Connect with us

Nasional

Moeldoko Soal PNS Kerja dari Rumah: Ikuti Perkembangan Zaman

Published

on

Geosiar.com, Jakarta – Wacana terkait sistem kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diperbolehkan bekerja dari rumah masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas. Usulan itu pertama kali diungkapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebutkan bahwa kebijakan PNS bekerja dari rumah bukan lah hal negatif melainkan bagian dari adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang semakin mutakhir.

“Kalau sekedar wacana boleh. Karena kita semuanya menjadi aware bahwa lingkungan sudah berubah seperti ini. Memang perlu direspons,” tutur Moeldoko di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Menurut Moeldoko, wacana itu sebagai bentuk antisipasi terhadap perubahan zaman yang memang harus diikuti dengan adaptasi. Kendati demikian, Moeldoko memastikan bahwa usulan tersebut baru sekedar wacana dan harus dikaji lebih dalam sebelum mengesahkan sebagai suatu kebijakan.

“Ini kan wacana sebagai mengantisipasi perkembangan ke depan, jadi pasti ada kajian yang lebih jauh lagi. Bukan berarti tahun depan akan dilakukan, enggak lah. Ada yang perlu didalamin lagi,” pungkasnya.

Adapun alasan Kemenpan RB mengajukan rencana itu yakni ingin meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki target sekitar dua juta atau setengah dari total aparatur sipil negara (ASN) sudah diisi oleh pegawai-pegawai berbasis IT pada 2024.