sampah plastik domestik yang sangat mengganggu ekosistem lingkungan dan kesehatan tubuh.

Dalam surat edaran yang diterima wartawan Geosiar.com, Selasa (19/11/2019) tertanggal 15 Nopember 2019 No 905/IN/DPP/XI/2019 yang di tanda tangani Ketua I Made Urip dan sekretaris Hasto Kristiyanto menginstruksikan kepada DPD PDI P, DPC PDI P, anggota DPRD Propinsi/Kabupaten-Kota Fraksi PDI P dan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah seluruh In9donesia agar mengurangi pemakaian plastik.

Disebutkan, sampah plastik menjadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan dan Indonesia salah satu negara penyumbang ke dua terbesar di dunia. Terkait hal itu, PDI Perjuangan peduli terhadap kelestarian lingkungan maka menginstruksikan kepada kader mauoun anggota partai yang ada di struktur eksekutif dan legislatif agar lebih peduli dengan situasi lingkungan.

Untuk itu diminta supaya meminimalisir pemakaian plastik (botol plastik, kantong plastik, styrofoam dan sedotan) menggunakan hasil industri yang ramah lingkungan.

Selanjutnya mendorong pelestarian lingkungan dengan menanam dan merawat pohon di lingkungan, rehabilitasi lahan, membuat daerah resapan air, melakukan rotasi tanaman dan membuat taman kota yang dapat membersihkan udara yang mampu menciptakan suasana nyaman dan asri.

Disebutkan, surat instruksi itu diperbuat untuk dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab sebagai kader partai dan disosialisasikan dengan baik.

Sebagaimana diketahui, Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution bulan lalu telah terlebih dahulu menginstruksikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Medan untuk pengurangan sampah plastik. Hal itu untuk meminimalisir sampah plastik yang terbukti dapat mengakibatkan banjir di Medan. (lamru)

Continue Reading

Nasional

Densus 88 Tangkap 46 Terduga Teroris Pascabom di Polrestabes Medan

Published

on

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo

Geosiar.com, Jakarta – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror berhasil mengamankan sebanyak 46 orang terduga teroris di wilayah Sumatera dan Jawa pasca-aksi bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dari 46 terduga teroris itu, 23 orang di antaranya terlibat langsung dengan bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

“Sampai hari ini upaya penegakan hukum yang dilakukan Densus 88 dan Polda sudah mengamankan atau menetapkan tersangka sejumlah 46 orang, seluruhnya ya,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Sementara 23 terduga teroris lainnya yang ditangkap di wilayah Jawa hingga kini masih didalami apakah ada kaitannya dengan aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

Sebelumnya diberitakan, telah terjadi ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu 13 November 2019 lalu. Kejadian itu mengakibatkan enam orang menjadi korban.

Continue Reading

Nasional

Gibran Rencana Pakai Jasa Pengasuh Bayi Bantu Urus La Lembah Manah

Published

on

Gibran Rakabuming Raka bersama istri dan kedua anaknya

Geosiar.com, Solo – Kelahiran La Lembah Manah mengartikan bahwa Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda sudah memiliki dua orang anak. Gibran mengaku akan berencana memakai jasa pengasuh bayi atau baby sitter.

Gibran mengatakan, jasa baby sitter bakal membantu Selvi untuk mengurus Lembah Manah. Dengan demikian Selvi bisa tetap mengurus anak pertamanya, Jan Ethes Srinarendra.

“Anak sudah dua, pakai baby sitter. Kalau bisa perhatian ibunya ke anak nomor satu, biar nggak cemburu,” ujar Gibran di RS PKU Muhammadiyah Solo, Senin (18/11/2019).

Lantaran sekarang sedang memiliki bayi, Gibran menyebut Selvi tidak mungkin mengurus Jan Ethes seperti sebelumnya. Selama ini, lanjut Gibran, Selvi mengurus anaknya sendiri.

“Kasihan ibunya nganter sekolah, les, les renang, les musik, bahasa Inggris, dianter ibunya sendiri, kasihan. Dulu kan masih anak pertama masih bisa di-handle sendiri, ini dua, nggak mungkin lah, kan repot, apalagi kalau saya tinggal,” jelas Gibran

Sebelumnya, setelah tiga hari rawat inap usai menjalani proses persalinan di RS PKU Muhammadiyah Solo, Selvi Ananda akhirnya diperbolehkan pulang. Selvi keluar dari rumah sakit bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, Bobby Nasution serta Sedah Mirah Nasution.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com