Connect with us

Sumut

Pemko Medan Mengaku Concern Pelestarian Cagar Budaya

Published

on


 
Medan, Geosiar.com – Pemko Medan mengaku concern (perhatian) dan tetap mempertahankan kawasan sekitar Istana Maimun, Taman Sri Deli dan Masjid Raya Al Mashun sebagai kawasan cagar budaya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini itu dilakukan agar kawasan yang masuk dalam heritage tersebut tetap terjaga keasliaannya sebagai sebuah peninggalan bersejarah.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dalam Focus Group Discussion (FGD) Pengawasan, Pengamatan, Penelitian dan Pemeriksaan (Wasmalitrik) terkait Kawasan Perkotaan Kota Medan dan Kawasan Danau Toba bersama Kementrian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (Kementrian ATR/BPN) RI di Grand Kanaya Hotel, Jalan Darussalam Medan, Jumat (9/8/2019).

Tujuan FGD digelar guna membahas serta berdiskusi terkait berbagai masalah penataan ruang kawasan heritage Kota Medan, khususnya Istana Maimun. Ditegaskan Benny, Pemko Medan concern terhadap keberadaan cagar budaya, termasuk kawasan sekitarnya.  Namun tidak jarang Pemko Medan menemukan berbagai kendala ketika akan melakukan revitalisasi, pengawasan dan pemebenahan untuk memperindahan kawasan tersebut.

Salah satu kendala yang dialami beber Benny, adanya penolakan dari berbagai pihak yang merasa keberatan dan dirugikan dengan pembenahan yang dilakukan Pemko Medan tersebut. “Wali Kota Medan hingga kini terus berupaya melakukan pembenahan kawasan cagar budaya, khususnya sekitar Istana Maimun. Namun upaya ini terkendala menyusul adanya penolakan,” kata Benny.

Selain itu juga memberi peringatan serta sosialisasi agar pihak atau masyarakat, khususnya yang mendiami kawasan sekitar cagar budaya agar lebih sadar hukum, terlebih soal izin bangunan dan kepemilikan lahan.

“Selain itu, kami juga mengalami keterbatasan kewenangan dalam menormalisasi sempadan Sungai Deli yang juga bersinggungan dengan kawasan cagar budaya. Oleh karenanya kami tetap berkoordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai untuk sinkronisasi pelaksanaannya,” jelasnya.

Sementara itu Stefanus Aji selaku Kasubdit Penertiban Wilayah I Kementrian ATRBPN mengaku, pihaknya siap membantu Pemko Medan dalam menyikapi berbagi masalah yang dihadapi dalam upaya pembenahan kawasan cagar budaya. “Kami yakin sinergitas yang dibangun dapat menemukan solusi untuk menghadapi berbagai kendala yang ada. Ini juga menjadi bentuk kontribusi kami bagi Kota Medan,” ungkap Stefanus.

FGD juga dihadiri sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti, Badan Perencanaan Derah (Bapeda) Kota Medan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Satpol PP serta OPD di lingkungan Pemprov Sumut.Hasil FGD selanjutnya akan dibawa kepada Kementerian ATRBPN untuk ditindaklanjuti.(lamru)

Advertisement

Sumut

SERTIJAB DIRLANTAS POLDA SUMUT DIHADIRI KAPOLRESTABES MEDAN

Published

on

Serah terima jabatan (sertijab) Dirlantas Polda Sumut di Aula Tribrata Poldasu, Jalan Tanjung Morawa KM 10,5 Timbang Deli Medan Amplas, Jumat (23/8/2019)

Geosiar.com, Medan – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH, SIK, MSi menghadiri kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Dirlantas Polda Sumut yang digelar di Aula Tribrata Poldasu, Jalan Tanjung Morawa KM 10,5 Timbang Deli Medan Amplas, Jumat (23/8/2019).

Sertijab ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto,SH,MH. Turut hadir pula Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Drs Eko Kristianto, MSi, Pju Polda Sumut dan Para Kapolres jajaran Polda Sumut, Para pengurus Bhayangkari Polda Sumut serta Ketua Bhayangkari cabang jajaran Polda Sumut.

Adapun yang sertijab yakni Dirlantas Polda Sumut, dari Kombes Pol Yuli Kurniawan, SIK sekarang dijabat oleh Kombes Pol Kemas Ahmad yamin SIK.

Sertijab merupakan kebutuhan manajemen dalam dinamisasi organisasi Polri sekaligus mengembangkan karir yang bersangkutan.

Dalam sertiijab diperlukan komitmen, dedikasi serta rasa tanggung jawab pejabat yang bersangkutan untuk mengemban tugas, peran serta fungsi yang diamanahkan demi meningkatkan kinerja polri dalam memelihara Kamtibmas, menegakan hukum, melindungi,  mengayomi serta  melayani masyarakat.

“Semoga pejabat yang baru dapat memberikan konstribusi yang baik serta dapat meningkatkan kinerja yang baik,” ujarnya.

Continue Reading

Sumut

3 Mobil Tabrakan Bruntun di Jalan Lintas Tebing Tinggi-Kisaran

Published

on

Unit Laka Lantas Polres Tebing Tinggi saat melakukan cek olah TKP (WH/geosiar.com)

Geosiar.com, Tebing Tinggi – Kecelakaan beruntun terjadi antara mobil truk trailer dengan plat BK 8196 EL kontra mobil dum truk tronton BK 9723, mobil truk colt diesel rangki BK 9819 CN, pada Kamis (22/8/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.

Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi, AKP. Sarifuddin Siagian melalui Kanit Laka Aiptu. K. Napitupulu kepada wartawan membenarkan adanya insiden yang terjadi di Jalan Lintas Tebing Tinggi-Kisaran Desa Mendaris A Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai.

Kanit Laka Aiptu. K. Napitupulu menyatakan, pengemudi mobil truk trailer, warga Dusun Sepakat Desa Bangko Jaya Kecamatan, mengalami luka berat dibagian kaki kanan dan kiri patah. Sementara pengemudi mobil dam truk tronton Suhendra Saragih (39) warga Jalan Setia Budi Kelurahan Brohol Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi, tidak mengalami luka dan pengemudi mobil truk colt diesel tangki, Dedi Iskandar (29) warga Dusun II Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan mengalami luka.

“Kronologis kejadian sebelum terjadinya kecelakaan lalu lintas  tersebut, mobil truk trailer datang dari arah Kisaran menuju arah Tebing Tinggi dengan kecepatan tinggi dan tidak hati-hati. Setibanya di TKP gagal menjaga jarak dengan mobil dam truk yang berada didepannya hingga terjadi tabrakan kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Bagian depan mobil truk trailer menabrak bagian bak belakang mobil dum truk. Mobil dum truk tronton terdorong kedepan laju semula dan menabrak mobil truk colt diesel tangki yang berada didepan (satu arah).  Bagian depan mobil dam truk tronton berbenturan dengan bak belakang truk colt diesel tangki.

Saat ini barang bukti diamankan di Mako Unit Laka Lantas Polres Tebing Tinggi, 1 unit mobil truk trailer, 1 unit mobil dum truk tronton, 1 unit mobil truk colt diesel tangki. Kerugian material diperkirakan sekitar Rp 10.000.000. (WH)

Continue Reading

Sumut

UAS akan Dakwah di Siantar, Panitia: Tidak Ada Sesi Tanya Jawab

Published

on

Ustadz Abdul Somad

Geosiar.com, Simalungun – Penceramah kondang, Ustadz Abdul Somad dijadwalkan akan bertausiyah di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah, pada Minggu (25/8/2019) mendatang.

Ketua Panitia Hari Besar Indonesia (PHBI) setempat, HM Natsir Armaya Siregar, pada Jumat (23/8/2019) mengatakan, kegiatan itu adalah “road show” atau perjalanan dakwah UAS.

Armaya menyebut, kedatangan UAS bukanlah undangan khusus pihaknya, seperti ceramah-ceramah pada kegiatan hari besar Islam lainnya, hanya untuk mengisi pesan 1 Muharram.

“Durasi tausiyah kira-kira 30-40 menit tanpa sesi tanya jawab,” ujarnya.

UAS akan menyampaikan tausiyah di Masjid Al Munawwarah Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun setelah Shalat Zuhur.

Setelah itu di Masjid Raya, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar ba’da Shalat.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com