Connect with us

Sumut

Pemko Medan Revisi Perda RTRW Guna Mewujudkan Medan Tujuan Investasi

Published

on


 
Medan, Geosiar.com – Pemko Medan mengajukan revisi Perda Kota Medan Nomor 13 Tahun 2011 tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Medan Tahun 2011-2013. Revisi dilakukan guna mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan serta mempunyai daya saing dan daya tarik sebagai daerah tujuan investasi.

Hal itu dikemukana Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Medan Ir Wiriya Alrahman MM saat memimpin Rapat Konsolidasi Subtansi Materi Revisi RTRW Kota Medan Tahun 2011 – 2031 di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Jumat (9/8/2019).

Sekda mengatakan,  melalui revisi  diharapkan mampu memanfaatkan ruang daratan, lautan dan udara untuk aktifitas pembangunan kota berbasis ekonomi di sektor perdagangan dan jasa, pariwisata serta industri yang berwawasan lingkungan di Kota Medan.

Dalam rapat, Sekda menjelaskan,  revisi Perda Nomor 13 Tahun 2011 ini sudah sampai ketahapan menunggu persetujuan dari DPRD Medan.  Setelah DPRD setuju, kemudian disampaikan kepada Provinsi Sumut untuk selanjutnya diteruskan kepada pemerintah pusat. “Kita harapkan pembahasan di DPRD Medan berjalan lancar dan revisi yang kita ajukan disetujui,” kata Sekda.

Sementara itu Kabid Fisik dan Tata Ruang Bappeda Kota Medan Fery Ichsan menjelaskan, terkait revisi RTRW Kota Medan yakni pemerataan pembangunan di kawasan utara, mengembangkan kawasan strategis sosial budaya, visi dan misi yang belum terakomodir secara spatial, dan rencana fasilitasi ekonomi.

Kemudian  Fery menambahkan, melihat fungsi dari Kota Medan sesuai PP No. 26/ 2008 sebagai kawasan perkotaan nasional bersama Binjai, Deli Serdang dan Karo  sekaligus pusat kegiatan nasional. Dalam kesempatan ini, Fery berharap RTRW Mebidangro dapat mendorong kawasan dan sekitarnya menjadi lebih maju lagi.

Selain itu, Fery mengungkapkan bahwa terdapat lahan mangrove seluas 1.029 Ha di kawasan utara serta sejumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Medan yang belum menjadi bagian perencanaan penataan ruang dan wilayah jangka panjang.

“Bisa kita lihat pengolasian mangrove dengan 1029 Ha berada di kawasan utara, sementara diruang terbuka hijau kawasan perkotaan belum dijadikan sebagai acuan dalam perencanaan pola ruang kawasan lindung tersebut, misalnya kebutuhan RTH dalam rangka meminimalisir gas buangan CO2, dan kriteria lainnya,” tambah Fery. (lamru)

Advertisement

Sumut

Hadiri Pelantikan Pujakesuma, Hj Fitriani Manurung Minta Komitmen Perbaikan Membangun Kota Medan

Published

on

Medan, Geosiar.com – Putera Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) diharapkan mampu menciptakan kebersamaan bagi seluruh warga kota Medan khususnya warga jawa. Ke depan Pujakesuma semakin kompak dan berkomitmen membawa perobahan positif kepada masyarakat bahkan pemerintah.

Harapan itu disampaikan tokoh akademisi Hj Fitriani Manurung S.Pd, M.Pd saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Pujakusuma Sumatera Utara di lapangan Merdeka, Minggu (20/10/2019). Pada kesempatan itu Fitriani Manurung tampak dekat bersosialisasi berbaur dan memberikan ucapan selamat kepada pengurus.

Ucapan selamat terkhusus kepada Eko Supianto yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara, M Roni Alhadi Sekretaris, dan Niko Bendahara untuk masa bakti 2018-2023.

“Selamat Kepada Ketua  dan kepada seluruh Pengurus DPW Pujakesuma yang baru saja dilantik. Mari kita bersama-sama mendukung untuk membangun Kota Medan lebih baik lagi.  Semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah yang telah diberikan kepada mereka dan menjadi wadah pemersatu,” paparnya.

Menurut Fitriani, Pelantikan Ketua DPW Pujakesuma Sumatera yang bersamaan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodod dan Prof. Dr. K.H Ma’ruf Amin memiliki nilai dan moment yang sangat berarti dan memiliki tanggungjawab yang berat.

“Pelantikan Ketua Pujakesuma kali ini sangat special, dimana bersamaan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kita, tentunya ini menjadi salah satu petanda bahwa para pengurus yang baru saja dilantik memiliki tanggung jawab kedepan,” Katanya.

Fitriani yang saat ini menyelesaikan Doktor (S3) di UNIMED mengungkapkan, Pujakesuma harus kompak dan punya komitmen, baik para pengurus dan anggota harus komitmen dan tidak mudah dipecah belah oleh oknum-oknum yang ingin merusak persatuan dan kesatuan bangsa maupun organisasi persatuan Pujakesuma.

Adapun Pelantikan Ketua DPW Pujakesuam Sumut tersebut  diawali dengan acara Reog Ponorogo Singa Palas, persembahan tarian dan hiburan Pujakesuma dan  disaksikan kurang lebih 10 ribu warga Pujakesuma.(rel/lamru).

Continue Reading

Sumut

Pawas Satgas TMMD Bagikan Sembako Kaum Dhuafa di Desa Pispis

Published

on

Pawas TMMD Ke-106 Kodim 0204/DS, yang juga Pasiter Kodim 0204/DS, Lettu Kav Sudirno berbagi rezeki kepada kaum dhuafa yang berada di Desa Pispis kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (21/10/2019). (Foto: WH/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Disela-sela proyek pembangunan jalan dan jembatan, Pawas TMMD Ke-106 Kodim 0204/DS, yang juga Pasiter Kodim 0204/DS, Lettu Kav Sudirno berbagi rezeki berupa sembako kepada kaum dhuafa yang berada di Desa Pispis kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (21/10/2019).

“Berbagi rezeki ini merupakan wujud kepedulian antar sesama dan kemanunggalan TNI kepada warga,” ujar Sudirno saat dikonfirmasi. 

Salah seorang warga yang menerima bantuan sembako tersebut atas nama Lili. Lantas, dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pasiter Kodim 0204/DS, atas kepeduliannya.

“Alhamdulillah atas bantuannya, pak, semoga Allah SWT memudahkan rezeki bapak dan memuluskan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan,”ucapnya. (WH)

Continue Reading

Sumut

Audensi SMP ST Yoseph, Akhyar Nasution Tuntut Siswa Berprestasi, Antonius: Pensi Patut Didukung

Published

on

Medan, Geosiar.com – Pemko Medan mendukung kegiatan yang sifatnya melakukan pembinaan terhadap generasi muda. Selain pembentukan karakter, kegiatan yang bersifat salah satu upaya untuk menjauhkan para generasi muda untuk melakukan perilaku negatif seperti penyalahgunaan narkoba. 

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ketika menerima audiensi SMP St Yoseph Pemuda Medan di Ruang Khusus Wakil Wali Kota, Senin (21/10/2019). Kedatangan mereka didampingi anggota DPRD Medan Antonius D Tumanggor untuk mengundang Wakil Wali Kota sekaligus mendukung Pentas Seni (Pensi) SMP St Yoseph Pemuda Medan.

“Kita tentunya sangat menyambut baik Pensi SMP St Yoseph Pemuda Medan. Apalagi kegiatan ini mengusung tema Character Building (membangun karakter). Selain membangun karakter, kegiatan ini menjadi sarana bagi para siswa untuk menyalurkan bakat dibidang seni,” kata Wakil Wali Kota.

Yang lebih penting lagi, lanjut Wakil Wali Kota, melalui Pensi ini para generasi muda bisa berinovasi dan berkreatifitas, sehingga dapat menghindarkan mereka dari pengaruh narkoba maupun kenakalan remaja lainnya. Kemudian menyadarkan bahwasannya tugas mereka adalah belajar guna meraih prestasi yang dapat membanggakan, baik nama pribadi, sekolah maupun Kota Medan.

Sementara itu anggota DPRD Medan Antonius Devalis Tumanggor menyampaikan kegiatan siswa tersebut patut didukung apalagi yang bersifat positif menjauhi kenakalan remaja menjauhi narkoba.

“Kita harus dukung para siswa bersosialisasi menunjukkan karakter yang positif. Kegiatan mereka dapat menjadi contoh dan barometer dunia pendidikan di kota Medan”, ujar Antonius asal Partai MasDem itu.

Sebelumnya, Alizaro Laia selaku Kepala Sekolah SMP St Yoseph Pemuda Medan mengatakan, kedatangannya bersama 5 guru dan 8 siswa untuk mengundang Wakil Wali Kota dalam acara Pensi yang diadakan di Gedung Selecta Jumat (29/11) mendatang.

“Pensi ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya, maka dari itu kami sangat mengharapkan kedatangan Wakil Wali Kota untuk hadir serta mendukung acara pensi ini dengan memberikan motivasi kepada guru maupun siswa SMP St Yoseph Pemuda Medan,” kata Alizaro Laia.

Selain itu, Alizaro Laia mengungkapkan bahwa Pensi kali ini mengusung tema Character Building (membangun karakter) yang akan menampilkan teater serta tarian dari berbagai daerah. Ia juga menjelaskan alasan memilih tema ini yakni karena saat ini begitu banyak siswa yang memiliki perilaku melenceng seperti menggunakan narkoba, menyebar berita hoax, serta pergaulan bebas.

“Melalui Pensi ini, diharapkan para siswa dapat sadar dan kembali ke jalan yang benar  sehingga mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini salah. Selain itu, di zaman yang sekarang ini, begitu banyak siswa yang bangga dengan mengenakan merk luar negeri kenapa kita tidak bangga menggunakan merk lokal serta mencintainya,” ungkapnya. (lamru)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com